Seminar Penelitian Olahraga, Curriculum : 2020


Courser in EnglishSPORTS RESEARCH SEMINAR
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa mengkaji secara intensif mengenai dasar-dasar penelitian dalam bidang pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, meliputi bahasan tentang konsep dasar penelitian, cara mengidentifikasi masalah dan variabel penelitian, menganalisis jenis-jenis metode penelitian, menentukan teori yang relevan, kerangka berpikir dan hipotesis penelitian, menentukan rancangan dan subjek penelitian, merumuskan dan mengembangkan instrumen penelitian, dan menentukan teknik analisis data yang relevan. Melalui kuliah ini mahasiswa diharapakan memiliki keterampilan proposal penelitian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta memiliki perilaku tanggung jawab baik dalam menangani tugas-tugas perkuliahan.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan tentang penelitian dasar bidang pendikan jasmani kesehatan dan olahraga

Mampu merusmuskan masalah penelitian dan hipotesis penelitian sesuai pendekatan yang digunakan (kuantitatif/kualitatif/PTK/pengembangan)

Mampu merancang penelitian yang up to date sesuai dengan situasi dan isu terkini sesuai bidang keilmuan program studi, menggunakan referensi/rujukan yang ilmiah dan relevan

Mampu menuliskan rancangan penelitian dalam bentuk proposal skripsi / tugas akhir dengan metodologi penelitian dan cara penulisan yang benar (tidak plagiat dan sesuai panduan penulisan)

Memiliki tanggung jawab secara personal dan kelompok dalam menyelesaikan seluruh tugas perkuliahan

References

  1. Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge
  2. Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.
  3. Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGraw-Hill Higher Education
  4. Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage
  5. Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.
  6. Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics
  7. Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning
  8. Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.
  9. Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.
  10. Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing
  11. Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics.


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa mengkaji secara intensif mengenai dasar-dasar penelitian dalam bidang pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, meliputi bahasan tentang konsep dasar penelitian, cara mengidentifikasi masalah dan variabel penelitian, menganalisis jenis-jenis metode penelitian, menentukan teori yang relevan, kerangka berpikir dan hipotesis penelitian, menentukan rancangan dan subjek penelitian, merumuskan dan mengembangkan instrumen penelitian, dan menentukan teknik analisis data yang relevan. Melalui kuliah ini mahasiswa diharapakan memiliki keterampilan proposal penelitian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta memiliki perilaku tanggung jawab baik dalam menangani tugas-tugas perkuliahan.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan tentang penelitian dasar bidang pendikan jasmani kesehatan dan olahraga

Mampu merusmuskan masalah penelitian dan hipotesis penelitian sesuai pendekatan yang digunakan (kuantitatif/kualitatif/PTK/pengembangan)

Mampu merancang penelitian yang up to date sesuai dengan situasi dan isu terkini sesuai bidang keilmuan program studi, menggunakan referensi/rujukan yang ilmiah dan relevan

Mampu menuliskan rancangan penelitian dalam bentuk proposal skripsi / tugas akhir dengan metodologi penelitian dan cara penulisan yang benar (tidak plagiat dan sesuai panduan penulisan)

Memiliki tanggung jawab secara personal dan kelompok dalam menyelesaikan seluruh tugas perkuliahan

References

  1. Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge
  2. Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.
  3. Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGraw-Hill Higher Education
  4. Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage
  5. Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.
  6. Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics
  7. Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning
  8. Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.
  9. Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.
  10. Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing
  11. Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics.


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa mengkaji secara intensif mengenai dasar-dasar penelitian dalam bidang pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, meliputi bahasan tentang konsep dasar penelitian, cara mengidentifikasi masalah dan variabel penelitian, menganalisis jenis-jenis metode penelitian, menentukan teori yang relevan, kerangka berpikir dan hipotesis penelitian, menentukan rancangan dan subjek penelitian, merumuskan dan mengembangkan instrumen penelitian, dan menentukan teknik analisis data yang relevan. Melalui kuliah ini mahasiswa diharapakan memiliki keterampilan proposal penelitian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta memiliki perilaku tanggung jawab baik dalam menangani tugas-tugas perkuliahan.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan tentang penelitian dasar bidang pendikan jasmani kesehatan dan olahraga

