Courser in English | CREATIVE ECONOMICS |
Program | Manajemen |
SKS | 3 SKS |
RPS | 37 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB UPI. Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari berbagai pengetahuan konsep dasar ekonomi kreatif, sejarah perkembangan ekonomi kreatif, konsep kreativitas dan inovasi, konsep kota kreatif, industry kreatif, dan daya saing ekonomi kreatif dan industri kreatif. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mendiskusikan pengembangan industry kreatif dan potensi kota kreatif yang memiliki kontribusi IPTEK dan pengembangan budaya. Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka/tatap maya dan tugas terstruktur yang berorientasi student centre diharapkan mahasiswa memahami konsep dasar ekonomi kreatif. pengembangan kota kreatif dan menyusun rancangan bisnis kreatif. Penilaian proses yang dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil belajar dilaksanakan pada tengah semester dengan teknik tes tertulis dan akhir semester dengan menilai proposal usaha produk kreatif. Nilai akhir mata kuliah ini menggunakan Penilaian Acuan Patokan.
Learning OutcomesMampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Menguasai konsep teoritis kewirausahaan.
Mampu menerapkan konsep teoritis kewirausahaan dalam bidang pendidikan ekonomi.
References- Marie Elka Pangestu. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Menuju 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- Marie Elka Pangestu. 2014. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- R.A. Purnomo. 2013. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Inodonesia. Nulisbuku.com.
- Suryana. 2012. Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat
- . Tayyiba, dkk. 2013. Buku Putih Kota Kreatif: Ekosistem yang Mencipta. Bandung: ICCN
Details ...
Mata kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB UPI. Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari berbagai pengetahuan konsep dasar ekonomi kreatif, sejarah perkembangan ekonomi kreatif, konsep kreativitas dan inovasi, konsep kota kreatif, industry kreatif, dan daya saing ekonomi kreatif dan industri kreatif. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mendiskusikan pengembangan industry kreatif dan potensi kota kreatif yang memiliki kontribusi IPTEK dan pengembangan budaya. Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka/tatap maya dan tugas terstruktur yang berorientasi student centre diharapkan mahasiswa memahami konsep dasar ekonomi kreatif. pengembangan kota kreatif dan menyusun rancangan bisnis kreatif. Penilaian proses yang dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil belajar dilaksanakan pada tengah semester dengan teknik tes tertulis dan akhir semester dengan menilai proposal usaha produk kreatif. Nilai akhir mata kuliah ini menggunakan Penilaian Acuan Patokan.
Learning OutcomesMampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Menguasai konsep teoritis kewirausahaan.
Mampu menerapkan konsep teoritis kewirausahaan dalam bidang pendidikan ekonomi.
References- Marie Elka Pangestu. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Menuju 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- Marie Elka Pangestu. 2014. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- R.A. Purnomo. 2013. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Inodonesia. Nulisbuku.com.
- Suryana. 2012. Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat
- . Tayyiba, dkk. 2013. Buku Putih Kota Kreatif: Ekosistem yang Mencipta. Bandung: ICCN
Details ...
Mata kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB UPI. Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari berbagai pengetahuan konsep dasar ekonomi kreatif, sejarah perkembangan ekonomi kreatif, konsep kreativitas dan inovasi, konsep kota kreatif, industry kreatif, dan daya saing ekonomi kreatif dan industri kreatif. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mendiskusikan pengembangan industry kreatif dan potensi kota kreatif yang memiliki kontribusi IPTEK dan pengembangan budaya. Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka/tatap maya dan tugas terstruktur yang berorientasi student centre diharapkan mahasiswa memahami konsep dasar ekonomi kreatif. pengembangan kota kreatif dan menyusun rancangan bisnis kreatif. Penilaian proses yang dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil belajar dilaksanakan pada tengah semester dengan teknik tes tertulis dan akhir semester dengan menilai proposal usaha produk kreatif. Nilai akhir mata kuliah ini menggunakan Penilaian Acuan Patokan.
