Courser in English | Javanese Teaching and Learning |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek pembelajaran.
Learning OutcomesMmampu menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, mengembangkan model pembelajaran yang berpijak pada berbagai pandangan tentang teori belajar, memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran dan menganalisis kasus dalam pembelajaran.
ReferencesDave Meier. (2002). The Accelerated Learning. Handbook, Bandung: Kaifa
Daeng Sudirwo. (2002). Kurikulum dan Pembelajarandalam Rangka Otonomi Daerah. Bandung: CV Andira
S. Nasution. (1984). Berbagai pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bina Aksara
M.D. Dahlan (1984). Model-model Mengajar. Bandung: CV Dipenogoro
Moh. Uzer usman.(1999). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
E. Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
UURI No. 20 Tahun 2004. Sisdiknas. PP 19/2005 NSP 2006. Bandung: Fokusmedia
Asri Budiningsih. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. (hal 1-18)
Smith, Mark K. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka. (hal 47-54)
Details ...