Metodologi Pengembangan Sikap dan Perilaku, Curriculum : 2015


Courser in EnglishAttitude and Behavior Development Method
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS11 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

mempelajari tentang cakupan perilaku untuk anak usia dini (4-6 tahun)

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan cakupan perilaku

2. aplikasi hakikat sikap perilaku pada anak meliputi aspek kognitif, fisik, seni, bahasa

References

Gunarti, Winda. 2002. Pengembangan Sikap Perilaku Anak Usia 4-6 Tahun. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

mempelajari tentang cakupan perilaku untuk anak usia dini (4-6 tahun)

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan cakupan perilaku

2. aplikasi hakikat sikap perilaku pada anak meliputi aspek kognitif, fisik, seni, bahasa

References

Gunarti, Winda. 2002. Pengembangan Sikap Perilaku Anak Usia 4-6 Tahun. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

mempelajari tentang cakupan perilaku untuk anak usia dini (4-6 tahun)

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan cakupan perilaku

2. aplikasi hakikat sikap perilaku pada anak meliputi aspek kognitif, fisik, seni, bahasa

References

Gunarti, Winda. 2002. Pengembangan Sikap Perilaku Anak Usia 4-6 Tahun. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

mempelajari tentang cakupan perilaku untuk anak usia dini (4-6 tahun)

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan cakupan perilaku

2. aplikasi hakikat sikap perilaku pada anak meliputi aspek kognitif, fisik, seni, bahasa

References

Gunarti, Winda. 2002. Pengembangan Sikap Perilaku Anak Usia 4-6 Tahun. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

mempelajari tentang cakupan perilaku untuk anak usia dini (4-6 tahun)

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan cakupan perilaku

2. aplikasi hakikat sikap perilaku pada anak meliputi aspek kognitif, fisik, seni, bahasa

References

Gunarti, Winda. 2002. Pengembangan Sikap Perilaku Anak Usia 4-6 Tahun. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep sikap dan perilaku, konsep tentang moral, konsep diri dan disiplin khususnya untuk AUD tahapan perkembangan moral berdasarkan teori Kholberg dan Piaget, strategi pengembangan sikap dan perilaku, merancang kegiatan main untuk pengembangan sikap dan perilaku, merancang media dan alat permainan pengembangan sikap perilaku dan stimulasi/ praktek pengembangan sikap dan perilaku.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami konsep sikap dan perilaku; mengaplikasikan multimetode untuk AUD.

References

Sumber belajar: Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas.

Gunarti, Winda, 2008, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar, Jakarta: UT.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep sikap dan perilaku, konsep tentang moral, konsep diri dan disiplin khususnya untuk AUD tahapan perkembangan moral berdasarkan teori Kholberg dan Piaget, strategi pengembangan sikap dan perilaku, merancang kegiatan main untuk pengembangan sikap dan perilaku, merancang media dan alat permainan pengembangan sikap perilaku dan stimulasi/ praktek pengembangan sikap dan perilaku.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami konsep sikap dan perilaku; mengaplikasikan multimetode untuk AUD.

References

Sumber belajar: Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas.

Gunarti, Winda, 2008, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar, Jakarta: UT.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang konsep sikap dan perilaku, konsep tentang moral, konsep diri dan disiplin khususnya untuk Anak Usia Dini tahapan perkembangan moral berdasarkan teori Kholberg dan Piaget, strategi pengembangan sikap dan perilaku, merancang kegiatan main untuk pengembangan sikap perilaku, merancang media dan alat permainan pengambangan sikap prilaku, dan simulasi /praktek pengembangan sikap dan perilaku.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dari hakikat sikap dan perilaku sampai dengan metodologi yang bisa diterapkan pada anak usia dini.

References

Depdiknas,2003,Standar Kompetensi Anak usia dini,Jakarta: Depdiknas.

Santrock,2008,Life Span 1,Jakarta:Erlangga.

Winda Gunarti,2008,Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar,Jakarta:UT.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang konsep sikap dan perilaku, konsep tentang moral, konsep diri dan disiplin khususnya untuk Anak Usia Dini tahapan perkembangan moral berdasarkan teori Kholberg dan Piaget, strategi pengembangan sikap dan perilaku, merancang kegiatan main untuk pengembangan sikap perilaku, merancang media dan alat permainan pengambangan sikap prilaku, dan simulasi /praktek pengembangan sikap dan perilaku.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dari hakikat sikap dan perilaku sampai dengan metodologi yang bisa diterapkan pada anak usia dini.

References

Depdiknas,2003,Standar Kompetensi Anak usia dini,Jakarta: Depdiknas.

Santrock,2008,Life Span 1,Jakarta:Erlangga.

Winda Gunarti,2008,Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar,Jakarta:UT.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini meliputi urgensi dan prinsip perkembangan kemampuan dasar anak serta pengembangan fisik, bahasa, kognitif dan seni.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menerapkan berbagai metode untuk mengembangkan perilaku dan kemampuan dasar anak.

References

Gunarti, Wulan dkk, 2008, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini meliputi urgensi dan prinsip perkembangan kemampuan dasar anak serta pengembangan fisik, bahasa, kognitif dan seni.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menerapkan berbagai metode untuk mengembangkan perilaku dan kemampuan dasar anak.

References

Gunarti, Wulan dkk, 2008, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional


Details ...