Belajar dan Pembelajaran Bahasa Jawa, Curriculum : 2014


Courser in EnglishJavanese Teaching and Learning
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek pembelajaran.

Learning Outcomes

Mmampu menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, mengembangkan model pembelajaran yang berpijak pada berbagai pandangan tentang teori belajar, memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran dan menganalisis kasus dalam pembelajaran.

References

Dave Meier. (2002). The Accelerated Learning. Handbook, Bandung: Kaifa

Daeng Sudirwo. (2002). Kurikulum dan Pembelajarandalam Rangka Otonomi Daerah. Bandung: CV Andira

S. Nasution. (1984). Berbagai pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bina Aksara

M.D. Dahlan (1984). Model-model Mengajar. Bandung: CV Dipenogoro

Moh. Uzer usman.(1999). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

E. Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

UURI No. 20 Tahun 2004. Sisdiknas. PP 19/2005 NSP 2006. Bandung: Fokusmedia

Asri Budiningsih. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. (hal 1-18)  

Smith, Mark K. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka. (hal 47-54)


Details ...