Courser in English | ENGLISH LANGUAGE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Utama |
||||||||||||
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas. 2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar 3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan. 4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey. Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London. Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London. Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England. Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London. Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York. |
Details ...