Courser in English | CHILDREN LITERATURE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji konsep sastra anak, hubungan antara sastra dan psikologi perkembangan anak, karakteristik sastra anak, genre sastra anak dalam bentuk lisan atau tulis dalam berbagai media dan memanfaatkan sastra anak untuk menunjang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Learning OutcomesMenguasai konsep dan penerapan ilmu sastra anak untuk menghasilkan karya akademik bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
ReferencesBarker, Chris. 2000. Cultural Studies: Teory and Practice. London, California, New Delhi: Sage Publication.
Bunanta, Murti. 1998. Problematika Penulisan Cerita Rakyat untuk Anak di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Cavallaro, Dani. 2001. Critical and Cultural Theori. Terjemahan Laily Rahmawati. Yogyakarta: Niagara.
Chamamah-Soeratno, Siti. 1994. “Penelitian Sastra: Tinjauan Tentang Teori dan Metode: Sebuah Pengantar” dalam Teori Penelitian Sastra. Jabrohim (ed). Yogyakarta: Masyarakat Poetika Indonesia dan IKIP Muhammadiyah.
_______. 2011. Sastra: Teori & Metode. Yogyakarta: Elmatera.
Dillistone, FW. 2006. The Power of Symbols: Daya Kekuatan Simbol. Terjemahan A. Widyamartaya. Yogyakarta: Kanisius.
Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunarsa, Singgih D dan Y Singgih D Gunarsa. 2004. Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hardiman, F. Budi. 2003. Melampaui Positivisme dan Modernitas: Diskursus Filosofis tentang Metode Ilmiah dan Problem Modernitas. Yogyakarta: Kanisius.
Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak: dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hinga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lukens, Rebecca J. 2003. A Critical Handbook of Children’s Literature. Boston: Perason Education.
Norton, Donna E. 1983. Through the Eyes of a Child: An Introduction to Children’s Literature. Ohio: Abell & Howell Company.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada Univerity Press.
Sarup, Madan. 1989. An Introdctury Guide to Post-Strukturalism and Postmodernism. Athens: The University of Georgia Press.
Selden, Raman. 1985. A Reader’s Guide to Contemporary Literary Theory. Sussex: The Harvester Press.
Storey, John. 1993. An Intruductary Guide to Cultural Theory and Popular Culture. London: Harvester Wheatsheaf.
Strinati, Dominic. 1995. An Intruduction to Theories of Pupular Culture. New York: Routledge.
Suyatno. 2009. Struktur Narasi Novel Karya Anak. Surabaya: Jaring Pena.
Thacker, Deborah Cogan dan Webb, Jean. 2005. Introducng Children’s Literature: from Romanticism to Postmodernism. 2005. New York: Routledge.
Thohir, Mudjahirin. 1994. “Fungsi Cerita rakyat Ki Joko Sungging bagi Orang-Orang Jepara” dalam Lembaran Sastra no. 17 Tahun 1993-1994. Semarang: Fakultas Sastra Universitas Diponegoro Semarang.
Toha-Sarumpaet, Riris K. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Udasmoro, Wening, Dina Dyah Kusumayanti, dan Niken Hermininingsih. 2012. Sastra Anak dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Program Studi Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya UGM.
Wulan, Nur. 2009. “Masculinities in colonial Indonesian Children’s Literature” dalam Explusutra (The Postgraduate Ejournal of the WUN International Network in Colonial and Postcolonial Studies). Vol 1, September 2009.
