Courser in English | CAPITA SELEKTA OF VOCATIONAL SCHOOL I |
Program | Pendidikan Teknologi Informasi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah kapita smk bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, ketrampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK.
Tujuan yang ingin dicapai dalam mempelajari buku ini adalah agar mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembelajaran SMKsehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Konsep Belajar dan Pembelajaran, Teori Belajar & Pembelajaran, Gaya dan Kesulitan Belajar, Metode Mengajar, Ketrampilan Mengajar, Observasi PBM di Sekolah, Kompetensi Guru dalam Pembelajaran, Sikap Guru dalam Pembelajaran, Pelajaran Manajemen Kantor di SMK, dan Pembelajaran pada SMK.
Semoga modul perkuliahan Kapita SMK ini dapat membantu para mahasiswa untuk mengenal dan memahami materi kapita pendidikan kejuruan di SMK.
Setelah selesai mempelajari Kapita SMK 1 mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai Konsep Belajar dan Pembelajaran, Teori Belajar & Pembelajaran, Gaya dan Kesulitan Belajar, Metode Mengajar, Ketrampilan Mengajar, Observasi PBM di Sekolah, Kompetensi Guru dalam Pembelajaran, Sikap Guru dalam Pembelajaran, Pelajaran Manajemen Kantor di SMK, dan Pembelajaran pada SMK.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasibuan, J., & Moedjiono. (1993). Proises Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaefudin, S. (2004). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta.
Details ...
Mata kuliah Kapita SMK 1 bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK.
Learning OutcomesMahasiswa memahami dasar-dasar pembelajaran SMK meliputi konsep belajar dan pembelahjaran, teori belajar dan pembelajaran, gaya dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, observasi PBM di sekolah, kompetensi guru dalam pembelajaran, sikap guru dalam pembelajaran, sikap guru dalam pembelajaran, pelajaran manajemen kantor di SMK, dan pembelajaran pada SMK sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen
ReferencesHamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: P.T Bumi Aksara
Hasibuan, J, Mujiono. (1993). Proses Belejar Mengajar. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Syaefuddin, S.(2004). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfaberta
:
Details ...
Materi yang yang dibahas dalam kapita SMK ini meliputi konsep belajar daan pembelajaran, teori belajar dan pembelajaran, gaya dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, observasi PBM di sekolah, kompetensi guru dalam pembelajaran, sikap guru dalam pembelajaran, pelajaran manajemen kantor sekolah, dan pembelajaran pada SMK
Learning OutcomesMatakuliah Kapita SMK bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK, sehingga mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembelajaran SMK sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dala menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen
ReferencesHamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Hasibuan, J & Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaefudin. 2004. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta.
Details ...
Materi yang yang dibahas dalam kapita SMK ini meliputi konsep belajar daan pembelajaran, teori belajar dan pembelajaran, gaya dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, observasi PBM di sekolah, kompetensi guru dalam pembelajaran, sikap guru dalam pembelajaran, pelajaran manajemen kantor sekolah, dan pembelajaran pada SMK
Learning OutcomesMatakuliah Kapita SMK bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK, sehingga mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembelajaran SMK sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dala menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen
ReferencesHamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Hasibuan, J & Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaefudin. 2004. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK
Learning OutcomesSetelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK
Learning OutcomesSetelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah pengolahan data elektronik ini merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini untuk membekali mahasiswa sebagai calon guru untuk memahami dan menguasai wawasan tentang hakekat pendidikan, peranan LPTK dalam pengembangan SDM untuk menyongsong era industri, diklat kejuruan, pendidikan sebagai suatu sistem, hubungan sekolah dan masyarakat, supervisi sekolah dan sistem pembelajaran e-learning
Learning Outcomes1. Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan kapita SMK 2 di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan
2. Mengimplementasikan konsep kapita SMK 2 dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik
3. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis asesemen test yang sesuai dengan komponen penilaian dalam proses pembelajaran kapita SMK 2 dengan penuh tanggungjawab
4. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis nontest sesuai dengan hasil belajar siswa yang harus dinilai dengan penuh tanggungjawab
5. Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab
6. Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada pembelajaran kapita SMK 2 dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis
References- Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Memgajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
- Syaefudin, S. 2004. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta
- Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sumber lainnya.
Details ...