Metodologi Penelitian , Curriculum : 2021


Courser in English-
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS5 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah wajib pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang, Mata kuliah ini membahas konsep, alur pikir dan paradigma penelitian, proses penelitian, menganalisis dan mereview literatur ilmiah, menganalisis dan memformulasikan permasalahan penelitian, mengidentifikasi variabel, mengkonstruksikan hipotesis, menganalisis desain penelitian, menganalisis dan memilih desain studi penelitian, membuat proposal penelitian terstruktur
 

Learning Outcomes


Menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius, yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan  norma dan etika akademik. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian Pendidikan ekonomi. Menguasai metode penelitian untuk melaksanakan penelitian di bidang pendidikan ekonomi. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi serta mempublikasikan hasilnya.

Menginternalisasikan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius, yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik dalam pembelajaran metodologi penelitian pendidikan ekonomi. 

References

1. Anderson, Sweeney & Williams. 2002. Statistics For Business And Economics, International Student Edition. US: Rochester Institute of 
Technology. 
2. Dean J. Champion. 1991. Basic Statistic for Social Research, Second Editions. NY: Mac Millan Publishing Co.Inc. 
3. Elazar J. Pendhazur. 2001. Multiple Regression In Behavioral Research, Explanation and Prediction. Holt, Rinehart and Winston.
4. James H. Mac Millan & Sally Schumacher. 2001. Research in Education A Conceptual Introduction. US: Harper Collins Publisher
5. Siedney Siegel & Castelan Jr. 1988. Nonparametric Statistic for the Behavioral Sciences. Singapore: Mc-Graw Hill Book Co
6. Ulber Silalahi. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: UNPAR Press.  
7. Uma Sekaran. 2006. Research Methods For Business. NY: John Wiley & Son Inc.
8. Donald R. Cooper & Pamela S. Schindler. 2006. Business Research Methods, Ninth Edition. Mc Graw-Hill International Edition.  
9. Donald Ary, et al. 2010. Introduction to Research in Education. 8th edition  
10. J.W. Creswell. 2012. Educational Research. 4th  edition  
11. Jack R. Fraenkel & Norman E. Wallen. 2006. How to Design and Evaluate Research in Education. 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah wajib pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang, Mata kuliah ini membahas konsep, alur pikir dan paradigma penelitian, proses penelitian, menganalisis dan mereview literatur ilmiah, menganalisis dan memformulasikan permasalahan penelitian, mengidentifikasi variabel, mengkonstruksikan hipotesis, menganalisis desain penelitian, menganalisis dan memilih desain studi penelitian, membuat proposal penelitian terstruktur
 

Learning Outcomes


Menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius, yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan  norma dan etika akademik. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian Pendidikan ekonomi. Menguasai metode penelitian untuk melaksanakan penelitian di bidang pendidikan ekonomi. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi serta mempublikasikan hasilnya.

Menginternalisasikan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius, yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik dalam pembelajaran metodologi penelitian pendidikan ekonomi. 

References

1. Anderson, Sweeney & Williams. 2002. Statistics For Business And Economics, International Student Edition. US: Rochester Institute of 
Technology. 
2. Dean J. Champion. 1991. Basic Statistic for Social Research, Second Editions. NY: Mac Millan Publishing Co.Inc. 
3. Elazar J. Pendhazur. 2001. Multiple Regression In Behavioral Research, Explanation and Prediction. Holt, Rinehart and Winston.
4. James H. Mac Millan & Sally Schumacher. 2001. Research in Education A Conceptual Introduction. US: Harper Collins Publisher
5. Siedney Siegel & Castelan Jr. 1988. Nonparametric Statistic for the Behavioral Sciences. Singapore: Mc-Graw Hill Book Co
6. Ulber Silalahi. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: UNPAR Press.  
7. Uma Sekaran. 2006. Research Methods For Business. NY: John Wiley & Son Inc.
8. Donald R. Cooper & Pamela S. Schindler. 2006. Business Research Methods, Ninth Edition. Mc Graw-Hill International Edition.  
9. Donald Ary, et al. 2010. Introduction to Research in Education. 8th edition  
10. J.W. Creswell. 2012. Educational Research. 4th  edition  
11. Jack R. Fraenkel & Norman E. Wallen. 2006. How to Design and Evaluate Research in Education. 


Details ...