Courser in English | EXPLORATIVE STUDY |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mahasiswa melakukan kunjungan lapangan untuk mendapatkan suatu kasus atau permasalahan dengan penerapan mata kuliah Dinamika Kelompok, Konsep Dasar BK, Pemahaman Individu 1, Konseling Lintas Budaya, Media BK dan Komunikasi Antar Pribadi
Learning OutcomesCPL Prodi yang dibebankan pada MK
Sikap (S)
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Pengetahuan (P)
P4. Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan.
P8. Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas.
Ketrampilan Umum (KU)
KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Ketrampilan Khusus (KK)
KK5. Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah,
teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang
relevan.
KK8. Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain
yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling.
komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat
preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan
pendidikan.
KK10. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar,
dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Bimbingan Kelompok, mahasiswa mampu:
CPMK 1 Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, KU2, KK5, S8)
CPMK 2 Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas, Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan serta dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (P2, KU2, KK8, S6)
CPMK 3 Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas, Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan serta dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan ((P2, KU2, KK10, S6)
References- Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
- --------------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
- --------------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
- Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
- Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
- Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP.
- Siti Fitriana. 2021. Tinjauan Psikologis Persepsi Anak Terhadap perceraian Orang tua. Prosiding Nasional SNHP LPPM UPGRIS.
Details ...
Mata kuliah ini mahasiswa melakukan kunjungan lapangan untuk mendapatkan suatu kasus atau permasalahan dengan penerapan mata kuliah Dinamika Kelompok, Konsep Dasar BK, Pemahaman Individu 1, Konseling Lintas Budaya, Media BK dan Komunikasi Antar Pribadi
Learning OutcomesCPL Prodi yang dibebankan pada MK
Sikap (S)
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Pengetahuan (P)
P4. Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan.
P8. Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas.
Ketrampilan Umum (KU)
KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Ketrampilan Khusus (KK)
KK5. Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah,
teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang
relevan.
KK8. Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain
yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling.
komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat
preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan
pendidikan.
KK10. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar,
dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Bimbingan Kelompok, mahasiswa mampu:
CPMK 1 Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, KU2, KK5, S8)
CPMK 2 Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas, Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan serta dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (P2, KU2, KK8, S6)
CPMK 3 Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas, Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan serta dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan ((P2, KU2, KK10, S6)
References- Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
- --------------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
- --------------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
- Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
- Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
- Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP.
- Siti Fitriana. 2021. Tinjauan Psikologis Persepsi Anak Terhadap perceraian Orang tua. Prosiding Nasional SNHP LPPM UPGRIS.
Details ...
Mata kuliah ini mahasiswa melakukan kunjungan lapangan untuk mendapatkan suatu kasus atau permasalahan dengan penerapan mata kuliah Dinamika Kelompok, Konsep Dasar BK, Pemahaman Individu 1, Konseling Lintas Budaya, Media BK dan Komunikasi Antar Pribadi
Learning OutcomesCPL Prodi yang dibebankan pada MK
Sikap (S)
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Pengetahuan (P)
P4. Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan.
P8. Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas.
Ketrampilan Umum (KU)
KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Ketrampilan Khusus (KK)
KK5. Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah,
teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang
relevan.
KK8. Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain
yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling.
komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat
preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan
pendidikan.
KK10. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar,
dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Bimbingan Kelompok, mahasiswa mampu:
CPMK 1 Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, KU2, KK5, S8)
CPMK 2 Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas, Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan serta dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (P2, KU2, KK8, S6)
CPMK 3 Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas, Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan serta dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan ((P2, KU2, KK10, S6)
References- Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
- --------------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
- --------------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
- Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
- Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
- Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP.
- Siti Fitriana. 2021. Tinjauan Psikologis Persepsi Anak Terhadap perceraian Orang tua. Prosiding Nasional SNHP LPPM UPGRIS.
Details ...