Courser in English | Indonesian Text Books Review |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah prodier bagi
mahasiswa semester IV Prodi PBSI dengan bobot 2 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini
diawali dengan kajian: konsep dasar pengertian, jenis, dan fungsi buku teks; ruang lingkup dan
hubungan kurikulum dengan buku teks; hubungan antara asas-asas didaktik metodik dengan buku
teks; dasar-dasar penyusunan buku teks; teknik telaah buku teks dari berbagai segi; telaah Buku
Teks Bahasa Indonesia untuk SMP; telaah Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMA; dan telaah
Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMK; dan menyusun Buku Teks Bahasa Indonesia untuk
SMP; telaah Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMA ; dan telaah Buku Teks Bahasa Indonesia
untuk SMK.
CPMK 1: Menguraikan hakikat konsep dasar pengertian, jenis, dan fungsi buku teks
dengan menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan Bahasa
dan sastra Indonesia, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dengan
menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab serta menunjukkan kinerja
mandiri, bermutu, dan terukur (S9, KU1, KU2, P2, KK3).
CPMK 2: Menganalisis r uang lingkup dan hubungan kurikulum dengan buku teks dengan
menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan Bahasa dan
sastra Indonesia, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dengan
menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawa serta menunjukkan kinerja
mandiri, bermutu, dan terukur (S9, KU1, KU2, KU3, P2, KK3).
CPMK 3: Menganalisis hubungan antara asas-asas didaktik metodik dengan buku teks
dengan menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan
Bahasa dan sastra Indonesia, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif
dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawa serta menunjukkan
kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S9, KU1, KU2, KU3, P2, KK3).
CPMK 4: Menganalisis dasar-dasar penyusunan buku teks dan teknik telaah buku teks
dari berbagai segi dengan menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi
pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan
inovatif dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawa serta
menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S9, KU1, KU2,
KU3,KU5, P2, KK3).
CPMK 5: Menelaah Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMP sederajat berdasarkan
kelayakan materi, kebahasaan, dan penyajian dengan menguasai prinsip-
prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dengan menunjukkan kinerja yang
penuh tanggung jawa dan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, terukur,
menginternalisasi nilai, norma, etika akademik melalui pendekatan integratif
(S8, S9, S11, KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, P2, P3, P6, KK3, KK4).
CPMK 6: Menelaah buku teks SMA, dan atau SMK sederajat berdasarkan kelayakan
materi, kebahasaan, dan penyajian dengan menguasai prinsip-prinsip
pedagogi dan psikologi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pemikiran
logis, kritis, sistematis, inovatif dengan menunjukkan kinerja yang penuh
tanggung jawa serta menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik melalui pendekatan
integratif (S8, S9, S11, KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, P2, P3, P6, KK3, KK4).
References
1. Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta
2, Kemdikbud. 2016. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP, SMA, dan SMK. Jakarta.
3. Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku Teks untuk SMA. Semarang: IKIP Semarang Press
4. Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta: Depdikbud RI, UNS.
5. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung: Angkasa.
Details ...