Courser in English | BASIC PHYSICS |
Program | Teknik Sipil - S1 |
SKS | 3 SKS |
RPS | 15 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.
References1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.
4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.
5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.
References1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.
4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.
5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.
References1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.
4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.
5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.
ReferencesDAFTAR REFERENSI
1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.
4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.
5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.
ReferencesDAFTAR REFERENSI
1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.
4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.
5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.
ReferencesDAFTAR REFERENSI
1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.
4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.
5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.
ReferencesDAFTAR REFERENSI
1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.
4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.
5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.
ReferencesDAFTAR REFERENSI
1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.
4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.
5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.
ReferencesDAFTAR REFERENSI
1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.
4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.
5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian ilmu matematika sebagai alat bantu
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam mata kuliah matematika yang berfungsi sebagai alat bantu
References1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian ilmu matematika sebagai alat bantu
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam mata kuliah matematika yang berfungsi sebagai alat bantu
References1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
Details ...
Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian ilmu matematika sebagai alat bantu
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam mata kuliah matematika yang berfungsi sebagai alat bantu
References1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985
2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986
Details ...