Kepewaraan, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5)

CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7)

CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8)

Pengetahuan (P)

CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8)

CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9)

Ketrampilan Umum (KU)

CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2)

CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata    cara   dalam    rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3)

Ketrampilan Khusus (KK)

CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3)

CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik kepewaraan dan perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi dan membuat koneksi interdisiplin serta menggambarkan secara sistematis, memberikan informasi secara konkret kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dengan moral, etika, dan kepribadian yang baik (S3; P8; KK9)

CPMK 2

Mampu menerapkan pengetahuan kepewaraan untuk memecahkan masalah dengan kerangka berpikirnya menggunakan berbagai metode dan teknologi yang tepat, memfasilitasi serta memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan kompetensi dan pengetahuan kepewaraan (S7; S8; KU3; P9)

CPMK 3

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan gagasan, membuat desain, dan memerankan diri sebagai pembawa acara  secara mandiri dan kreatif mengidentifikasi dan merumuskan masalah secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik serta mengomunikasikan dan memubli-kasikan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui praktik kepewaraan (S5; KU2; KK3)

 

References

  1. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
  2. Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
  3. Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
  4. Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  5. ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  6. Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
  7. Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
  8. Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.

Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5)

CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7)

CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8)

Pengetahuan (P)

CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8)

CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9)

Ketrampilan Umum (KU)

CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2)

CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata    cara   dalam    rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3)

Ketrampilan Khusus (KK)

CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3)

CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik kepewaraan dan perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi dan membuat koneksi interdisiplin serta menggambarkan secara sistematis, memberikan informasi secara konkret kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dengan moral, etika, dan kepribadian yang baik (S3; P8; KK9)

CPMK 2

Mampu menerapkan pengetahuan kepewaraan untuk memecahkan masalah dengan kerangka berpikirnya menggunakan berbagai metode dan teknologi yang tepat, memfasilitasi serta memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan kompetensi dan pengetahuan kepewaraan (S7; S8; KU3; P9)

CPMK 3

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan gagasan, membuat desain, dan memerankan diri sebagai pembawa acara  secara mandiri dan kreatif mengidentifikasi dan merumuskan masalah secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik serta mengomunikasikan dan memubli-kasikan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui praktik kepewaraan (S5; KU2; KK3)

 

References

  1. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
  2. Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
  3. Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
  4. Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  5. ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  6. Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
  7. Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
  8. Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.

Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5)

CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7)

CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8)

Pengetahuan (P)

CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8)

CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9)

Ketrampilan Umum (KU)

CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2)

CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata    cara   dalam    rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3)

Ketrampilan Khusus (KK)

CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3)

CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik kepewaraan dan perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi dan membuat koneksi interdisiplin serta menggambarkan secara sistematis, memberikan informasi secara konkret kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dengan moral, etika, dan kepribadian yang baik (S3; P8; KK9)

CPMK 2

Mampu menerapkan pengetahuan kepewaraan untuk memecahkan masalah dengan kerangka berpikirnya menggunakan berbagai metode dan teknologi yang tepat, memfasilitasi serta memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan kompetensi dan pengetahuan kepewaraan (S7; S8; KU3; P9)

CPMK 3

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan gagasan, membuat desain, dan memerankan diri sebagai pembawa acara  secara mandiri dan kreatif mengidentifikasi dan merumuskan masalah secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik serta mengomunikasikan dan memubli-kasikan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui praktik kepewaraan (S5; KU2; KK3)

 

References

  1. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
  2. Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
  3. Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
  4. Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  5. ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  6. Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
  7. Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
  8. Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.

Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5)

CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7)

CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8)

Pengetahuan (P)

CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8)

CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9)

Ketrampilan Umum (KU)

CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2)

CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata    cara   dalam    rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3)

Ketrampilan Khusus (KK)

CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3)

CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik kepewaraan dan perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi dan membuat koneksi interdisiplin serta menggambarkan secara sistematis, memberikan informasi secara konkret kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dengan moral, etika, dan kepribadian yang baik (S3; P8; KK9)

CPMK 2

Mampu menerapkan pengetahuan kepewaraan untuk memecahkan masalah dengan kerangka berpikirnya menggunakan berbagai metode dan teknologi yang tepat, memfasilitasi serta memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan kompetensi dan pengetahuan kepewaraan (S7; S8; KU3; P9)

CPMK 3

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan gagasan, membuat desain, dan memerankan diri sebagai pembawa acara  secara mandiri dan kreatif mengidentifikasi dan merumuskan masalah secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik serta mengomunikasikan dan memubli-kasikan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui praktik kepewaraan (S5; KU2; KK3)

 

References

  1. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
  2. Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
  3. Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
  4. Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  5. ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  6. Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
  7. Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
  8. Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.

Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5)

CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7)

CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8)

Pengetahuan (P)

CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8)

CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9)

Ketrampilan Umum (KU)

CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2)

CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata    cara   dalam    rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3)

Ketrampilan Khusus (KK)

CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3)

CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik kepewaraan dan perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi dan membuat koneksi interdisiplin serta menggambarkan secara sistematis, memberikan informasi secara konkret kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dengan moral, etika, dan kepribadian yang baik (S3; P8; KK9)

CPMK 2

Mampu menerapkan pengetahuan kepewaraan untuk memecahkan masalah dengan kerangka berpikirnya menggunakan berbagai metode dan teknologi yang tepat, memfasilitasi serta memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan kompetensi dan pengetahuan kepewaraan (S7; S8; KU3; P9)

CPMK 3

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan gagasan, membuat desain, dan memerankan diri sebagai pembawa acara  secara mandiri dan kreatif mengidentifikasi dan merumuskan masalah secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik serta mengomunikasikan dan memubli-kasikan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui praktik kepewaraan (S5; KU2; KK3)

 

References

  1. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
  2. Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
  3. Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
  4. Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  5. ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  6. Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
  7. Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
  8. Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.

Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5)

CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7)

CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8)

Pengetahuan (P)

CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8)

CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9)

Ketrampilan Umum (KU)

CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2)

CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata    cara   dalam    rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3)

Ketrampilan Khusus (KK)

CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3)

CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik kepewaraan dan perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi dan membuat koneksi interdisiplin serta menggambarkan secara sistematis, memberikan informasi secara konkret kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dengan moral, etika, dan kepribadian yang baik (S3; P8; KK9)

CPMK 2

Mampu menerapkan pengetahuan kepewaraan untuk memecahkan masalah dengan kerangka berpikirnya menggunakan berbagai metode dan teknologi yang tepat, memfasilitasi serta memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan kompetensi dan pengetahuan kepewaraan (S7; S8; KU3; P9)

CPMK 3

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan gagasan, membuat desain, dan memerankan diri sebagai pembawa acara  secara mandiri dan kreatif mengidentifikasi dan merumuskan masalah secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik serta mengomunikasikan dan memubli-kasikan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui praktik kepewaraan (S5; KU2; KK3)

 

References

  1. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
  2. Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
  3. Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
  4. Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  5. ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  6. Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
  7. Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
  8. Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.

Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5)

CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7)

CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8)

Pengetahuan (P)

CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8)

CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9)

Ketrampilan Umum (KU)

CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2)

CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata    cara   dalam    rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3)

Ketrampilan Khusus (KK)

CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3)

CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik kepewaraan dan perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi dan membuat koneksi interdisiplin serta menggambarkan secara sistematis, memberikan informasi secara konkret kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dengan moral, etika, dan kepribadian yang baik (S3; P8; KK9)

CPMK 2

Mampu menerapkan pengetahuan kepewaraan untuk memecahkan masalah dengan kerangka berpikirnya menggunakan berbagai metode dan teknologi yang tepat, memfasilitasi serta memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan kompetensi dan pengetahuan kepewaraan (S7; S8; KU3; P9)

CPMK 3

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan gagasan, membuat desain, dan memerankan diri sebagai pembawa acara  secara mandiri dan kreatif mengidentifikasi dan merumuskan masalah secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik serta mengomunikasikan dan memubli-kasikan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui praktik kepewaraan (S5; KU2; KK3)

 

References

  1. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
  2. Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
  3. Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
  4. Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  5. ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  6. Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
  7. Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
  8. Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.

Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Kepewaraan merupakan matakuliah Program Studi dan bersifat wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi PGSD dengan bonot 2 sks. Matakuliah ini mengkaji hakikat, tujuan, dan jenis-jenis keterampilan berbicara; keterampilan berbicara sebagai profesi; hakikat kepewaraan; modalitas kepewaraan; macam-macam kegiatan kepewaraan; penyusunan rancangan mewara; dan praktik kepewaraan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

CPL-1 Mampu menunjukkan sikap yang menggambarkan peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

CPL-2 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain berbasis kearifan lokal. (S5)

CPL-3 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepewaraan secara mandiri. (S7)

CPL-4 Mampu menunjukkan sikap yang menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan melalui profesi pewara. (S8)

Pengetahuan (P)

CPL-7 Mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal untuk pengembangan profesi kepewaraan. (P8)

CPL-8 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (P9)

Ketrampilan Umum (KU)

CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang kepewaraan. (KU2)

CPL-6 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kaidah dan tata    cara   dalam    rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain kepewaraan. (KU3)

Ketrampilan Khusus (KK)

CPL-9 Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan kepewaraan. (KK3)

CPL-10 Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang kepewaraan. (KK 9)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik kepewaraan dan perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi dan membuat koneksi interdisiplin serta menggambarkan secara sistematis, memberikan informasi secara konkret kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dengan moral, etika, dan kepribadian yang baik (S3; P8; KK9)

CPMK 2

Mampu menerapkan pengetahuan kepewaraan untuk memecahkan masalah dengan kerangka berpikirnya menggunakan berbagai metode dan teknologi yang tepat, memfasilitasi serta memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan kompetensi dan pengetahuan kepewaraan (S7; S8; KU3; P9)

CPMK 3

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan gagasan, membuat desain, dan memerankan diri sebagai pembawa acara  secara mandiri dan kreatif mengidentifikasi dan merumuskan masalah secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik serta mengomunikasikan dan memubli-kasikan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui praktik kepewaraan (S5; KU2; KK3)

 

References

  1. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu, Manten, Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: Mahata.
  2. Suyitno dan Ngatmini. 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
  3. Mazuki, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana.
  4. Jazeri, Mohamad. 2019. Mencintai Bahasa Melestarikan Buday; Pemertahanan Bahasa Jawa di Kampus. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  5. ……. . 2020. Makna Tata Simbol dalam Upacara Pengantin Jawa. Tulungagung: Akademia Pustaka.
  6. Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
  7. Tim Penatar. 2023. Diktat Penataran Dwija Permadani. Semarang: Dewan Pengurus Pusat Permadani.
  8. Renggodipoero. 1996. Kawruh Pambiwara. Surakarta: Sanggar Pasinaon Pambiwara Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat.

Suharjendra, E. 2004. Tata Adi Wicara. Yogyakarta: Lembaga Javanologi Yayasan Panunggalan Ngayogyakarta.


Details ...