Courser in English | Educational Foundation |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mencakup mendidik dan ilmu pendidikan, landasan dan ilmu bantu pendidikan, tujuan pendidikan, subyek dan obyek pendidikan, lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan, isi dan metode pendidikan, masalah-masalah pendidikan, nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter, etika sebagai landasan pendidikan karakter, Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter, kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. prinsip dan kekuatan moral.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu
- menjelasskan mendidik dan ilmu pendidikan, landasan dan ilmu bantu pendidikan, serta tujuan pendidikan.
- Menyebutkan dan menjelaskan siapa subyek dan obyek pendidikan.
- Menjelaskan lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan, isi dan metode pendidikan,
- Mengidentifikasikan masalah-masalah pendidikan
- Menjelaskan nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter, etika sebagai landasan pendidikan karakter, Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter.
- Menjelaskan kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban, dan prinsip dan kekuatan moral.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1-24.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Halam 1-97.
Drijarkara. 1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.
Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.
Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Halam 23-56.
Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.
Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.
Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.
Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.
Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Hal-15.
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.
Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.
Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80.
Rujukan Penunjang Lain:
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini mencakup mendidik dan ilmu pendidikan, landasan dan ilmu bantu pendidikan, tujuan pendidikan, subyek dan obyek pendidikan, lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan, isi dan metode pendidikan, masalah-masalah pendidikan, nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter, etika sebagai landasan pendidikan karakter, Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter, kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. prinsip dan kekuatan moral.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu
- menjelasskan mendidik dan ilmu pendidikan, landasan dan ilmu bantu pendidikan, serta tujuan pendidikan.
- Menyebutkan dan menjelaskan siapa subyek dan obyek pendidikan.
- Menjelaskan lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan, isi dan metode pendidikan,
- Mengidentifikasikan masalah-masalah pendidikan
- Menjelaskan nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter, etika sebagai landasan pendidikan karakter, Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter.
- Menjelaskan kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban, dan prinsip dan kekuatan moral.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1-24.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Halam 1-97.
Drijarkara. 1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.
Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.
Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Halam 23-56.
Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.
Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.
Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.
Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.
Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Hal-15.
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.
Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.
Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80.
Rujukan Penunjang Lain:
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini mencakup mendidik dan ilmu pendidikan, landasan dan ilmu bantu pendidikan, tujuan pendidikan, subyek dan obyek pendidikan, lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan, isi dan metode pendidikan, masalah-masalah pendidikan, nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter, etika sebagai landasan pendidikan karakter, Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter, kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. prinsip dan kekuatan moral.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu
- menjelasskan mendidik dan ilmu pendidikan, landasan dan ilmu bantu pendidikan, serta tujuan pendidikan.
- Menyebutkan dan menjelaskan siapa subyek dan obyek pendidikan.
- Menjelaskan lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan, isi dan metode pendidikan,
- Mengidentifikasikan masalah-masalah pendidikan
- Menjelaskan nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter, etika sebagai landasan pendidikan karakter, Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter.
- Menjelaskan kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban, dan prinsip dan kekuatan moral.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1-24.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Halam 1-97.
Drijarkara. 1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.
Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.
Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Halam 23-56.
Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.
Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.
Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.
Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.
Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Hal-15.
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.
Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.
Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80.
Rujukan Penunjang Lain:
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
Learning Outcomesa. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
ReferencesAdiartanto, Ag. Prih & J. Sumardianta. “Bersama Menatah Kebajikan Khas Siswa”. Dalam Basis No. 07-08 Tahun ke-55,
Juli-Agustus 2006. Halaman 48-54Adlan, Muhammad. 2003. “Menggagas Pendidikan Agama yang Demokratis”. Kompas. Rabu, 30
April 2003, h. 5, kolom 1-4.
Ahmadi, A. 1987. Pendidikan dari Masa ke Masa. Bandung: CV Arico. Halaman 31-32
_______________.. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiayti. 2002. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Akbar, H. Ali. 1986. Seksualita Ditinjau Dari Hukum Islam. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ali, Yunasril. 2012. Sufisme dan Pluralaisme: Memahami Hakikat Agama dan Relasi Agama-Agama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas
Gramedia.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan. 1979. Pendidikan di Indonesia dari Jaman ke Jaman. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 25-246.
Bakker S.J., J. M. W. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
Learning Outcomesa. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
ReferencesAdiartanto, Ag. Prih & J. Sumardianta. “Bersama Menatah Kebajikan Khas Siswa”. Dalam Basis No. 07-08 Tahun ke-55,
Juli-Agustus 2006. Halaman 48-54Adlan, Muhammad. 2003. “Menggagas Pendidikan Agama yang Demokratis”. Kompas. Rabu, 30
April 2003, h. 5, kolom 1-4.
Ahmadi, A. 1987. Pendidikan dari Masa ke Masa. Bandung: CV Arico. Halaman 31-32
_______________.. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiayti. 2002. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Akbar, H. Ali. 1986. Seksualita Ditinjau Dari Hukum Islam. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ali, Yunasril. 2012. Sufisme dan Pluralaisme: Memahami Hakikat Agama dan Relasi Agama-Agama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas
Gramedia.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan. 1979. Pendidikan di Indonesia dari Jaman ke Jaman. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 25-246.
Bakker S.J., J. M. W. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang konsep-konsep dasar pendidikan mencakup antara lain: pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu, tujuan pendidikan, subjek dan objek pendidikan, lingkungan dan lembaga pendidikan, alat, isi, dan metode pendidikan, masalah-masalah pendidikan, nilai, etika, Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter, dan sebagainya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan peserta didik anak dan remaja
ReferencesSudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1-24.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Halam 1-97.
Drijarkara. 1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.
Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.
Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Halam 23-56.
Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.
Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.
Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.
Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.
Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Hal-15.
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.
Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.
Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80.
Rujukan Penunjang Lain:
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: penerbit Buku Kompas.
Details ...