Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2018


Courser in EnglishPANCASILA EDUCATION
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS2 SKS
RPS27 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

CPMK 1

Mahasiswa mampu mengembangkan sikap integritas nasional guna menjaga identitas nasional sehingga dapat mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta dapat Menanamkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan semangat bela negara sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (P1, KK1, KK5, S4)

 

CPMK 2

Mahasiswa dapat menjaga semangat demokrasi dan nilai nilai demokrasi untuk kesatuan negara dan bangsa sehingga mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Mahasiwa mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU5, KU7, S3)

 

CPMK 3

Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai humanity sehingga dapat Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain serta mampu Mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa Menumbuhkan dan melestarikan kepribadian luhur bangsa Indonesia (P4, KK3, KK4, S5)

 

References

Utama

 

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Pendukung

 

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

CPMK 1

Mahasiswa mampu mengembangkan sikap integritas nasional guna menjaga identitas nasional sehingga dapat mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta dapat Menanamkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan semangat bela negara sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (P1, KK1, KK5, S4)

 

CPMK 2

Mahasiswa dapat menjaga semangat demokrasi dan nilai nilai demokrasi untuk kesatuan negara dan bangsa sehingga mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Mahasiwa mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU5, KU7, S3)

 

CPMK 3

Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai humanity sehingga dapat Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain serta mampu Mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa Menumbuhkan dan melestarikan kepribadian luhur bangsa Indonesia (P4, KK3, KK4, S5)

 

References

Utama

 

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Pendukung

 

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

CPMK 1

Mahasiswa mampu mengembangkan sikap integritas nasional guna menjaga identitas nasional sehingga dapat mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta dapat Menanamkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan semangat bela negara sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (P1, KK1, KK5, S4)

 

CPMK 2

Mahasiswa dapat menjaga semangat demokrasi dan nilai nilai demokrasi untuk kesatuan negara dan bangsa sehingga mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Mahasiwa mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU5, KU7, S3)

 

CPMK 3

Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai humanity sehingga dapat Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain serta mampu Mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa Menumbuhkan dan melestarikan kepribadian luhur bangsa Indonesia (P4, KK3, KK4, S5)

 

References

Utama

 

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Pendukung

 

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
 

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk    Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,

 


Details ...