Filsafat Ilmu dan Logika, Curriculum : 2020


Courser in EnglishPHILOSOPHY OF SCIENCE AND LOGIC
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Ilmu dan Logika ini  merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks Materi ini berisi tentang,  Hakekat ilmu dan filsafat ilmu, Sejarah filsafat, Logika, Sumber dan metode untuk memperoleh pengetahuan, Teori-teori kebenaran, Ontologi BK, Epistemologi BK, aksiologi BK, Induksi, Deduksi, Analogi dan Kesalahan berpikir.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2)

 

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5)

 

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (8)

 

Pengetahuan (P)

Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, social budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1)

 

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode, dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling (P3)

 

Menguasai falsafah, kaidah, desain, metode, prosedur penelitian dan penggunaan hasil-hasil penelitian untuk keperluan penulisan penelitian skripsi (P17)

 

 

Ketrampilan Umum (KU)

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)

 

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)

 

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3)

 

Ketrampilan Khusus (KK)

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling . (KK 1)

 

Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi,  untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak  menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia. (KK 2).

 

Terampil melakukan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya. (KK12)

 

Mampu melakukan pengubahan sikap dan perilaku pada sasaran layanan. (KK17)

 

Terampil mengidentifikasi fenomena permasalahan penelitian serta menerapkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah (termasuk tentang plagiasi), melakukan kajian pustaka dalam menghasilkan solusi, gagasan, desian atau kritik secara tertulis dalam rangka menyusun proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah. (KK19)

 

Terampil merancang metode, teknik, dan prosedur serta analisis data penelitian skripsi atau penyusunan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling. (KK21).

 

CPMK

 

Setelah menempuh mata kuliah Filsafat Ilmu dan Logika, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1

Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis, sistematis berdasarkan kaidah-kaidah filsafat ilmu dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan untuk merumuskan pokok-pokok layanan bimbingan dan konseling (P1, S2, KU1, KK1, KK2).

 

CPMK2

Mahasiswa menguasai falsafah ilmu bimbingan dan konseling dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan secara mandiri, bermutu dan terukur untuk melakukan pengubahan sikap dan perilaku pada sasaran layanan. (P3, S5, KU2, KK17)

 

CPMK3

Mahasiswa terampil melakukan diagnosis permasalahan sasaran layanan dan mengidentifikasi fenomena permasalahan dan mampu mengkaji implikasi ilmu pengetahuan untuk menginternalisasi nilai-nilai, norma dan etika akademik. (P17, S8, KU13, KK12, KK19)

 

CPMK4

Mahasiswa menguasai falsafah, kaedah dan konsep untuk merancang metode, teknik dan prosedur analisis data dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (P3, S2, KU1, KK21)

 

References

Pustaka

Utama

 

 

  1. Suriasumantri, Jujun S. Filsafat, Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, cet. xiv, 2001

Pendukung

 

 

  1. Hanurawan, F. 2012. Filsafat Ilmu Psikologi. Malang: Fakultas P Psikologi Universitas Negeri Malang.
  2. Rapar, J. H. 1995. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Kanisius
  3. Tafsir, A. 201 Filsafat Ilmu. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...