Zoest, Aart van. 1990. Fiksi dan Nonfiksi dalam Kajian Semiotik. Jakarta: Intermasa
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji konsep sastra anak, hubungan antara sastra dan psikologi perkembangan anak, karakteristik sastra anak, genre sastra anak
dalam bentuk lisan atau tulis dalam berbagai media dan memanfaatkan sastra anak untuk menunjang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Menguasai konsep dan penerapan ilmu sastra anak untuk menghasilkan karya akademik bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
References-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji konsep sastra anak, hubungan antara sastra dan psikologi perkembangan anak, karakteristik sastra anak, genre sastra anak
dalam bentuk lisan atau tulis dalam berbagai media dan memanfaatkan sastra anak untuk menunjang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Menguasai konsep dan penerapan ilmu sastra anak untuk menghasilkan karya akademik bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
References-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji konsep sastra anak, hubungan antara sastra dan psikologi perkembangan anak, karakteristik sastra anak, genre sastra anak dalam bentuk lisan atau tulis dalam berbagai media dan memanfaatkan sastra anak untuk menunjang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Learning OutcomesMenguasai konsep dan penerapan ilmu sastra anak untuk menghasilkan karya akademik bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
ReferencesBarker, Chris. 2000. Cultural Studies: Teory and Practice. London, California, New Delhi: Sage Publication.
Bunanta, Murti. 1998. Problematika Penulisan Cerita Rakyat untuk Anak di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Cavallaro, Dani. 2001. Critical and Cultural Theori. Terjemahan Laily Rahmawati. Yogyakarta: Niagara.
Chamamah-Soeratno, Siti. 1994. “Penelitian Sastra: Tinjauan Tentang Teori dan Metode: Sebuah Pengantar” dalam Teori Penelitian Sastra. Jabrohim (ed). Yogyakarta: Masyarakat Poetika Indonesia dan IKIP Muhammadiyah.
_______. 2011. Sastra: Teori & Metode. Yogyakarta: Elmatera.
Dillistone, FW. 2006. The Power of Symbols: Daya Kekuatan Simbol. Terjemahan A. Widyamartaya. Yogyakarta: Kanisius.
Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunarsa, Singgih D dan Y Singgih D Gunarsa. 2004. Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hardiman, F. Budi. 2003. Melampaui Positivisme dan Modernitas: Diskursus Filosofis tentang Metode Ilmiah dan Problem Modernitas. Yogyakarta: Kanisius.
Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak: dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hinga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lukens, Rebecca J. 2003. A Critical Handbook of Children’s Literature. Boston: Perason Education.
Norton, Donna E. 1983. Through the Eyes of a Child: An Introduction to Children’s Literature. Ohio: Abell & Howell Company.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada Univerity Press.
Sarup, Madan. 1989. An Introdctury Guide to Post-Strukturalism and Postmodernism. Athens: The University of Georgia Press.
Selden, Raman. 1985. A Reader’s Guide to Contemporary Literary Theory. Sussex: The Harvester Press.
Storey, John. 1993. An Intruductary Guide to Cultural Theory and Popular Culture. London: Harvester Wheatsheaf.
Strinati, Dominic. 1995. An Intruduction to Theories of Pupular Culture. New York: Routledge.
Suyatno. 2009. Struktur Narasi Novel Karya Anak. Surabaya: Jaring Pena.
Thacker, Deborah Cogan dan Webb, Jean. 2005. Introducng Children’s Literature: from Romanticism to Postmodernism. 2005. New York: Routledge.
Thohir, Mudjahirin. 1994. “Fungsi Cerita rakyat Ki Joko Sungging bagi Orang-Orang Jepara” dalam Lembaran Sastra no. 17 Tahun 1993-1994. Semarang: Fakultas Sastra Universitas Diponegoro Semarang.
Toha-Sarumpaet, Riris K. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Udasmoro, Wening, Dina Dyah Kusumayanti, dan Niken Hermininingsih. 2012. Sastra Anak dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Program Studi Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya UGM.
Wulan, Nur. 2009. “Masculinities in colonial Indonesian Children’s Literature” dalam Explusutra (The Postgraduate Ejournal of the WUN International Network in Colonial and Postcolonial Studies). Vol 1, September 2009.
Zoest, Aart van. 1990. Fiksi dan Nonfiksi dalam Kajian Semiotik. Jakarta: Intermasa
Details ...
