Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis hakikat peserta didik menurut berbagai
pandangan, kedudukan peserta didik dalam proses pembelajaran. Mengidentifikasi
Hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Karakteristik peserta didik
dan tugas perkembangan pada rentang kehidupan (masa pre-natal, masa bayi,
masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa awal, masa dewasa). Implikasi
pertumbuhan dan perkembangan terhadap penyelenggaraan pendidikan ditinjau
dari aspek pertumbuhan biologis, perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor,
sosioemosional. Mendeskripsikan cara penyelenggaraan pendidikan pada setiap
tahapan perkembangan peserta didik. Perbedaan perkembangan peserta didik
analisis kasus-kasus perkembangan pada setiap tahapan perkembangan peserta
didik
Capaian pembelajaran pada mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa dapat Mengidentifikasi
Hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Karakteristik peserta didik
dan tugas perkembangan pada rentang kehidupan (masa pre-natal, masa bayi,
masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa awal, masa dewasa). Implikasi
pertumbuhan dan perkembangan terhadap penyelenggaraan pendidikan ditinjau
dari aspek pertumbuhan biologis, perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor,
sosioemosional. Mendeskripsikan cara penyelenggaraan pendidikan pada setiap
tahapan perkembangan peserta didik. Perbedaan perkembangan peserta didik
analisis kasus-kasus perkembangan pada setiap tahapan perkembangan peserta
didik
Elizabeth. B. Hurlock. 1980. Developmenal Psyhology. Mc.Graw-Hill.Inc.kHohn W.
Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texas at Dallas.
Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Details ...