Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPancasila Education
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

2.  Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.

3.  Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang.

4.  Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

5.  Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI.

6.  Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn..

7.  Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan. Bandung: Civicus Edisi Juni.

8.  Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press

9.  Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

2.  Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.

3.  Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang.

4.  Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

5.  Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI.

6.  Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn..

7.  Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan. Bandung: Civicus Edisi Juni.

8.  Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press

9.  Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk    Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk    Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk    Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman secara komprehensif dan integral tentang permaslahan kehidupan bermasyaakat baik sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, sejarah dn hankam yang dikaitkan dengan visi pancasila, sebagai pandangan hidup idiologi dan dasar negara agar dalam diri mahasiswa tumbuh sikap kepedulian dan analistis yang kritis terhadap dinamika masyarakat.

 

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami dan menerapkan pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia

References

Tim MPK, 2002, Pendidikan Pancasila Surabaya, University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman secara komprehensif dan integral tentang permaslahan kehidupan bermasyaakat baik sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, sejarah dn hankam yang dikaitkan dengan visi pancasila, sebagai pandangan hidup idiologi dan dasar negara agar dalam diri mahasiswa tumbuh sikap kepedulian dan analistis yang kritis terhadap dinamika masyarakat.

 

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami dan menerapkan pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia

References

Tim MPK, 2002, Pendidikan Pancasila Surabaya, University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

1.

Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

2.

Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.

3.

Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang

4.

Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

5.

Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program

 

Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

6.

Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.

7.

Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.

8.

Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.

9.

Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...