Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pendidikan Inklusi membahas secara mendalamtentang pengertian dan pelaksanaan pendidikan inklusi.
Isi pokok mata kuliah ini meliputi:
(1) Pengertian dan konsep dasar Pendidikan Inklusi,
(2) Perkembangan dan cara belajar ABK,
(3) Perencanaan dan pengelolaan pendidikan inklusi,
(4) Evaluasi pendidikan inklusi,
(5) Etika guru dan pemberdayaan orangtua di PAUD inklusi.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Pendidikan Inklusi, mahasiswa mampu:
Memahami konsep dasar pendidikan inklusi, penanganan ABK, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi Pendidikan Inklusi.
ReferencesKustawan, D. 2016. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.
Smith,JD. 2019. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa Cendekia.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Inklusi membahas secara mendalamtentang pengertian dan pelaksanaan pendidikan inklusi.
Isi pokok mata kuliah ini meliputi:
(1) Pengertian dan konsep dasar Pendidikan Inklusi,
(2) Perkembangan dan cara belajar ABK,
(3) Perencanaan dan pengelolaan pendidikan inklusi,
(4) Evaluasi pendidikan inklusi,
(5) Etika guru dan pemberdayaan orangtua di PAUD inklusi.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Pendidikan Inklusi, mahasiswa mampu:
Memahami konsep dasar pendidikan inklusi, penanganan ABK, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi Pendidikan Inklusi.
ReferencesKustawan, D. 2016. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.
Smith,JD. 2019. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa Cendekia.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian,
penyelenggaraan, kurikulum, kegiatan pembelajaran, tenaga pendidik, prinsip-prinsip
pembelajaran, managemen sekolah, saran dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan,
mekanisme, pembinaan dan monitoring, pelaporan, penghargaan dan sanksi, pendidikan
inklusif di Indonesia.
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep,
penyelenggaraan, landasan dan pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special Needs. New York : Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Meta Analysis Evidence For non inclusive Educational Practices. Desertasi. Temple University.
- Fish,J.(1985).Educational Opertunities For All.London : Inner London Education authority
- Mulyono,Abdurahman.(2003).Landasan Pendidikan dan Implikasi dalam Penyelenggaraan PTK.
- Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
- UNESCO.(1994).The Salamanca Statemen And Framework For Action on Special Needs Education. Paris : Author.
Details ...