Courser in English | COUNSELING APPROACH |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 4 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi 11 pendekatan konseling yaitu pendekatan psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, konseling rasional emotif behavior, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling S-FBT(SSC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling. Setiap pendekatan konseling, akan di kaji : History, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling serta implikasi di sekolah atau di masyarakat dalam setting konseling.
Learning OutcomesMampu memahami history, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan di sekolah maupun di luar sekolah
ReferencesCorey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawajaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : Bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi 11 pendekatan konseling yaitu pendekatan psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, konseling rasional emotif behavior, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling S-FBT(SSC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling. Setiap pendekatan konseling, akan di kaji : History, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling serta implikasi di sekolah atau di masyarakat dalam setting konseling.
Learning OutcomesMampu memahami history, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan di sekolah maupun di luar sekolah
ReferencesCorey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawajaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : Bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi 11 pendekatan konseling yaitu pendekatan psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, konseling rasional emotif behavior, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling S-FBT(SSC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling. Setiap pendekatan konseling, akan di kaji : History, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling serta implikasi di sekolah atau di masyarakat dalam setting konseling.
Learning OutcomesMampu memahami history, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan di sekolah maupun di luar sekolah
ReferencesCorey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawajaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : Bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi 11 pendekatan konseling yaitu pendekatan psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, konseling rasional emotif behavior, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling S-FBT(SSC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling. Setiap pendekatan konseling, akan di kaji : History, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling serta implikasi di sekolah atau di masyarakat dalam setting konseling.
Learning OutcomesMampu memahami history, konsep dasar, isu mutahir, deskripsi proses konseling, asumsi tingkah laku bermasalah, tahapan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan di sekolah maupun di luar sekolah
ReferencesCorey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawajaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : Bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaan pengetahuan
Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian
- masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
- Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
- Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
- John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaan pengetahuan
Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian
- masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
- Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
- Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
- John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaan pengetahuan
Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian
- masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
- Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
- Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
- John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBC), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaan pengetahuan
Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian
- masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
- Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
- Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
- John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaan pengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
- Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
- Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
- John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten) ; menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaan pengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
- Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
- Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
- John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang pendekatan konseling yang meliputi psikoanalisa, konseling adlerian, eksistensial, person centered, gestalt, behavior, REBT, realita, analisis transaksional, konseling trait dan factor, konseling post modern (S-FBT), dan penerapan dalam layanan bimbingan dan konseling.
Learning Outcomes-
References-
Details ...