Courser in English | PLANNING AND EVALUATION IN EDUCATION |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Penguasaan keterampilan menganalisa unsur-unsur sastra (prosa, puisi, darama) dan Penguasaan hasil analisis sastra dalam bentuk kegiatan seminar
Menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal
ReferencesYakob Sumardjo. 1984. Novel Indonesia Mutakhir: sebuah kritik. Bandung.
Harjito. 2000. Melek Sastra, Semarang: IKIP Press. Semarang.
Ambarini AS, dan Nazla MU. 2010, Semiotika, Teori dan Aplikasinya pada Karya Sastra.. Semarang: IKIP Press. Semarang.
Ben Agger.. 1988. Teori Sosial kritis, Kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta:Kreasi Wacana.
Redyanto Noor . 2009. Pengantar Kajian Sastra.. Semarang:Fasindo.
Faruk HT. 1999. Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Media Grasindo.
Rahmat Djoko Pradopo, 1990. Pengkajian Puisi. Jakarta: Gramedia
Teori & Apresiasi Puisi, Herman J. Waluyo
sekitar Sastra Ind. Soedjarwo.
Bentuk Lakon dalam Sastra Ind. Boen S. Umaryati
Imran, T. Abdullah, Memahami Drama
Prinsip-prinsip Dasar Sastra. HG. Tarigan
Drama dalam Pendidikan. Brahum.
Sandiwara dalam Pendidikan Mbiyo Saleh
Pengkajian apresiasi puisi, Rizanur Gani
Pengantar Apresiasi Puisi, S. Suharianto
Details ...
Matakuliah ini membekali mahasiswa agar mempunyai wawasan tentang assesment kebutuhan dan perencanaan pendidikan dalam konteks mikro, meso, dan makro. Pemahaman tersebut merupakan sarana untuk mengembangkan pola pikir masa depan dalam konteks merencanakan pendidikan secara luas dan bermutu serta dapat melakukan assesment pendidikan
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal
ReferencesArikunto, Suharsimi, Prof.Dr. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).Jakarta: Bumi Aksara.
Fernandes, H.J.X. 1984.Evaluation of Educational Program. Jakarta: National
Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.
Purwanto, Dr. 2009. Evaluasi Hasil Belajar . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Stufflebeam, D.L. H McKee dan B McKee. 2003. The CIPP Model for Evaluation .
Paper presented at t he 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluation Network (OPEN). Portland, Oregon.
Tayibnapis, F. Y. 2000. Evaluasi Program . Rineka Cipta. Jakarta
Details ...
Matakuliah ini membekali mahasiswa agar mempunyai wawasan tentang assesment kebutuhan dan perencanaan pendidikan dalam konteks mikro, meso, dan makro. Pemahaman tersebut merupakan sarana untuk mengembangkan pola pikir masa depan dalam konteks merencanakan pendidikan secara luas dan bermutu serta dapat melakukan assesment pendidikan
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal
ReferencesArikunto, Suharsimi, Prof.Dr. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).Jakarta: Bumi Aksara.
Fernandes, H.J.X. 1984.Evaluation of Educational Program. Jakarta: National
Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.
Purwanto, Dr. 2009. Evaluasi Hasil Belajar . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Stufflebeam, D.L. H McKee dan B McKee. 2003. The CIPP Model for Evaluation .
Paper presented at t he 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluation Network (OPEN). Portland, Oregon.
Tayibnapis, F. Y. 2000. Evaluasi Program . Rineka Cipta. Jakarta.
Details ...
Matakuliah ini membekali mahasiswa agar mempunyai wawasan tentang assesment kebutuhan dan perencanaan pendidikan dalam konteks mikro, meso, dan makro. Pemahaman tersebut merupakan sarana untuk mengembangkan pola pikir masa depan dalam konteks merencanakan pendidikan secara luas dan bermutu serta dapat melakukan assesment pendidikan
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal
ReferencesArikunto, Suharsimi, Prof.Dr. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).Jakarta: Bumi Aksara.
Fernandes, H.J.X. 1984.Evaluation of Educational Program. Jakarta: National
Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.
Purwanto, Dr. 2009. Evaluasi Hasil Belajar . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Stufflebeam, D.L. H McKee dan B McKee. 2003. The CIPP Model for Evaluation .
Paper presented at t he 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluation Network (OPEN). Portland, Oregon.
Tayibnapis, F. Y. 2000. Evaluasi Program . Rineka Cipta. Jakarta.
Details ...