Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia, Curriculum : 2014


Courser in EnglishIndonesian Text Books Review
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata   kuliah Telaah Buku Teks Bahasa   Indonesia   merupakan   mata   kuliah   prodier   bagi
mahasiswa semester IV Prodi PBSI dengan bobot 2 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah  ini
diawali dengan kajian: konsep dasar pengertian, jenis, dan fungsi buku teks; ruang lingkup dan
hubungan kurikulum dengan buku teks; hubungan antara asas-asas didaktik metodik dengan buku
teks; dasar-dasar penyusunan buku teks; teknik telaah buku teks dari berbagai segi; telaah Buku
Teks Bahasa Indonesia untuk SMP; telaah Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMA; dan telaah
Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMK; dan menyusun Buku Teks Bahasa Indonesia untuk
SMP; telaah Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMA ; dan telaah Buku Teks Bahasa Indonesia
untuk SMK.

Learning Outcomes

CPMK 1: Menguraikan hakikat konsep dasar pengertian, jenis,   dan fungsi buku teks
dengan menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan Bahasa
dan sastra Indonesia, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dengan
menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab serta  menunjukkan kinerja
mandiri, bermutu, dan terukur (S9, KU1, KU2, P2, KK3).

CPMK 2: Menganalisis r uang lingkup dan hubungan kurikulum dengan buku teks dengan
menguasai  prinsip-prinsip  pedagogi  dan  psikologi pendidikan Bahasa dan
sastra Indonesia, pemikiran logis, kritis, sistematis,    inovatif dengan
menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawa serta  menunjukkan kinerja
mandiri, bermutu, dan terukur  (S9, KU1, KU2, KU3, P2, KK3). 

CPMK 3: Menganalisis  hubungan antara asas-asas didaktik metodik dengan buku teks
dengan menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan
Bahasa dan sastra Indonesia, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif
dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawa serta  menunjukkan
kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S9, KU1, KU2, KU3, P2, KK3). 

CPMK 4: Menganalisis   dasar-dasar penyusunan buku teks dan teknik telaah buku teks
dari berbagai segi dengan menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi
pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan
inovatif dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawa serta
menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur      (S9, KU1, KU2,
KU3,KU5, P2, KK3). 

CPMK 5: Menelaah Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMP sederajat berdasarkan
kelayakan materi, kebahasaan, dan penyajian dengan menguasai prinsip-
prinsip  pedagogi dan  psikologi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dengan menunjukkan kinerja yang
penuh tanggung jawa dan  menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, terukur,
menginternalisasi nilai, norma, etika akademik melalui pendekatan integratif
(S8, S9, S11, KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, P2, P3, P6, KK3, KK4). 

CPMK 6: Menelaah buku teks SMA, dan atau SMK sederajat berdasarkan kelayakan
materi, kebahasaan, dan penyajian dengan menguasai prinsip-prinsip
pedagogi dan  psikologi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pemikiran
logis, kritis, sistematis, inovatif dengan menunjukkan kinerja yang penuh
tanggung jawa serta  menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik melalui pendekatan
integratif (S8, S9, S11, KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, P2, P3, P6, KK3, KK4). 

 

 

References

1. Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta

2, Kemdikbud. 2016. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP, SMA, dan SMK. Jakarta.

3.    Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku Teks untuk SMA. Semarang: IKIP Semarang Press
4.    Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta: Depdikbud RI, UNS.
5.    Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung: Angkasa. 


Details ...