Bimbingan dan Konseling AUD, Curriculum : 2010


Courser in EnglishGuidance & Counseling for Early Childhood
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matat Kuliah ini berisi tentang bagaimana mnjadi konselor yang baik pada Anak Usia Dini, dengan mempelajari Tujuan, Fungsi, Prinsip, ruang Lingkup, azas azas serta Konsep layanan Bimbingan Konseling pada Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mengerrti dan mampu melaksanakan proses Layanan Bimbingan dan Konseling pada Anak Usia Dini dengan baik dan benar

References

Erman Amti,1994,Dasar-DasarBimbingandanKonseling,DirjenDikti,DepartemenP&K,Jakarta

TimDosenPPBFIPIKIPYogyakarta,1991,BimbingandanKonselingdiSekolah,IKIPYogyakartaY

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1995,ProgramKegiatan Belajar TamanKanak-kanak,Pedoman Bimbingan,

         DepartemenP&K,Jakarta,

Ernawulan Syaodih,2003,Bimbingan diTaman Kanakkanak,Depdiknas Ditjen DiktiBagian Proyek Peningkatan Pendidikan

        TenagaKependidikan,Bandung


Details ...
Course Descriptions

Matat Kuliah ini berisi tentang bagaimana mnjadi konselor yang baik pada Anak Usia Dini, dengan mempelajari Tujuan, Fungsi, Prinsip, ruang Lingkup, azas azas serta Konsep layanan Bimbingan Konseling pada Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mengerrti dan mampu melaksanakan proses Layanan Bimbingan dan Konseling pada Anak Usia Dini dengan baik dan benar

References

Erman Amti,1994,Dasar-DasarBimbingandanKonseling,DirjenDikti,DepartemenP&K,Jakarta

TimDosenPPBFIPIKIPYogyakarta,1991,BimbingandanKonselingdiSekolah,IKIPYogyakartaY

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1995,ProgramKegiatan Belajar TamanKanak-kanak,Pedoman Bimbingan,

         DepartemenP&K,Jakarta,

Ernawulan Syaodih,2003,Bimbingan diTaman Kanakkanak,Depdiknas Ditjen DiktiBagian Proyek Peningkatan Pendidikan

        TenagaKependidikan,Bandung


Details ...
Course Descriptions

Matat Kuliah ini berisi tentang bagaimana mnjadi konselor yang baik pada Anak Usia Dini, dengan mempelajari Tujuan, Fungsi, Prinsip, ruang Lingkup, azas azas serta Konsep layanan Bimbingan Konseling pada Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mengerrti dan mampu melaksanakan proses Layanan Bimbingan dan Konseling pada Anak Usia Dini dengan baik dan benar

References

Erman Amti,1994,Dasar-DasarBimbingandanKonseling,DirjenDikti,DepartemenP&K,Jakarta

TimDosenPPBFIPIKIPYogyakarta,1991,BimbingandanKonselingdiSekolah,IKIPYogyakartaY

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1995,ProgramKegiatan Belajar TamanKanak-kanak,Pedoman Bimbingan,

         DepartemenP&K,Jakarta,

Ernawulan Syaodih,2003,Bimbingan diTaman Kanakkanak,Depdiknas Ditjen DiktiBagian Proyek Peningkatan Pendidikan

        TenagaKependidikan,Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Perkembangan Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori – Teori Konseling; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD; Perilaku Bermasalah AUD

Learning Outcomes

1)   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

2)   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

3)   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

4)   Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

5)   Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.

6)   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

References

a)    Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

b)   Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

c)    Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia

d)   Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

e)    Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Perkembangan Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori – Teori Konseling; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD; Perilaku Bermasalah AUD

Learning Outcomes

1)   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

2)   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

3)   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

4)   Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

5)   Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.

6)   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

References

a)    Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

b)   Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

c)    Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia

d)   Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

e)    Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo


Details ...