Tata Ruang Dalam, Curriculum : 2020


Courser in EnglishInterior
ProgramArsitektur
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah bertujuan agar mahasiswa dapat menganalisa tata ruang dalam melalui pertimbangan fungsi, material, warna, dimensi dan skala, proposi, dan visual ruang dalam yang diaplikasikan dan diwujudkan dalam desain ruang dalam. Mahasiswa mampu menyusun dan mentransformasikan konsep desain yang dituangkan ke dalam desain ruang dalam. Hasil akhir dari desain ruang dalam tersebut dapat dipresentasikan dalam bentuk gambar dua dimensi dan tiga dimensi.

Learning Outcomes

1. Mampu mengaplikasikan teori mulai dari tahap perencanaan dan perancangan sampai tahap teknis penataan ruang dalam sesua dengan fungsi, visual, dan suasana ruang yang ingin dicapai.

2. Mampu menghasilkan karya rancangan ruang dalam sebagai usulan pemecahan masalah dan pemenuhan kebutuhan masyarakat, yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan memenuhi syarat fungsi, estetis, konstruksi, dan bermakna.

3. Mampu mengkomunikasikan gagasan dalam bentuk visual yang komunikatif dan informatif.

References

Ching, F. D., & Binggeli, C. (2018). Interior design illustrated. John Wiley & Sons.

Dodsworth, S., & Anderson, S. (2015). The fundamentals of interior design. Bloomsbury Publishing.

Ganslandt, R., & Hoffmann, H. (1992). Handbook of lighting design.

Pile, J. F. (2005). A history of interior design. Laurence King Publishing.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah bertujuan agar mahasiswa dapat menganalisa tata ruang dalam melalui pertimbangan fungsi, material, warna, dimensi dan skala, proposi, dan visual ruang dalam yang diaplikasikan dan diwujudkan dalam desain ruang dalam. Mahasiswa mampu menyusun dan mentransformasikan konsep desain yang dituangkan ke dalam desain ruang dalam. Hasil akhir dari desain ruang dalam tersebut dapat dipresentasikan dalam bentuk gambar dua dimensi dan tiga dimensi.

Learning Outcomes

1. Mampu mengaplikasikan teori mulai dari tahap perencanaan dan perancangan sampai tahap teknis penataan ruang dalam sesua dengan fungsi, visual, dan suasana ruang yang ingin dicapai.

2. Mampu menghasilkan karya rancangan ruang dalam sebagai usulan pemecahan masalah dan pemenuhan kebutuhan masyarakat, yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan memenuhi syarat fungsi, estetis, konstruksi, dan bermakna.

3. Mampu mengkomunikasikan gagasan dalam bentuk visual yang komunikatif dan informatif.

References

Ching, F. D., & Binggeli, C. (2018). Interior design illustrated. John Wiley & Sons.

Dodsworth, S., & Anderson, S. (2015). The fundamentals of interior design. Bloomsbury Publishing.

Ganslandt, R., & Hoffmann, H. (1992). Handbook of lighting design.

Pile, J. F. (2005). A history of interior design. Laurence King Publishing.


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menyusun konsep perancangan Tata Ruang Dalam suatu unit Apartemen atau Bangunan Fungsi Publik.
  2. Mahasiswa mampu mengaplikasikan disain furnitur yang multifungsi sebagai elemen interior
  3. Mahasiswa mampu berfikir kritis dan kreatif  memdisain Interior dalam bentuk model tiga dimensi.

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menyusun konsep perancangan Tata Ruang Dalam suatu unit Apartemen atau Bangunan Fungsi Publik.
  2. Mahasiswa mampu mengaplikasikan disain furnitur yang multifungsi sebagai elemen interior
  3. Mahasiswa mampu berfikir kritis dan kreatif  memdisain Interior dalam bentuk model tiga dimensi.

 

References

-


Details ...