Learning OutcomesMampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Menguasai konsep teoritis kewirausahaan.
Mampu menerapkan konsep teoritis kewirausahaan dalam bidang pendidikan ekonomi.
References- Marie Elka Pangestu. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Menuju 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- Marie Elka Pangestu. 2014. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- R.A. Purnomo. 2013. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Inodonesia. Nulisbuku.com.
- Suryana. 2012. Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat
- . Tayyiba, dkk. 2013. Buku Putih Kota Kreatif: Ekosistem yang Mencipta. Bandung: ICCN
Details ...
Mata kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB UPI. Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari berbagai pengetahuan konsep dasar ekonomi kreatif, sejarah perkembangan ekonomi kreatif, konsep kreativitas dan inovasi, konsep kota kreatif, industry kreatif, dan daya saing ekonomi kreatif dan industri kreatif. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mendiskusikan pengembangan industry kreatif dan potensi kota kreatif yang memiliki kontribusi IPTEK dan pengembangan budaya. Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka/tatap maya dan tugas terstruktur yang berorientasi student centre diharapkan mahasiswa memahami konsep dasar ekonomi kreatif. pengembangan kota kreatif dan menyusun rancangan bisnis kreatif. Penilaian proses yang dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil belajar dilaksanakan pada tengah semester dengan teknik tes tertulis dan akhir semester dengan menilai proposal usaha produk kreatif. Nilai akhir mata kuliah ini menggunakan Penilaian Acuan Patokan.
Learning OutcomesMampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Menguasai konsep teoritis kewirausahaan.
Mampu menerapkan konsep teoritis kewirausahaan dalam bidang pendidikan ekonomi.
References- Marie Elka Pangestu. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Menuju 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- Marie Elka Pangestu. 2014. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- R.A. Purnomo. 2013. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Inodonesia. Nulisbuku.com.
- Suryana. 2012. Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat
- . Tayyiba, dkk. 2013. Buku Putih Kota Kreatif: Ekosistem yang Mencipta. Bandung: ICCN
Details ...
Mata kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB UPI. Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari berbagai pengetahuan konsep dasar ekonomi kreatif, sejarah perkembangan ekonomi kreatif, konsep kreativitas dan inovasi, konsep kota kreatif, industry kreatif, dan daya saing ekonomi kreatif dan industri kreatif. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mendiskusikan pengembangan industry kreatif dan potensi kota kreatif yang memiliki kontribusi IPTEK dan pengembangan budaya. Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka/tatap maya dan tugas terstruktur yang berorientasi student centre diharapkan mahasiswa memahami konsep dasar ekonomi kreatif. pengembangan kota kreatif dan menyusun rancangan bisnis kreatif. Penilaian proses yang dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil belajar dilaksanakan pada tengah semester dengan teknik tes tertulis dan akhir semester dengan menilai proposal usaha produk kreatif. Nilai akhir mata kuliah ini menggunakan Penilaian Acuan Patokan.
Learning OutcomesMampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Menguasai konsep teoritis kewirausahaan.
Mampu menerapkan konsep teoritis kewirausahaan dalam bidang pendidikan ekonomi.
References- Marie Elka Pangestu. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Menuju 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- Marie Elka Pangestu. 2014. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- R.A. Purnomo. 2013. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Inodonesia. Nulisbuku.com.
- Suryana. 2012. Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat
- . Tayyiba, dkk. 2013. Buku Putih Kota Kreatif: Ekosistem yang Mencipta. Bandung: ICCN
Details ...
