Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan bentuk 1 sks teori dan 1 sks praktik. Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat bahasa inggris dan pembelajaran bahasa inggris; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis kesulitan belajar, rancangan strategi pembelajaran bahasa inggris berdasarkan kesulitan belajar dan video simulasi bahasa inggris berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning OutcomesSikap:
S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
Pengetahuan :
P2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik bahasa inggris untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar yang berorientasi pada kecakapan hidup
P3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa inggris
Kurikulum Umum :
KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah
Kurikulum Khusus:
KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.
ReferencesUtama:
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 1. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 2. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 3. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 4. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 5. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 6. Depok: Bisa Pustaka
Tambahan :
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan bentuk 1 sks teori dan 1 sks praktik. Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat bahasa inggris dan pembelajaran bahasa inggris; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis kesulitan belajar, rancangan strategi pembelajaran bahasa inggris berdasarkan kesulitan belajar dan video simulasi bahasa inggris berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning OutcomesSikap:
S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
Pengetahuan :
P2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik bahasa inggris untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar yang berorientasi pada kecakapan hidup
P3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa inggris
Kurikulum Umum :
KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah
Kurikulum Khusus:
KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.
ReferencesUtama:
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 1. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 2. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 3. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 4. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 5. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 6. Depok: Bisa Pustaka
Tambahan :
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan bentuk 1 sks teori dan 1 sks praktik. Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat bahasa inggris dan pembelajaran bahasa inggris; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis kesulitan belajar, rancangan strategi pembelajaran bahasa inggris berdasarkan kesulitan belajar dan video simulasi bahasa inggris berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning OutcomesSikap:
S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
Pengetahuan :
P2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik bahasa inggris untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar yang berorientasi pada kecakapan hidup
P3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa inggris
Kurikulum Umum :
KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah
Kurikulum Khusus:
KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.
ReferencesUtama:
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 1. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 2. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 3. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 4. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 5. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 6. Depok: Bisa Pustaka
Tambahan :
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan bentuk 1 sks teori dan 1 sks praktik. Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat bahasa inggris dan pembelajaran bahasa inggris; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis kesulitan belajar, rancangan strategi pembelajaran bahasa inggris berdasarkan kesulitan belajar dan video simulasi bahasa inggris berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning OutcomesSikap:
S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
Pengetahuan :
P2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik bahasa inggris untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar yang berorientasi pada kecakapan hidup
P3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa inggris
Kurikulum Umum :
KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah
Kurikulum Khusus:
KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.
ReferencesUtama:
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 1. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 2. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 3. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 4. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 5. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 6. Depok: Bisa Pustaka
Tambahan :
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan bentuk 1 sks teori dan 1 sks praktik. Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat bahasa inggris dan pembelajaran bahasa inggris; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis kesulitan belajar, rancangan strategi pembelajaran bahasa inggris berdasarkan kesulitan belajar dan video simulasi bahasa inggris berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning OutcomesSikap:
S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
Pengetahuan :
P2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik bahasa inggris untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar yang berorientasi pada kecakapan hidup
P3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa inggris
Kurikulum Umum :
KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah
Kurikulum Khusus:
KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.
ReferencesUtama:
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 1. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 2. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 3. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 4. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 5. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 6. Depok: Bisa Pustaka
Tambahan :
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan bentuk 1 sks teori dan 1 sks praktik. Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat bahasa inggris dan pembelajaran bahasa inggris; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis kesulitan belajar, rancangan strategi pembelajaran bahasa inggris berdasarkan kesulitan belajar dan video simulasi bahasa inggris berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning OutcomesSikap:
S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
Pengetahuan :
P2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik bahasa inggris untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar yang berorientasi pada kecakapan hidup
P3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa inggris
Kurikulum Umum :
KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah
Kurikulum Khusus:
KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.
ReferencesUtama:
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 1. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 2. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 3. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 4. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 5. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 6. Depok: Bisa Pustaka
Tambahan :
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan bentuk 1 sks teori dan 1 sks praktik. Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat bahasa inggris dan pembelajaran bahasa inggris; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis kesulitan belajar, rancangan strategi pembelajaran bahasa inggris berdasarkan kesulitan belajar dan video simulasi bahasa inggris berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning OutcomesSikap:
S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
Pengetahuan :
P2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik bahasa inggris untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar yang berorientasi pada kecakapan hidup
P3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa inggris
Kurikulum Umum :
KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah
Kurikulum Khusus:
KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.
ReferencesUtama:
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 1. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 2. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 3. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 4. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 5. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 6. Depok: Bisa Pustaka
Tambahan :
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan bentuk 1 sks teori dan 1 sks praktik. Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat bahasa inggris dan pembelajaran bahasa inggris; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran bahasa inggris berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis kesulitan belajar, rancangan strategi pembelajaran bahasa inggris berdasarkan kesulitan belajar dan video simulasi bahasa inggris berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning OutcomesSikap:
S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
Pengetahuan :
P2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik bahasa inggris untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar yang berorientasi pada kecakapan hidup
P3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa inggris
Kurikulum Umum :
KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah
Kurikulum Khusus:
KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.
ReferencesUtama:
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 1. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 2. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 3. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 4. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 5. Depok: Bisa Pustaka
Rudi Trisno, Esih Kurnaesih, Euis Ida Farida. 2018. Fun With English 6. Depok: Bisa Pustaka
Tambahan :
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...