Courser in English | Learner's Development |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat : mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; dan mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesSoetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat : mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; dan mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesSoetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat : mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; dan mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesSoetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat : mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesSoetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat : mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesSoetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat : mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesSoetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan peserta didik anak dan remaja. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan peserta didik anak dan remaja
References
Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya. Havighaurst, R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York. Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd. Lingdern. H.C. 1972. Educational Psychology in the Classroom, Third edition, New York : John Wiley Son, Ltd. Lemer, R.M. 1983. Humsn developmet ; A Life Span Perspective. New York : McGraw-Hill, Inc. Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Dikti. Santrok, J. Human Development. A Life span perspective. New York: McGraw- Hill, Inc. Syamsu Yusuf. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda Karya. |
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan peserta didik anak dan remaja. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan peserta didik anak dan remaja
References
Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya. Havighaurst, R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York. Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd. Lingdern. H.C. 1972. Educational Psychology in the Classroom, Third edition, New York : John Wiley Son, Ltd. Lemer, R.M. 1983. Humsn developmet ; A Life Span Perspective. New York : McGraw-Hill, Inc. Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Dikti. Santrok, J. Human Development. A Life span perspective. New York: McGraw- Hill, Inc. Syamsu Yusuf. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda Karya. |
Details ...