Mata kuliah ini memuat bahan kajian karya sastra yang memiliki keterkaitan dengan masyarakat atau sosial, baik konseptual, teori, maupun ragam pendekatan. Topik yang dibahas meliputi strukturalisme genetik, sosiokultural, sosiologi pengarang, pembaca, pengaruh sosial karya sastra, teori marxis, hegemoni Gramsci, dan sastra populer
Learning OutcomesMampu menciptakan produk temuan inovatif yang terbukti efektif dan berkualitas dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk kelompok masyarakat tertentu dan atau masyarakat luas serta diakui tingkat nasional dan atau internasional melalui publikasi.
References- Althusser, Louis. 2008. Tentang Ideologi: Marxixme Strukturalis, Psikoanalisis, Cultural Studies. Yogyakarta: Jalsutra.
- Arvon, Henri.2010. Estetika Marxis. Terjemahan Ikramullah. Yogyakarta: Resist Book.
- Bakhtin, MM an Medvedev PN. The Formal Method in Literary Scholarship: A Critical Introduction to Sociologica poetics. Baltimore: The John Hopkins University Press.
- Barker, Chris. 2000. Cultural Studies: Theori and Practise. London: Sage Publications..
- Bocock, robert. 2011. Pengantar Komprehensif untuk Memaham Hegemoni. Terjemahan Ikramullah Mahyuddin. Yogyakarta: Jalasutra.
- Damono, Sapardi Djoko. 2009. Sosiologi Sastra: Pengantar Ringkas. Jakarta: Editum.
- Eagleton, Terry. Marxism and Literary Criticism. London: Methuen & Co.
- Elizabeth and Tom Burns. 1973. Sociology of Lierature & Drama. Australia: Penguin Books.
- Escarpit, Robert. 2008. Sosiologi Sastra. Terjemahan Ida Sundari Husen. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Elster, Jon. Karl Marx: Marxisme-Analisis Kritis. Terjemahan Sudarmaji. Jakarta; Prestasi Pustakakaraya.
- Faruk. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Foucault, Michel. 2000. Seks & Kekuasaan: Sejarah Seksualitas. Terjemahan Rahayu S Hidayat. Jakarta: Gramedia.
- Goldmann, Lucien. 1981. Method in the Sociology of Literature. London: Basil Blackwell.
- Gramsci, Antonio.2000. Sejarah dan Budaya. Terjemahan Ira Puspitorini dkk Surabaya: Pustaka Promethea.
- _______.2001. Catatan-Catatan Politik. Terjemahan Gafa Raisa Wahyudi. Surabaya: Pustaka Promethea.
- Harjito. 2014. Hegemoni Gramsci dalam Sastra Indonesia: Student Hijo, Nasionalisme, dan Wacana Kolonial. Semarang: Kontak Media.
- Heryanto, Ariel (ed). 2012. Budaya Populer di Indonesia: Mencairnya Identitas Pasca-Orde Baru. Yogyakarta: Jalasutra
- Johnson, Doyle Paul. 1990. Teori Sosiologi Klasik dan Modern Jilid 2. Terjemahan MZ Lawang. Jakarta: Gramedia
- Karyanto, Ibe. 1997. Realisme Sosialis Georg Lukacs. Jakarta: Gramedia.
- Laurenson, Diana and Alan Swingewood. 1971. The Sociology of Literatura. London: Paladin.
- Lash, Scott. 2004. Sosiologi Post Modernisme. Terjemahan Gunawan Admiranto. Yogyakarta: Kanisius
- Magnis-Suseno, Franz. 2000. Pemikiran Karl Marx. Jakarta: Gramedia.
- Nuttall, AD. 1983. A New Mimesis: Shakespeare and the Representation of Reality. London: Methen & Co.
- Patria, Nezar dan Andi Arief. 1999. Antonio Gramsci: Negara & Hegemoni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Salamini, Leonardo.1981. The Sociology of political Praxis: an Introduction to Gramsci”s Theory. London: Routledge.
- .Schacht Richard. 2009. Alienasi.Terjemahan Ikramullah Mahyudin. Yogyakarta: Jalasutra.
