Statistika I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSTATISTICS I
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

*Mampu menguasai dan menerapkan dengan benar tentang ukuran pemusatan dan sebaran data, teori peluang, distribusi peluang, penentuan dan pengujian hipotesis, hubungan antar sifat serta statistika non-parametrik pada bidang pendidikan.

Learning Outcomes

1.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

3.   Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pengembangan teknologi pangan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi.

4.   Mampu menguasai konsep statistika serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

  1. Budiyono. 2009. Statistika untuk penelitian.  Surakarta: UNS press
  2. Ronald E Walpole dan Raymond H Myers. 1995. Ilmu peluang dan statistika untuk
    insinyur dan ilmuwan. Bandung: ITB Bandung
  3. Sudjana. 1996. Metode Statistika: Bandung: Tarsito
  4. Sukestiyarno.2013. Statistika Dasar. Yogy
  5. Wahyudin. 2013. Statistika Terapan. Mandiri Bandung


Details ...
Course Descriptions

*Mampu menguasai dan menerapkan dengan benar tentang ukuran pemusatan dan sebaran data, teori peluang, distribusi peluang, penentuan dan pengujian hipotesis, hubungan antar sifat serta statistika non-parametrik pada bidang pendidikan.

Learning Outcomes

1.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

3.   Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pengembangan teknologi pangan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi.

4.   Mampu menguasai konsep statistika serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

  1. Budiyono. 2009. Statistika untuk penelitian.  Surakarta: UNS press
  2. Ronald E Walpole dan Raymond H Myers. 1995. Ilmu peluang dan statistika untuk
    insinyur dan ilmuwan. Bandung: ITB Bandung
  3. Sudjana. 1996. Metode Statistika: Bandung: Tarsito
  4. Sukestiyarno.2013. Statistika Dasar. Yogy
  5. Wahyudin. 2013. Statistika Terapan. Mandiri Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari statistik dasar

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai materi statistika dasar

References

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.Jakarta

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, M.A., M.SC.2005. METODE STATISTIKA. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari statistik dasar

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai materi statistika dasar

References

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.Jakarta

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, M.A., M.SC.2005. METODE STATISTIKA. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Pengertian-pengertian dasar, penyajian data, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran penyimpangan, momen kemiringan dan kurtosis, pengantar peluang, distribusi normal,  teknik sampling.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami konsep dasar statistika

References

  1. Subekti, ervina eka. 2013. Statistika 1. Hand out
  2. Sudjana.1992.Metoda Statistika.Bandung : Tarsito
  3. Akbar,R.Purnomo Setiady, dan Usman, Husaini. 2006. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara
  4. Supranto.2009.Statiatik jilid 1 (edisi 7) Teori dan Aplikasi.


Details ...
Course Descriptions

Pengertian-pengertian dasar, penyajian data, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran penyimpangan, momen kemiringan dan kurtosis, pengantar peluang, distribusi normal,  teknik sampling.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami konsep dasar statistika

References

  1. Subekti, ervina eka. 2013. Statistika 1. Hand out
  2. Sudjana.1992.Metoda Statistika.Bandung : Tarsito
  3. Akbar,R.Purnomo Setiady, dan Usman, Husaini. 2006. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara
  4. Supranto.2009.Statiatik jilid 1 (edisi 7) Teori dan Aplikasi.


Details ...