Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 32 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...
Matakuliah ini memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasinila sesuai dengan kebijakan kurikulum di sekolah.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain
|
|
SIKAP: Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPILAM UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.
KETRAMPULAN KHUSUS: Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual; Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
PENGETAHUAN: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar; Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual; Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar; Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran; Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar; Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar; |
|
CP-MK
|
|
|
CPMK-1 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum K-13 )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-2 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-3 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum 2013)
CPMK-4 Memahami kebijakan Satuan pendidikan tempat terkait implementasi kurikulum (Kurikulum Merdeka )Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran jenjang SD
CPMK-5 Mengkaji kurikulum dan perangkat pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-6 Mengkaji Assesment pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
CPMK-7 Mengkaji strategi pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar
CPMK-8 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-9 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum 2013
CPMK-10 Menyiapkan perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-11 Project perangkat pembelajaran peer teaching Kurikulum Merdeka
CPMK-12 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-13 Praktik peer teaching (Kurikulum 2013)
CPMK-14 Praktik peer teaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK-15 Praktik peerteaching (Kurikulum Merdeka)
CPMK -16 Membuat Vidio praktik mengajar ( edit vidio peertaeching)
|
Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013
Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Details ...