- .Simon, Roger. Gagasan-Gasan Politik Gramsci. Tejemahan Kamdani dan Imam Baehaqi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- .Soetomo, Greg. 2003. Kisis Seni Krisi Kesadaran. Yogyakarta: Kanisius.
- .Srinati Dominic. An Introduction to theories of Popular Culture. London: Routledge.
- Storey, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop: Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies. Yogyakarta: Qalam.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji konsep sastra anak, hubungan antara sastra dan psikologi perkembangan anak, karakteristik sastra anak, genre sastra anak dalam bentuk lisan atau tulis dalam berbagai media dan memanfaatkan sastra anak untuk menunjang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Learning OutcomesMenguasai konsep dan penerapan ilmu sastra anak untuk menghasilkan karya akademik bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesBarker, Chris. 2000. Cultural Studies: Teory and Practice. London, California, New Delhi: Sage Publication.
Bunanta, Murti. 1998. Problematika Penulisan Cerita Rakyat untuk Anak di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Cavallaro, Dani. 2001. Critical and Cultural Theori. Terjemahan Laily Rahmawati. Yogyakarta: Niagara.
Chamamah-Soeratno, Siti. 1994. “Penelitian Sastra: Tinjauan Tentang Teori dan Metode: Sebuah Pengantar” dalam Teori Penelitian Sastra. Jabrohim (ed). Yogyakarta: Masyarakat Poetika Indonesia dan IKIP Muhammadiyah.
_______. 2011. Sastra: Teori & Metode. Yogyakarta: Elmatera.
Dillistone, FW. 2006. The Power of Symbols: Daya Kekuatan Simbol. Terjemahan A. Widyamartaya. Yogyakarta: Kanisius.
Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunarsa, Singgih D dan Y Singgih D Gunarsa. 2004. Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hardiman, F. Budi. 2003. Melampaui Positivisme dan Modernitas: Diskursus Filosofis tentang Metode Ilmiah dan Problem Modernitas. Yogyakarta: Kanisius.
Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak: dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hinga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lukens, Rebecca J. 2003. A Critical Handbook of Children’s Literature. Boston: Perason Education.
Norton, Donna E. 1983. Through the Eyes of a Child: An Introduction to Children’s Literature. Ohio: Abell & Howell Company.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada Univerity Press.
Sarup, Madan. 1989. An Introdctury Guide to Post-Strukturalism and Postmodernism. Athens: The University of Georgia Press.
Selden, Raman. 1985. A Reader’s Guide to Contemporary Literary Theory. Sussex: The Harvester Press.
Storey, John. 1993. An Intruductary Guide to Cultural Theory and Popular Culture. London: Harvester Wheatsheaf.
Strinati, Dominic. 1995. An Intruduction to Theories of Pupular Culture. New York: Routledge.
Suyatno. 2009. Struktur Narasi Novel Karya Anak. Surabaya: Jaring Pena.
Thacker, Deborah Cogan dan Webb, Jean. 2005. Introducng Children’s Literature: from Romanticism to Postmodernism. 2005. New York: Routledge.
Thohir, Mudjahirin. 1994. “Fungsi Cerita rakyat Ki Joko Sungging bagi Orang-Orang Jepara” dalam Lembaran Sastra no. 17 Tahun 1993-1994. Semarang: Fakultas Sastra Universitas Diponegoro Semarang.
Toha-Sarumpaet, Riris K. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Udasmoro, Wening, Dina Dyah Kusumayanti, dan Niken Hermininingsih. 2012. Sastra Anak dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Program Studi Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya UGM.
Wulan, Nur. 2009. “Masculinities in colonial Indonesian Children’s Literature” dalam Explusutra (The Postgraduate Ejournal of the WUN International Network in Colonial and Postcolonial Studies). Vol 1, September 2009.
Zoest, Aart van. 1990. Fiksi dan Nonfiksi dalam Kajian Semiotik. Jakarta: Intermasa
Details ...