Kapita SMK I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCAPITA SELEKTA OF VOCATIONAL SCHOOL I
ProgramPendidikan Teknologi Informasi
SKS3 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah kapita smk bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, ketrampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK.
Tujuan yang ingin dicapai dalam mempelajari buku ini adalah agar mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembelajaran SMKsehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Konsep Belajar dan Pembelajaran, Teori Belajar & Pembelajaran, Gaya dan Kesulitan Belajar, Metode Mengajar, Ketrampilan Mengajar, Observasi PBM di Sekolah, Kompetensi Guru dalam Pembelajaran, Sikap Guru dalam Pembelajaran, Pelajaran Manajemen Kantor di SMK, dan Pembelajaran pada SMK.
Semoga modul perkuliahan Kapita SMK ini dapat membantu para mahasiswa untuk mengenal dan memahami materi kapita pendidikan kejuruan di SMK.

Learning Outcomes

Setelah selesai mempelajari Kapita SMK 1 mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai Konsep Belajar dan Pembelajaran, Teori Belajar & Pembelajaran, Gaya dan Kesulitan Belajar, Metode Mengajar, Ketrampilan Mengajar, Observasi PBM di Sekolah, Kompetensi Guru dalam Pembelajaran, Sikap Guru dalam Pembelajaran, Pelajaran Manajemen Kantor di SMK, dan Pembelajaran pada SMK.

References

DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasibuan, J., & Moedjiono. (1993). Proises Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaefudin, S. (2004). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kapita SMK 1 bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dasar-dasar pembelajaran SMK meliputi konsep belajar dan pembelahjaran, teori belajar dan pembelajaran, gaya dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, observasi PBM di sekolah, kompetensi guru dalam pembelajaran, sikap guru dalam pembelajaran, sikap guru dalam pembelajaran, pelajaran manajemen kantor di SMK, dan pembelajaran pada SMK sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen

References

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: P.T Bumi Aksara

Hasibuan, J, Mujiono. (1993). Proses Belejar Mengajar. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Syaefuddin, S.(2004). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfaberta

:


Details ...
Course Descriptions

Materi yang yang dibahas dalam kapita SMK ini meliputi konsep belajar daan pembelajaran, teori belajar dan pembelajaran, gaya dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, observasi PBM di sekolah, kompetensi guru dalam pembelajaran, sikap guru dalam pembelajaran, pelajaran manajemen kantor sekolah, dan pembelajaran pada SMK

Learning Outcomes

Matakuliah Kapita SMK bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK, sehingga mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembelajaran SMK sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dala menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen 

References

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hasibuan, J & Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaefudin. 2004. Pengembangan  Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Materi yang yang dibahas dalam kapita SMK ini meliputi konsep belajar daan pembelajaran, teori belajar dan pembelajaran, gaya dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, observasi PBM di sekolah, kompetensi guru dalam pembelajaran, sikap guru dalam pembelajaran, pelajaran manajemen kantor sekolah, dan pembelajaran pada SMK

Learning Outcomes

Matakuliah Kapita SMK bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK, sehingga mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembelajaran SMK sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dala menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen 

References

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hasibuan, J & Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaefudin. 2004. Pengembangan  Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK

Learning Outcomes

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK

References

  • Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
  • Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
  • Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK

Learning Outcomes

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK

References

  • Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
  • Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
  • Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengolahan data elektronik ini merupakan mata kuliah program studi dan bersifat  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini untuk membekali mahasiswa sebagai calon guru untuk memahami dan menguasai wawasan tentang hakekat pendidikan, peranan LPTK dalam pengembangan SDM untuk menyongsong era industri, diklat kejuruan, pendidikan sebagai suatu sistem, hubungan sekolah dan masyarakat, supervisi sekolah dan sistem pembelajaran e-learning

Learning Outcomes

1. Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan kapita SMK 2 di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan

2. Mengimplementasikan konsep kapita SMK 2 dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik

3. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis asesemen test yang sesuai dengan komponen penilaian dalam proses pembelajaran kapita SMK 2 dengan penuh tanggungjawab

4. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis nontest sesuai dengan hasil belajar siswa yang harus dinilai dengan penuh tanggungjawab

5. Mengevaluasi  pencapaian hasil belajar  sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab

6. Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada  pembelajaran kapita SMK 2 dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis

References

  1. Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Memgajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
  3. Syaefudin, S. 2004. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta
  4. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Sumber lainnya.


Details ...