Courser in English | DISCRETE MATHEMATICS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari. |
1 | Sikap: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. | ||||
2 | Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
3 | Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Relasi Rekursif yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
4 | Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
5 | Ketrampilan Umum: Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika. | ||||
6 | Ketrampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika. |
Utama | Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang. | |||
Pendukung | Budayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press. | |||
Budayasa, I Ketut. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press. | ||||
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc | ||||
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc. |
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari. |
1 | Sikap: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. | ||||
2 | Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
3 | Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Relasi Rekursif yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
4 | Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
5 | Ketrampilan Umum: Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika. | ||||
6 | Ketrampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika. |
Utama | Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang. | |||
Pendukung | Budayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press. | |||
Budayasa, I Ketut. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press. | ||||
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc | ||||
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc. |
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. | ||||||||||||||
Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||||||||||||
|
||||||||||||||
Utama | Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang. | |||
Pendukung | Budayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press. | |||
Budayasa, I Ketut. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press. | ||||
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc | ||||
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc. |
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. | ||||||||||||||
Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||||||||||||
|
||||||||||||||
Utama | Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang. | |||
Pendukung | Budayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press. | |||
Budayasa, I Ketut. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press. | ||||
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc | ||||
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc. |
Details ...
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.
Learning OutcomesSikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai. | ||||
Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran. | ||||
Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. |
Utama | Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara | |||
Pendukung | Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | |||
Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | ||||
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara. | ||||
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. | ||||
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta |
Details ...
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.
Learning OutcomesSikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai. | ||||
Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran. | ||||
Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. |
Utama | Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara | |||
Pendukung | Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | |||
Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | ||||
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara. | ||||
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. | ||||
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta |
Details ...
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.
Learning OutcomesSikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai. | ||||
Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran. | ||||
Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. |
Utama | Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara | |||
Pendukung | Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | |||
Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | ||||
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara. | ||||
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. | ||||
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta |
Details ...