Telaah Kurikulum BAHASA INDONESIA, Curriculum : 2010


Courser in EnglishIndonesian Curriculum Review
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah kurikulum pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah Kurikulum Pendidikan mengkaji tentang telaah kurikulum sekolah menengah yang mencakup sekilas sejarah kurikulum, konsep kurikulum, asas dan fungsi kurikulum, ragam kurikulum, komponen kurikulum, analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, pengembangan prota, promes, minggu efektif, perumusan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelejaran bahasa Indonesia di sekolah menengah.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia, mahasiswa mampu:

CPMK1 Menguasai dan mendeskripsikan konsep dan perkembangan kurikulum dalam pendidikan secara bertanggung jawab (S9, P3, KU1, KK3)

CPMK2 Menguasai dan mengklasifikasi asas, fungsi, landasan, dan ragam kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah (S11, P4, KU2, KK3)

CPMK3 Mendeskripsikan dan menerapkan komponen kurikulum yang pernah digunakan dalam pendidikan (S11, P4, KU4, KK3)

CPMK4 Menganalisis dan menelaah prota, promes, minggu efektif dalam rangka pemetaan kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah secara mandiri (S9, P4, KU3, KK3)

CPMK5 Menganalisis dan mengevaluasi isi kurikulum mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi yang ada dalam silabus pembelajaran Bahasa Indonesia secara bersama (S6, P5, KU5, KK3)

CPMK6 Menyusun perencanaan pembelajaran dan pengembangan silabus bahasa Indonesia di sekolah menengah berbasis HOTS dan TPACK dalam menghadapi pembelajarn abad 21 tepat waktu (S10, P5, KU2, KK4)

References

Ahmadi, Abu. 1984. Pengantar Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu. Depdiknas.2004.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta: Depdiknas.

________. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. KBK SMA: Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Afektif. Jakarta: Depdiknas.

________. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

________.2005. PP No. 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan .Jakarta: Depdiknas

_______.2005. Permendiknas No 24 tentang Pelaksanaan SI dan SKL. .Jakarta: Depdiknas

________.2006. Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi: Jakarta: Depdiknas Firdaus,

Zulfahnur Z dan Rosmid Rosa. 1987. Telaah Kurikulum BI SMA. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda Karya.

Permendikbud No. 20 tahun 2006 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud tahun 2016 Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan dasar, san Menengah

Permendikbud Nomor 37 Tahun2018 tentang KI, KD SD, SMP, SMA

Sukmadinata, Nan Saodih. 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kurikulum pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah Kurikulum Pendidikan mengkaji tentang telaah kurikulum sekolah menengah yang mencakup sekilas sejarah kurikulum, konsep kurikulum, asas dan fungsi kurikulum, ragam kurikulum, komponen kurikulum, analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, pengembangan prota, promes, minggu efektif, perumusan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelejaran bahasa Indonesia di sekolah menengah.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia, mahasiswa mampu:

CPMK1 Menguasai dan mendeskripsikan konsep dan perkembangan kurikulum dalam pendidikan secara bertanggung jawab (S9, P3, KU1, KK3)

CPMK2 Menguasai dan mengklasifikasi asas, fungsi, landasan, dan ragam kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah (S11, P4, KU2, KK3)

CPMK3 Mendeskripsikan dan menerapkan komponen kurikulum yang pernah digunakan dalam pendidikan (S11, P4, KU4, KK3)

CPMK4 Menganalisis dan menelaah prota, promes, minggu efektif dalam rangka pemetaan kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah secara mandiri (S9, P4, KU3, KK3)

CPMK5 Menganalisis dan mengevaluasi isi kurikulum mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi yang ada dalam silabus pembelajaran Bahasa Indonesia secara bersama (S6, P5, KU5, KK3)

CPMK6 Menyusun perencanaan pembelajaran dan pengembangan silabus bahasa Indonesia di sekolah menengah berbasis HOTS dan TPACK dalam menghadapi pembelajarn abad 21 tepat waktu (S10, P5, KU2, KK4)

References

Ahmadi, Abu. 1984. Pengantar Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu. Depdiknas.2004.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta: Depdiknas.

________. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. KBK SMA: Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Afektif. Jakarta: Depdiknas.

________. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

________.2005. PP No. 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan .Jakarta: Depdiknas

_______.2005. Permendiknas No 24 tentang Pelaksanaan SI dan SKL. .Jakarta: Depdiknas

________.2006. Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi: Jakarta: Depdiknas Firdaus,

Zulfahnur Z dan Rosmid Rosa. 1987. Telaah Kurikulum BI SMA. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda Karya.

Permendikbud No. 20 tahun 2006 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud tahun 2016 Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan dasar, san Menengah

Permendikbud Nomor 37 Tahun2018 tentang KI, KD SD, SMP, SMA

Sukmadinata, Nan Saodih. 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kurikulum pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah Kurikulum Pendidikan mengkaji tentang telaah kurikulum sekolah menengah yang mencakup sekilas sejarah kurikulum, konsep kurikulum, asas dan fungsi kurikulum, ragam kurikulum, komponen kurikulum, analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, pengembangan prota, promes, minggu efektif, perumusan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelejaran bahasa Indonesia di sekolah menengah.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia, mahasiswa mampu:

CPMK1 Menguasai dan mendeskripsikan konsep dan perkembangan kurikulum dalam pendidikan secara bertanggung jawab (S9, P3, KU1, KK3)

CPMK2 Menguasai dan mengklasifikasi asas, fungsi, landasan, dan ragam kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah (S11, P4, KU2, KK3)

CPMK3 Mendeskripsikan dan menerapkan komponen kurikulum yang pernah digunakan dalam pendidikan (S11, P4, KU4, KK3)

CPMK4 Menganalisis dan menelaah prota, promes, minggu efektif dalam rangka pemetaan kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah secara mandiri (S9, P4, KU3, KK3)

CPMK5 Menganalisis dan mengevaluasi isi kurikulum mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi yang ada dalam silabus pembelajaran Bahasa Indonesia secara bersama (S6, P5, KU5, KK3)

CPMK6 Menyusun perencanaan pembelajaran dan pengembangan silabus bahasa Indonesia di sekolah menengah berbasis HOTS dan TPACK dalam menghadapi pembelajarn abad 21 tepat waktu (S10, P5, KU2, KK4)

References

Ahmadi, Abu. 1984. Pengantar Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu. Depdiknas.2004.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta: Depdiknas.

________. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. KBK SMA: Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Afektif. Jakarta: Depdiknas.

________. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

________.2005. PP No. 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan .Jakarta: Depdiknas

_______.2005. Permendiknas No 24 tentang Pelaksanaan SI dan SKL. .Jakarta: Depdiknas

________.2006. Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi: Jakarta: Depdiknas Firdaus,

Zulfahnur Z dan Rosmid Rosa. 1987. Telaah Kurikulum BI SMA. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda Karya.

Permendikbud No. 20 tahun 2006 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud tahun 2016 Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan dasar, san Menengah

Permendikbud Nomor 37 Tahun2018 tentang KI, KD SD, SMP, SMA

Sukmadinata, Nan Saodih. 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Rosda Karya


Details ...