Courser in English | MUSIC EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 51 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
mata kuliah ini mempelajari tentang seni musik dasar yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di tingkat sekolah dasar (SD)
Learning Outcomessetelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menggunakan media seni musik sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah dasar (SD)
References1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen |
2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan |
3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi |
4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta. |
5. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI. |
6. Supanggah, Rahayu. 2007. Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press. |
7. Widodo. 2008. Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press. |
Details ...
Dosen : 1. Purwadi S.Pd., M.Pd. , 2. Ari Widyaningrum S.Pd., M.Pd
mata kuliah ini mempelajari tentang seni musik dasar yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di tingkat sekolah dasar (SD)
Learning Outcomessetelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menggunakan media seni musik sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah dasar (SD)
References1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen |
2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan |
3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi |
4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta. |
5. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI. |
6. Supanggah, Rahayu. 2007. Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press. |
7. Widodo. 2008. Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press. |
Details ...
Dosen : 1. Purwadi S.Pd., M.Pd. , 2. Ari Widyaningrum S.Pd., M.Pd
mata kuliah ini mempelajari tentang seni musik dasar yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di tingkat sekolah dasar (SD)
Learning Outcomessetelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menggunakan media seni musik sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah dasar (SD)
References1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen |
2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan |
3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi |
4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta. |
5. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI. |
6. Supanggah, Rahayu. 2007. Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press. |
7. Widodo. 2008. Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press. |
Details ...
mata kuliah ini mempelajari tentang seni musik dasar yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di tingkat sekolah dasar (SD)
Learning Outcomessetelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menggunakan media seni musik sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah dasar (SD)
References1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen |
2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan |
3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi |
4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta. |
5. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI. |
6. Supanggah, Rahayu. 2007. Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press. |
7. Widodo. 2008. Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press. |
Details ...
mata kuliah ini mempelajari tentang seni musik dasar yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di tingkat sekolah dasar (SD)
Learning Outcomessetelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menggunakan media seni musik sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah dasar (SD)
References1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen |
2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan |
3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi |
4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta. |
5. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI. |
6. Supanggah, Rahayu. 2007. Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press. |
7. Widodo. 2008. Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press. |
Details ...
mata kuliah ini mempelajari tentang seni musik dasar yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di tingkat sekolah dasar (SD)
Learning Outcomessetelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menggunakan media seni musik sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah dasar (SD)
References1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen |
2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan |
3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi |
4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta. |
5. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI. |
6. Supanggah, Rahayu. 2007. Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press. |
7. Widodo. 2008. Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press. |
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di
Sekolah Dasar
ReferencesBanoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.
Gestwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice Curriculum and Development in Early Education. Third edition. Delmar US. Hurlock, Elizabeth B.1978.
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Paul,Suparno. 2000. TeoriPerkembanganKognitif Jean Piaget. Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Pradoko, Susilo. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung: STISI Press.
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di
Sekolah Dasar
ReferencesBanoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.
Gestwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice Curriculum and Development in Early Education. Third edition. Delmar US. Hurlock, Elizabeth B.1978.
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Paul,Suparno. 2000. TeoriPerkembanganKognitif Jean Piaget. Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Pradoko, Susilo. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung: STISI Press.
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di
Sekolah Dasar
ReferencesBanoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.
Gestwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice Curriculum and Development in Early Education. Third edition. Delmar US. Hurlock, Elizabeth B.1978.
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Paul,Suparno. 2000. TeoriPerkembanganKognitif Jean Piaget. Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Pradoko, Susilo. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung: STISI Press.
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di
Sekolah Dasar
ReferencesBanoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.
Gestwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice Curriculum and Development in Early Education. Third edition. Delmar US. Hurlock, Elizabeth B.1978.
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Paul,Suparno. 2000. TeoriPerkembanganKognitif Jean Piaget. Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Pradoko, Susilo. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung: STISI Press.
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di
Sekolah Dasar
ReferencesBanoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.
Gestwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice Curriculum and Development in Early Education. Third edition. Delmar US. Hurlock, Elizabeth B.1978.
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Paul,Suparno. 2000. TeoriPerkembanganKognitif Jean Piaget. Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Pradoko, Susilo. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung: STISI Press.
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di
Sekolah Dasar
ReferencesBanoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.
Gestwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice Curriculum and Development in Early Education. Third edition. Delmar US. Hurlock, Elizabeth B.1978.
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Paul,Suparno. 2000. TeoriPerkembanganKognitif Jean Piaget. Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Pradoko, Susilo. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung: STISI Press.
Details ...