Courser in English | SCIENTIFIC WRITING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah prodier dari Prodi PBSI yang diberikan kepada mahasiswa, baik dalam maupun luar Prodi PBSI, sebagai mata kuliah wajib dan sebagai bagian dari MKU. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang prosedur penulisan ilmiah, termasuk pula mempelajari etika ilmiah (kaidah antiplagiarisme) dalam penulisan kutipan ilmiah dan daftar pustaka. Dengan bobot 3 SKS, guna memberikan pengalaman belajar bermakna, kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learning dan project-based learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel ilmiah
Learning Outcomes1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5)
2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
4. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif (S11)
5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
6. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
7. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3)
8. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KK9)
10. Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis (KK12)
11. Terampil menyusun struktur tulisan yang baik (KK15)
12. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan
References1. Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
4. Creswell, J.W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods Approaches. London: Sage Publication.
5. . 2012. Educational Research. New York: Pearson.
6. Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.
7. Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah prodier dari Prodi PBSI yang diberikan kepada mahasiswa, baik dalam maupun luar Prodi PBSI, sebagai mata kuliah wajib dan sebagai bagian dari MKU. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang prosedur penulisan ilmiah, termasuk pula mempelajari etika ilmiah (kaidah antiplagiarisme) dalam penulisan kutipan ilmiah dan daftar pustaka. Dengan bobot 3 SKS, guna memberikan pengalaman belajar bermakna, kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learning dan project-based learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel ilmiah
Learning Outcomes1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5)
2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
4. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif (S11)
5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
6. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
7. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3)
8. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KK9)
10. Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis (KK12)
11. Terampil menyusun struktur tulisan yang baik (KK15)
12. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan
References1. Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
4. Creswell, J.W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods Approaches. London: Sage Publication.
5. . 2012. Educational Research. New York: Pearson.
6. Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.
7. Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.
Details ...