Analisis Wacana , Curriculum : 2021


Courser in EnglishDiscourse Analysis
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Analisis Wacana merupakan mata kuliah prodier bagi mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 SKS. Topik bahasan mata kuliah ini diawali dengan kajian: 1) hakikat wacana; 2) unsur-unsur wacana atau teks; 3) jenis wacana atau teks; 4) struktur wacana atau teks; 5) tema, topik, dan judul; 6) skemata; serta 7) koherensi dan kohesi.

Learning Outcomes

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  3. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif (S11).
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2).
  6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3).
  7. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1).

Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1).

References

  1. Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan  

           Balai Pustaka.

  1. Aminuddin, dkk. 2002. Analisis Wacana. Yogyakarta: Kanal.
  2. Brown, G. & G Yule. 1996. Analisis Wacana. Terjemahan 1. Soetikno. Jakarta: PT

           Gramedia.

  1. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana. Yogyakarta: LKIS.
  2. Halliday, M.A.K. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.
  3. Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.
  4. -------. 1985. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
  5. Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode, & Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis

            Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

  1. Samsuri. 1988. Analisis Wacana. Malang: PPS IKIP Malang. 
  2. Sumarlam dkk. 2009. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.
  3. Tarigan, H.G. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Analisis Wacana merupakan mata kuliah prodier bagi mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 SKS. Topik bahasan mata kuliah ini diawali dengan kajian: 1) hakikat wacana; 2) unsur-unsur wacana atau teks; 3) jenis wacana atau teks; 4) struktur wacana atau teks; 5) tema, topik, dan judul; 6) skemata; serta 7) koherensi dan kohesi.

Learning Outcomes

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  3. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif (S11).
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2).
  6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3).
  7. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1).

Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1).

References

  1. Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan  

           Balai Pustaka.

  1. Aminuddin, dkk. 2002. Analisis Wacana. Yogyakarta: Kanal.
  2. Brown, G. & G Yule. 1996. Analisis Wacana. Terjemahan 1. Soetikno. Jakarta: PT

           Gramedia.

  1. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana. Yogyakarta: LKIS.
  2. Halliday, M.A.K. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.
  3. Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.
  4. -------. 1985. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
  5. Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode, & Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis

            Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

  1. Samsuri. 1988. Analisis Wacana. Malang: PPS IKIP Malang. 
  2. Sumarlam dkk. 2009. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.
  3. Tarigan, H.G. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.


Details ...