Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD
Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil
Tembang Dolanan
Tembang Macapat
Dongeng dan geguritan anak-anak
Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan
Aksara Jawa
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|||||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)
|
||||||||||||
Pengetahuan (P) |
CPL-4 Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)
CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar(P4)
CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)
|
||||||||||||
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1) |
||||||||||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)
CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar(KK7)
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:
|
1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius
2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.
3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.
4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.
5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.
Details ...