Perkembangan Peserta Didik , Curriculum : 2017


Courser in EnglishLearner's Development
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.

2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapatmengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; dan mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.

References

Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga

Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga

Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.

2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapatmengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; dan mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.

References

Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga

Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga

Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.

2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapatmengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; dan mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.

References

Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga

Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga

Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.

2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat : mengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah. 

References

Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga

Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga

Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.

2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat : mengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah. 

References

Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga

Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga

Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.

2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat : mengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah. 

References

Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga

Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga

Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik   peserta didik, dan permasalahan peserta didik anak dan remaja.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik   peserta didik, dan permasalahan peserta didik anak dan remaja

References

Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.

   Havighaurst, R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York.

   Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi :

         Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.

   Lingdern. H.C. 1972. Educational Psychology in the Classroom, Third edition, New York : John

         Wiley Son, Ltd.

   Lemer, R.M. 1983. Humsn developmet ; A Life Span Perspective. New York : McGraw-Hill, Inc.

   Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Dikti.

   Santrok, J. Human Development. A Life span perspective. New York: McGraw- Hill, Inc.

   Syamsu Yusuf. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda Karya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik   peserta didik, dan permasalahan peserta didik anak dan remaja.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik   peserta didik, dan permasalahan peserta didik anak dan remaja

References

Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.

   Havighaurst, R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York.

   Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi :

         Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.

   Lingdern. H.C. 1972. Educational Psychology in the Classroom, Third edition, New York : John

         Wiley Son, Ltd.

   Lemer, R.M. 1983. Humsn developmet ; A Life Span Perspective. New York : McGraw-Hill, Inc.

   Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Dikti.

   Santrok, J. Human Development. A Life span perspective. New York: McGraw- Hill, Inc.

   Syamsu Yusuf. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda Karya.


Details ...