Mata kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB UPI. Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari berbagai pengetahuan konsep dasar ekonomi kreatif, sejarah perkembangan ekonomi kreatif, konsep kreativitas dan inovasi, konsep kota kreatif, industry kreatif, dan daya saing ekonomi kreatif dan industri kreatif. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mendiskusikan pengembangan industry kreatif dan potensi kota kreatif yang memiliki kontribusi IPTEK dan pengembangan budaya. Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka/tatap maya dan tugas terstruktur yang berorientasi student centre diharapkan mahasiswa memahami konsep dasar ekonomi kreatif. pengembangan kota kreatif dan menyusun rancangan bisnis kreatif. Penilaian proses yang dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil belajar dilaksanakan pada tengah semester dengan teknik tes tertulis dan akhir semester dengan menilai proposal usaha produk kreatif. Nilai akhir mata kuliah ini menggunakan Penilaian Acuan Patokan.
Learning OutcomesMampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Menguasai konsep teoritis kewirausahaan.
Mampu menerapkan konsep teoritis kewirausahaan dalam bidang pendidikan ekonomi.
References- Marie Elka Pangestu. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Menuju 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- Marie Elka Pangestu. 2014. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- R.A. Purnomo. 2013. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Inodonesia. Nulisbuku.com.
- Suryana. 2012. Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat
- . Tayyiba, dkk. 2013. Buku Putih Kota Kreatif: Ekosistem yang Mencipta. Bandung: ICCN
Details ...
Mata kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB UPI. Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari berbagai pengetahuan konsep dasar ekonomi kreatif, sejarah perkembangan ekonomi kreatif, konsep kreativitas dan inovasi, konsep kota kreatif, industry kreatif, dan daya saing ekonomi kreatif dan industri kreatif. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mendiskusikan pengembangan industry kreatif dan potensi kota kreatif yang memiliki kontribusi IPTEK dan pengembangan budaya. Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka/tatap maya dan tugas terstruktur yang berorientasi student centre diharapkan mahasiswa memahami konsep dasar ekonomi kreatif. pengembangan kota kreatif dan menyusun rancangan bisnis kreatif. Penilaian proses yang dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil belajar dilaksanakan pada tengah semester dengan teknik tes tertulis dan akhir semester dengan menilai proposal usaha produk kreatif. Nilai akhir mata kuliah ini menggunakan Penilaian Acuan Patokan.
Learning OutcomesMampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Menguasai konsep teoritis kewirausahaan.
Mampu menerapkan konsep teoritis kewirausahaan dalam bidang pendidikan ekonomi.
References- Marie Elka Pangestu. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Menuju 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- Marie Elka Pangestu. 2014. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- R.A. Purnomo. 2013. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Inodonesia. Nulisbuku.com.
- Suryana. 2012. Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat
- . Tayyiba, dkk. 2013. Buku Putih Kota Kreatif: Ekosistem yang Mencipta. Bandung: ICCN
Details ...
Mata kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB UPI. Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari berbagai pengetahuan konsep dasar ekonomi kreatif, sejarah perkembangan ekonomi kreatif, konsep kreativitas dan inovasi, konsep kota kreatif, industry kreatif, dan daya saing ekonomi kreatif dan industri kreatif. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mendiskusikan pengembangan industry kreatif dan potensi kota kreatif yang memiliki kontribusi IPTEK dan pengembangan budaya. Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka/tatap maya dan tugas terstruktur yang berorientasi student centre diharapkan mahasiswa memahami konsep dasar ekonomi kreatif. pengembangan kota kreatif dan menyusun rancangan bisnis kreatif. Penilaian proses yang dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil belajar dilaksanakan pada tengah semester dengan teknik tes tertulis dan akhir semester dengan menilai proposal usaha produk kreatif. Nilai akhir mata kuliah ini menggunakan Penilaian Acuan Patokan.
Learning OutcomesMampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Menguasai konsep teoritis kewirausahaan.
Mampu menerapkan konsep teoritis kewirausahaan dalam bidang pendidikan ekonomi.
References- Marie Elka Pangestu. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Menuju 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- Marie Elka Pangestu. 2014. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
- R.A. Purnomo. 2013. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Inodonesia. Nulisbuku.com.
- Suryana. 2012. Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat
- . Tayyiba, dkk. 2013. Buku Putih Kota Kreatif: Ekosistem yang Mencipta. Bandung: ICCN
Details ...