Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5) CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7) CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8) |
|||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8) CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9) |
|||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2) CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata cara dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3) |
|||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3) CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)
|
|||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
- Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
- Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
- Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
- Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
- Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.
Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.
Details ...
Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5) CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7) CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8) |
|||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8) CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9) |
|||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2) CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata cara dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3) |
|||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3) CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)
|
|||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
- Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
- Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
- Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
- Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
- Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.
Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.
Details ...
Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5) CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7) CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8) |
|||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8) CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9) |
|||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2) CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata cara dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3) |
|||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3) CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)
|
|||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
- Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
- Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
- Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
- Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
- Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.
Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.
Details ...
Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5) CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7) CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8) |
|||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8) CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9) |
|||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2) CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata cara dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3) |
|||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3) CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)
|
|||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
- Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
- Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
- Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
- Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
- Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.
Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.
Details ...
Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5) CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7) CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8) |
|||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8) CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9) |
|||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2) CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata cara dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3) |
|||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3) CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)
|
|||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
- Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
- Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
- Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
- Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
- Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.
Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.
Details ...
Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5) CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7) CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8) |
|||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8) CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9) |
|||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2) CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata cara dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3) |
|||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3) CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)
|
|||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
- Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
- Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
- Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
- Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
- Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.
Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.
Details ...
Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5) CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7) CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8) |
|||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8) CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9) |
|||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2) CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata cara dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3) |
|||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3) CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)
|
|||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
- Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
- Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
- Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
- Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
- Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.
Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.
Details ...
Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5) CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7) CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8) |
|||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8) CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9) |
|||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2) CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata cara dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3) |
|||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3) CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)
|
|||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
- Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
- Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
- Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
- Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
- Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
- Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.
Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.
Details ...