Courser in English | EDUCATIONAL EVALUATION |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Perkuliahan ini meliputi tentang konsep, teori, pengujian, pengukuran dan penilaian, dalam aspek intelektual (civic knowledge ), sikap ( civic disposition ) dan tindakan ( civic skill – behavior ). Perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah yang dihadapi dan perkembangan penilaian, pengujian, pengukuran dalam penerapan dalam kehidupan khususnya dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia, dan ilmu pendidikan pada umumnya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah ini para mahasiswa memiliki kompotensi : a. Pemaham konsep-konsep/teori, pengukuran, penilaian, pengujian dalam pembelajaran b. Penguasaan prinsip, asas, evaluasi pendidikan, dan pembelajaran PKn pada khususnya c. Merencanakan, mengkonstruksi instrumen pengukuran penilaian pembelajaran PKn d. Melaksanakan, mengolah hasil penilaian pembelajaran PKn di sekolah e. Mengambil keputusan penilaian pembelajaran PKn di sekolah
ReferencesArikunto, S., (1986), Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta, Bina Aksara • Adkin DC. (1974), Test Construktion, Development and Interpretation of Achievement Tests, Colombus, Ohio, Charls E. Merril Publishing Co. • Biggs John, (2003), Teaching for Quality learning at University, Berkshire, McGraw-Hill Education, The Society for Research into Higler Education & Open University Press • Bloom BS., et.al (1956), Taxonomy of Education Objectives : The classification of Educational Goals ( Handbook I : Cognitive domain ) Ann Arbor, Michigan: Longmans.
Details ...
Perkuliahan ini meliputi tentang konsep, teori, pengujian, pengukuran dan penilaian, dalam aspek intelektual (civic knowledge ), sikap ( civic disposition ) dan tindakan ( civic skill – behavior ). Perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah yang dihadapi dan perkembangan penilaian, pengujian, pengukuran dalam penerapan dalam kehidupan khususnya dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia, dan ilmu pendidikan pada umumnya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah ini para mahasiswa memiliki kompotensi : a. Pemaham konsep-konsep/teori, pengukuran, penilaian, pengujian dalam pembelajaran b. Penguasaan prinsip, asas, evaluasi pendidikan, dan pembelajaran PKn pada khususnya c. Merencanakan, mengkonstruksi instrumen pengukuran penilaian pembelajaran PKn d. Melaksanakan, mengolah hasil penilaian pembelajaran PKn di sekolah e. Mengambil keputusan penilaian pembelajaran PKn di sekolah
ReferencesArikunto, S., (1986), Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta, Bina Aksara • Adkin DC. (1974), Test Construktion, Development and Interpretation of Achievement Tests, Colombus, Ohio, Charls E. Merril Publishing Co. • Biggs John, (2003), Teaching for Quality learning at University, Berkshire, McGraw-Hill Education, The Society for Research into Higler Education & Open University Press • Bloom BS., et.al (1956), Taxonomy of Education Objectives : The classification of Educational Goals ( Handbook I : Cognitive domain ) Ann Arbor, Michigan: Longmans.
Details ...
Perkuliahan ini meliputi tentang konsep, teori, pengujian, pengukuran dan penilaian, dalam aspek intelektual (civic knowledge ), sikap ( civic disposition ) dan tindakan ( civic skill – behavior ). Perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah yang dihadapi dan perkembangan penilaian, pengujian, pengukuran dalam penerapan dalam kehidupan khususnya dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia, dan ilmu pendidikan pada umumnya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah ini para mahasiswa memiliki kompotensi : a. Pemaham konsep-konsep/teori, pengukuran, penilaian, pengujian dalam pembelajaran b. Penguasaan prinsip, asas, evaluasi pendidikan, dan pembelajaran PKn pada khususnya c. Merencanakan, mengkonstruksi instrumen pengukuran penilaian pembelajaran PKn d. Melaksanakan, mengolah hasil penilaian pembelajaran PKn di sekolah e. Mengambil keputusan penilaian pembelajaran PKn di sekolah
References• Arikunto, S., (1986), Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta, Bina Aksara • Adkin DC. (1974), Test Construktion, Development and Interpretation of Achievement Tests, Colombus, Ohio, Charls E. Merril Publishing Co. • Biggs John, (2003), Teaching for Quality learning at University, Berkshire, McGraw-Hill Education, The Society for Research into Higler Education & Open University Press • Bloom BS., et.al (1956), Taxonomy of Education Objectives : The classification of Educational Goals ( Handbook I : Cognitive domain ) Ann Arbor, Michigan: Longmans.
Details ...
Perkuliahan ini meliputi tentang konsep, teori, pengujian, pengukuran dan penilaian, dalam aspek intelektual (civic knowledge ), sikap ( civic disposition ) dan tindakan ( civic skill – behavior ). Perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah yang dihadapi dan perkembangan penilaian, pengujian, pengukuran dalam penerapan dalam kehidupan khususnya dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia, dan ilmu pendidikan pada umumnya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah ini para mahasiswa memiliki kompotensi : a. Pemaham konsep-konsep/teori, pengukuran, penilaian, pengujian dalam pembelajaran b. Penguasaan prinsip, asas, evaluasi pendidikan, dan pembelajaran PKn pada khususnya c. Merencanakan, mengkonstruksi instrumen pengukuran penilaian pembelajaran PKn d. Melaksanakan, mengolah hasil penilaian pembelajaran PKn di sekolah e. Mengambil keputusan penilaian pembelajaran PKn di sekolah
References• Arikunto, S., (1986), Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta, Bina Aksara • Adkin DC. (1974), Test Construktion, Development and Interpretation of Achievement Tests, Colombus, Ohio, Charls E. Merril Publishing Co. • Biggs John, (2003), Teaching for Quality learning at University, Berkshire, McGraw-Hill Education, The Society for Research into Higler Education & Open University Press • Bloom BS., et.al (1956), Taxonomy of Education Objectives : The classification of Educational Goals ( Handbook I : Cognitive domain ) Ann Arbor, Michigan: Longmans.
Details ...