Konsep Dasar IPS, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBASIC CONCEPT OF SOCIAL SCIENCE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS45 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

References

Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS

Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman

Giddens, Anthony., (1999), Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity press

Salim, Agus., (2002), Perubahan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang,  (2007), PENGANTAR ILMU SOSIAL : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus., (2009), COOPERATIVE LEARNING : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Solihatin, Etin., (2008), Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

References

  • Dadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
  • Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS


Details ...