Pendidikan Bahasa Daerah , Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS11 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini bertujuan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah dasar dan dapat dijadikan dasar oleh mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasinya pendidikan Bahasa Daerah di sekolah dasar.

 

Materi Pembelajaran:

Pengantar Dasar hukum pembelajaran bahasa Jawa di SD

Nama-nama benda dalam ragam ngoko, krama, dan krama inggil

Tembang Dolanan

Tembang Macapat

Dongeng dan geguritan anak-anak

Cerita wayang Pandawa, Kurawa, dan Panakawan

Aksara Jawa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

 Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara Mandiri (S7)

 

Pengetahuan (P)

CPL-4  Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH,   Bahasa Indonesia, IPS, PKn, SBdP dan PJOK (P3)

 

CPL-5 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di  sekolah dasar(P4)

 

CPL-6 Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar(P5)

 

Ketrampilan Umum (KU)

 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang  keahlian (Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia dan PKn) (KU 1)

Ketrampilan Khusus (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Matematika, BAHASA DAERAH, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran(KK3)

 

CPL-8 Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif  melalui  perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar (KK4)

 

 Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah  dasar(KK7)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1

Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembeljaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran,    bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan  teknik penilaian hasil belajar  di   sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara inovatif dan mandiri (S3. S7, P5,P4)

CPMK 2

 Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7).

CPMK 3

Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif  melalui  pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,

 

 

 

 

 

References

1. Harjawiyana, Haryana dan Supriya. 2009. Kamus Unggah-ungguh Basa Jawa. Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius

2. Padmosoekotjo, S. 2012. Paramasastra Djawa. Edisi Repro. Yogyakarta: Gava Media.

3. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolter’s Uitgevers Maatschappij N.V.

4. Prayitno, Suka dan Suyitno. 2020. TRIMA: Metu-Manten_Mati Gegaran Jangkep Tatacara, Upacara, tuwin Tuladha Mambiwara. Yogyakarta: CV Mahata.

5. Hartono, Sri. Dkk. 2012. Cerita Rakyat Basa Jawi. Yogyakarta: Familia.


Details ...