Multimedia Interaktif, Curriculum : 2016


Courser in EnglishINTERACTIVE MULTIMEDIA
ProgramInformatika
SKS3 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Kuliah ini tentang praktikum pembuatan multimedia interaktif menggunakan Unity dn bahasa C# termasuk membuat Aplikasi Mobile dan Desktop, Animasi,Game dan Augmented Reality

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mengenal UNity untuk membuat multimedia interaktif

2. Mahasiswa dapat menerapkan bahasa C# untuk membuat multimedia interaktif berbasis Desktop mauoun Mobile

3. MAhasiswa dapat membuat aplikasi augmented reality

References

Unity documentation


Details ...
Course Descriptions

Kuliah ini tentang praktikum pembuatan multimedia interaktif menggunakan Unity dn bahasa C# termasuk membuat Aplikasi Mobile dan Desktop, Animasi,Game dan Augmented Reality

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mengenal UNity untuk membuat multimedia interaktif

2. Mahasiswa dapat menerapkan bahasa C# untuk membuat multimedia interaktif berbasis Desktop mauoun Mobile

3. MAhasiswa dapat membuat aplikasi augmented reality

References

Unity documentation


Details ...
Course Descriptions

Kuliah ini tentang praktikum pembuatan multimedia interaktif menggunakan Unity dn bahasa C# termasuk membuat Aplikasi Mobile dan Desktop, Animasi,Game dan Augmented Reality

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mengenal UNity untuk membuat multimedia interaktif

2. Mahasiswa dapat menerapkan bahasa C# untuk membuat multimedia interaktif berbasis Desktop mauoun Mobile

3. MAhasiswa dapat membuat aplikasi augmented reality

References

Unity documentation


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Multimedia Interaktif ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan pembuatan multimedia interaktif 2D dan 3D. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, ceramah dan praktik pembuatan multimedia interaktif menggunakan Unity.

 

Learning Outcomes

  1. Kognitif, yakni mengetahui, memahami pengertian mulltimedia interaktif.
  2.  Psikomotorik, yakni membuat multimedia interaktif menggunakan Unity

References

Ni Komang O.,Padma Nyoman C , Made Windu A ,I Made Gede S, Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Goa Lawah Dan Pura Goa Gaja. JPTK, UNDIKSHA, Vol. 11, ISSN 0216-3241No. 2, Juli 2014

Yuen,S., Yaoyuneyong,G., and Johnson ,E. 2011. Augmented Reality: An overview and five directions for AR in education. Journal of Educational Technology Development and Exchange.

Hughes, C. E., Stapleton, C.B., Hughes,D.E, & Smith,E.M. 2005. Mixed reality in eduation, entertainment, and training. IEEE Computer Graphics and Aplications.

Azuma, R., Baillot, Y., Behringer, R., Feiner, S., Juiler,S., & MacIntyre,B. 2001. Recent advances in augmented reality.Computers & Graphics.

 Lyu M.R., King I., Wong T.T., Yau E., Chan P.W., 2005. ARCADE:Augmented Reality Computing Arena for Digital Entertainment.IEEE Aerospace Conference,Big Sky,MT,USA.

Billinghurst, M., & Henrysson, A. 2009. Mobile architectural augmented reality. Mixed Reality In Architecture, Design and Construction.

Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012) ISBN 979 - 26 - 0255 – 0 Semarang, 23 Juni 2012 INFRM 416

Klopfer,E., & Yoon,S.2004. Developing games and simulations for today and tomorrows tech savvy youth. TechTrends,49.

Phan,V.T., &Choo ,S. 2010. Interior design in augmented reality in environment. International Journal of Computer Applications.

 Satrioadi, Reza Bayu (2014). Aplikasi Pengenalan Budaya Papua dengan Augmented Reality Berbasis Android. Universitas Muhammadiyah Surakarta


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Multimedia Interaktif ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan pembuatan multimedia interaktif 2D dan 3D. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, ceramah dan praktik pembuatan multimedia interaktif menggunakan Unity.

 

Learning Outcomes

  1. Kognitif, yakni mengetahui, memahami pengertian mulltimedia interaktif.
  2.  Psikomotorik, yakni membuat multimedia interaktif menggunakan Unity

References

Ni Komang O.,Padma Nyoman C , Made Windu A ,I Made Gede S, Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Goa Lawah Dan Pura Goa Gaja. JPTK, UNDIKSHA, Vol. 11, ISSN 0216-3241No. 2, Juli 2014

Yuen,S., Yaoyuneyong,G., and Johnson ,E. 2011. Augmented Reality: An overview and five directions for AR in education. Journal of Educational Technology Development and Exchange.

Hughes, C. E., Stapleton, C.B., Hughes,D.E, & Smith,E.M. 2005. Mixed reality in eduation, entertainment, and training. IEEE Computer Graphics and Aplications.

Azuma, R., Baillot, Y., Behringer, R., Feiner, S., Juiler,S., & MacIntyre,B. 2001. Recent advances in augmented reality.Computers & Graphics.

 Lyu M.R., King I., Wong T.T., Yau E., Chan P.W., 2005. ARCADE:Augmented Reality Computing Arena for Digital Entertainment.IEEE Aerospace Conference,Big Sky,MT,USA.

Billinghurst, M., & Henrysson, A. 2009. Mobile architectural augmented reality. Mixed Reality In Architecture, Design and Construction.

Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012) ISBN 979 - 26 - 0255 – 0 Semarang, 23 Juni 2012 INFRM 416

Klopfer,E., & Yoon,S.2004. Developing games and simulations for today and tomorrows tech savvy youth. TechTrends,49.

Phan,V.T., &Choo ,S. 2010. Interior design in augmented reality in environment. International Journal of Computer Applications.

 Satrioadi, Reza Bayu (2014). Aplikasi Pengenalan Budaya Papua dengan Augmented Reality Berbasis Android. Universitas Muhammadiyah Surakarta


Details ...