Courser in English | BASIC CONCEPT OF SOCIAL SCIENCE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 45 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press
Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang, (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References- Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Details ...