Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan, Curriculum : 2014


Courser in EnglishPLANNING AND EVALUATION IN EDUCATION
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2
SKS2 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Penguasaan keterampilan menganalisa unsur-unsur sastra (prosa, puisi, darama) dan Penguasaan hasil analisis sastra dalam bentuk kegiatan seminar

Learning Outcomes

Menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal

References

Yakob Sumardjo. 1984. Novel Indonesia Mutakhir: sebuah kritik. Bandung.

Harjito. 2000. Melek Sastra, Semarang: IKIP Press. Semarang.

Ambarini AS, dan Nazla MU. 2010, Semiotika, Teori dan Aplikasinya pada Karya Sastra.. Semarang: IKIP Press. Semarang.

Ben Agger.. 1988. Teori Sosial kritis, Kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta:Kreasi Wacana.

Redyanto Noor . 2009. Pengantar Kajian Sastra.. Semarang:Fasindo.

Faruk HT. 1999. Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Media Grasindo.

Rahmat Djoko Pradopo, 1990. Pengkajian Puisi. Jakarta: Gramedia

 

Teori & Apresiasi Puisi, Herman J. Waluyo

 sekitar Sastra Ind. Soedjarwo.

Bentuk Lakon dalam Sastra Ind. Boen S. Umaryati

Imran, T. Abdullah, Memahami Drama

Prinsip-prinsip Dasar Sastra. HG. Tarigan

Drama dalam Pendidikan. Brahum.

Sandiwara dalam Pendidikan Mbiyo Saleh

Pengkajian apresiasi puisi, Rizanur Gani

Pengantar Apresiasi Puisi, S. Suharianto


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini membekali mahasiswa agar mempunyai wawasan tentang assesment kebutuhan dan perencanaan pendidikan dalam konteks mikro, meso, dan makro. Pemahaman tersebut merupakan sarana untuk mengembangkan pola pikir masa depan dalam konteks merencanakan pendidikan secara luas dan bermutu serta dapat melakukan assesment pendidikan

Learning Outcomes

Menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal

References

Arikunto, Suharsimi, Prof.Dr. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).Jakarta: Bumi Aksara.

Fernandes, H.J.X. 1984.Evaluation of Educational Program. Jakarta: National

Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Purwanto, Dr. 2009. Evaluasi Hasil Belajar . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stufflebeam, D.L. H McKee dan B McKee. 2003. The CIPP Model for Evaluation .

Paper presented at t he 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluation Network (OPEN). Portland, Oregon.

Tayibnapis, F. Y. 2000. Evaluasi Program . Rineka Cipta. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini membekali mahasiswa agar mempunyai wawasan tentang assesment kebutuhan dan perencanaan pendidikan dalam konteks mikro, meso, dan makro. Pemahaman tersebut merupakan sarana untuk mengembangkan pola pikir masa depan dalam konteks merencanakan pendidikan secara luas dan bermutu serta dapat melakukan assesment pendidikan

Learning Outcomes

Menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal

References

Arikunto, Suharsimi, Prof.Dr. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).Jakarta: Bumi Aksara.

Fernandes, H.J.X. 1984.Evaluation of Educational Program. Jakarta: National

Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Purwanto, Dr. 2009. Evaluasi Hasil Belajar . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stufflebeam, D.L. H McKee dan B McKee. 2003. The CIPP Model for Evaluation .

Paper presented at t he 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluation Network (OPEN). Portland, Oregon.

Tayibnapis, F. Y. 2000. Evaluasi Program . Rineka Cipta. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini membekali mahasiswa agar mempunyai wawasan tentang assesment kebutuhan dan perencanaan pendidikan dalam konteks mikro, meso, dan makro. Pemahaman tersebut merupakan sarana untuk mengembangkan pola pikir masa depan dalam konteks merencanakan pendidikan secara luas dan bermutu serta dapat melakukan assesment pendidikan

Learning Outcomes

Menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal

References

Arikunto, Suharsimi, Prof.Dr. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).Jakarta: Bumi Aksara.

Fernandes, H.J.X. 1984.Evaluation of Educational Program. Jakarta: National

Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Purwanto, Dr. 2009. Evaluasi Hasil Belajar . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stufflebeam, D.L. H McKee dan B McKee. 2003. The CIPP Model for Evaluation .

Paper presented at t he 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluation Network (OPEN). Portland, Oregon.

Tayibnapis, F. Y. 2000. Evaluasi Program . Rineka Cipta. Jakarta.


Details ...