Pendekatan Konseling, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCOUNSELING APPROACH
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS4 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi 11 pendekatan konseling yaitu pendekatan psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, konseling rasional emotif behavior, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling  S-FBT(SSC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling. Setiap pendekatan konseling, akan di kaji : History, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling serta implikasi di sekolah atau di masyarakat dalam setting konseling.

Learning Outcomes

Mampu memahami history, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling,   asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan di sekolah maupun di luar sekolah

References

Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

Natawajaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi 11 pendekatan konseling yaitu pendekatan psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, konseling rasional emotif behavior, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling  S-FBT(SSC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling. Setiap pendekatan konseling, akan di kaji : History, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling serta implikasi di sekolah atau di masyarakat dalam setting konseling.

Learning Outcomes

Mampu memahami history, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling,   asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan di sekolah maupun di luar sekolah

References

Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

Natawajaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi 11 pendekatan konseling yaitu pendekatan psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, konseling rasional emotif behavior, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling  S-FBT(SSC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling. Setiap pendekatan konseling, akan di kaji : History, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling serta implikasi di sekolah atau di masyarakat dalam setting konseling.

Learning Outcomes

Mampu memahami history, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling,   asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan di sekolah maupun di luar sekolah

References

Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

Natawajaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi 11 pendekatan konseling yaitu pendekatan psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, konseling rasional emotif behavior, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling  S-FBT(SSC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling. Setiap pendekatan konseling, akan di kaji : History, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling serta implikasi di sekolah atau di masyarakat dalam setting konseling.

Learning Outcomes

Mampu memahami history, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling,   asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan di sekolah maupun di luar sekolah

References

Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

Natawajaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBC),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
  3. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
  4. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi  stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.

 

  1. Keterampilan Umum

Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian

  1. masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
  2. Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.

References

  1. Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

 

  1. Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

 

  1. Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

 

  1. John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

 

  1.  Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

 

Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBC),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
  3. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
  4. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi  stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.

 

  1. Keterampilan Umum

Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian

  1. masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
  2. Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.

References

  1. Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

 

  1. Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

 

  1. Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

 

  1. John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

 

  1.  Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

 

Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBC),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
  3. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
  4. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi  stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.

 

  1. Keterampilan Umum

Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian

  1. masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
  2. Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.

References

  1. Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

 

  1. Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

 

  1. Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

 

  1. John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

 

  1.  Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

 

Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBC),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
  3. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
  4. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi  stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.

 

  1. Keterampilan Umum

Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian

  1. masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
  2. Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.

References

  1. Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

 

  1. Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

 

  1. Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

 

  1. John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

 

  1.  Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

 

Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
  3. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
  4. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi  stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.

 

  1. Keterampilan Umum

Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
  2. Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.

References

  1. Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

 

  1. Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

 

  1. Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

 

  1. John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

 

  1.  Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

 

Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
  3. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
  4. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi  stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.

 

  1. Keterampilan Umum

Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
  2. Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.

References

  1. Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan    Mulyarto)

 

  1. Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition

 

  1. Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition

 

  1. John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.

 

  1.  Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang

 

Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar  & Pendekatan. Risqi : bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT),  dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...