Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishIndonesian Language
ProgramPendidikan Fisika
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa memiliki pengetahuan Bahasa Indonsesia, trampil berbahaa Indonesia, dan memiliki sikap positif terhadap Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Adminsitrasi Negara dan pemersatu bangsa.
 

Learning Outcomes

1. Pengetahuan Bahasa Indonesia (tata bunyi, tata bentuk kata, tata kalimat, paragraf, wacana.
2. Keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, membaca, berbicara, menulis)
3. Sikap berbahasa sesuai dengan Undang-Undang Bahasa Indonesia

References

Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, E. Zaenal dan S Amran Tasai.1999. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Depdikbud. 1998. Tata Bahasa baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Depdikbud. 1997. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Ramlan, M. 2006. Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Karyono.

Ramlan, M. 1993. Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andy Offset.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan. Bandung:Angkasa.

Tim Penyusun. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Jurus Jitu Menulis Ilmiah dan Populer. 2007. Semarang. IKIP PGRI Semarang Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan berbahasa Indonesia dalam ranah akademik. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang memenuhi syarat kohesi dan koherensi, efektivitas, efisiensi, dan komunikatif. Mahasiswa diharapkan memiliki kecakapan dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengembangkan diri sepanjang hayat. Materi yang dibahas di dalam perkuliahan adalah sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, ragam bahasa, kohesi, koherensi, topik artikel, tema artikel, kutipan, dan daftar pustaka.

Learning Outcomes

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)

Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta. Andi Offset.

Rahardi, Kunjana. 2004. Dinamika Kebahasaan. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Rohmadi, Muhammad dan Aninditya Sri Nugraheni. 2011. Belajar Bahasa Indonesia. Surakarta: Cakrawala Media.


Details ...