Mampu merusmuskan masalah penelitian dan hipotesis penelitian sesuai pendekatan yang digunakan (kuantitatif/kualitatif/PTK/pengembangan)

Mampu merancang penelitian yang up to date sesuai dengan situasi dan isu terkini sesuai bidang keilmuan program studi, menggunakan referensi/rujukan yang ilmiah dan relevan

Mampu menuliskan rancangan penelitian dalam bentuk proposal skripsi / tugas akhir dengan metodologi penelitian dan cara penulisan yang benar (tidak plagiat dan sesuai panduan penulisan)

Memiliki tanggung jawab secara personal dan kelompok dalam menyelesaikan seluruh tugas perkuliahan

References

  1. Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge
  2. Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.
  3. Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGraw-Hill Higher Education
  4. Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage
  5. Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.
  6. Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics
  7. Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning
  8. Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.
  9. Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.
  10. Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing
  11. Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics.


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa mengkaji secara intensif mengenai dasar-dasar penelitian dalam bidang pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, meliputi bahasan tentang konsep dasar penelitian, cara mengidentifikasi masalah dan variabel penelitian, menganalisis jenis-jenis metode penelitian, menentukan teori yang relevan, kerangka berpikir dan hipotesis penelitian, menentukan rancangan dan subjek penelitian, merumuskan dan mengembangkan instrumen penelitian, dan menentukan teknik analisis data yang relevan. Melalui kuliah ini mahasiswa diharapakan memiliki keterampilan proposal penelitian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta memiliki perilaku tanggung jawab baik dalam menangani tugas-tugas perkuliahan.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan tentang penelitian dasar bidang pendikan jasmani kesehatan dan olahraga

Mampu merusmuskan masalah penelitian dan hipotesis penelitian sesuai pendekatan yang digunakan (kuantitatif/kualitatif/PTK/pengembangan)

Mampu merancang penelitian yang up to date sesuai dengan situasi dan isu terkini sesuai bidang keilmuan program studi, menggunakan referensi/rujukan yang ilmiah dan relevan

Mampu menuliskan rancangan penelitian dalam bentuk proposal skripsi / tugas akhir dengan metodologi penelitian dan cara penulisan yang benar (tidak plagiat dan sesuai panduan penulisan)

Memiliki tanggung jawab secara personal dan kelompok dalam menyelesaikan seluruh tugas perkuliahan

References

  1. Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge
  2. Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.
  3. Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGraw-Hill Higher Education
  4. Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage
  5. Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.
  6. Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics
  7. Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning
  8. Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.
  9. Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.
  10. Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing
  11. Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics.


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa mengkaji secara intensif mengenai dasar-dasar penelitian dalam bidang pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, meliputi bahasan tentang konsep dasar penelitian, cara mengidentifikasi masalah dan variabel penelitian, menganalisis jenis-jenis metode penelitian, menentukan teori yang relevan, kerangka berpikir dan hipotesis penelitian, menentukan rancangan dan subjek penelitian, merumuskan dan mengembangkan instrumen penelitian, dan menentukan teknik analisis data yang relevan. Melalui kuliah ini mahasiswa diharapakan memiliki keterampilan proposal penelitian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta memiliki perilaku tanggung jawab baik dalam menangani tugas-tugas perkuliahan.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan tentang penelitian dasar bidang pendikan jasmani kesehatan dan olahraga

Mampu merusmuskan masalah penelitian dan hipotesis penelitian sesuai pendekatan yang digunakan (kuantitatif/kualitatif/PTK/pengembangan)

Mampu merancang penelitian yang up to date sesuai dengan situasi dan isu terkini sesuai bidang keilmuan program studi, menggunakan referensi/rujukan yang ilmiah dan relevan

Mampu menuliskan rancangan penelitian dalam bentuk proposal skripsi / tugas akhir dengan metodologi penelitian dan cara penulisan yang benar (tidak plagiat dan sesuai panduan penulisan)

Memiliki tanggung jawab secara personal dan kelompok dalam menyelesaikan seluruh tugas perkuliahan

References

  1. Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge
  2. Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.
  3. Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGraw-Hill Higher Education
  4. Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage
  5. Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.
  6. Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics
  7. Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning
  8. Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.
  9. Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.
  10. Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing
  11. Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics.


Details ...