Courser in English | Guidance & Counseling for Early Childhood |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matat Kuliah ini berisi tentang bagaimana mnjadi konselor yang baik pada Anak Usia Dini, dengan mempelajari Tujuan, Fungsi, Prinsip, ruang Lingkup, azas azas serta Konsep layanan Bimbingan Konseling pada Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mengerrti dan mampu melaksanakan proses Layanan Bimbingan dan Konseling pada Anak Usia Dini dengan baik dan benar
ReferencesErman Amti,1994,Dasar-DasarBimbingandanKonseling,DirjenDikti,DepartemenP&K,Jakarta
TimDosenPPBFIPIKIPYogyakarta,1991,BimbingandanKonselingdiSekolah,IKIPYogyakartaY
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1995,ProgramKegiatan Belajar TamanKanak-kanak,Pedoman Bimbingan,
DepartemenP&K,Jakarta,
Ernawulan Syaodih,2003,Bimbingan diTaman Kanakkanak,Depdiknas Ditjen DiktiBagian Proyek Peningkatan Pendidikan
TenagaKependidikan,Bandung
Details ...
Matat Kuliah ini berisi tentang bagaimana mnjadi konselor yang baik pada Anak Usia Dini, dengan mempelajari Tujuan, Fungsi, Prinsip, ruang Lingkup, azas azas serta Konsep layanan Bimbingan Konseling pada Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mengerrti dan mampu melaksanakan proses Layanan Bimbingan dan Konseling pada Anak Usia Dini dengan baik dan benar
ReferencesErman Amti,1994,Dasar-DasarBimbingandanKonseling,DirjenDikti,DepartemenP&K,Jakarta
TimDosenPPBFIPIKIPYogyakarta,1991,BimbingandanKonselingdiSekolah,IKIPYogyakartaY
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1995,ProgramKegiatan Belajar TamanKanak-kanak,Pedoman Bimbingan,
DepartemenP&K,Jakarta,
Ernawulan Syaodih,2003,Bimbingan diTaman Kanakkanak,Depdiknas Ditjen DiktiBagian Proyek Peningkatan Pendidikan
TenagaKependidikan,Bandung
Details ...
Matat Kuliah ini berisi tentang bagaimana mnjadi konselor yang baik pada Anak Usia Dini, dengan mempelajari Tujuan, Fungsi, Prinsip, ruang Lingkup, azas azas serta Konsep layanan Bimbingan Konseling pada Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mengerrti dan mampu melaksanakan proses Layanan Bimbingan dan Konseling pada Anak Usia Dini dengan baik dan benar
ReferencesErman Amti,1994,Dasar-DasarBimbingandanKonseling,DirjenDikti,DepartemenP&K,Jakarta
TimDosenPPBFIPIKIPYogyakarta,1991,BimbingandanKonselingdiSekolah,IKIPYogyakartaY
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1995,ProgramKegiatan Belajar TamanKanak-kanak,Pedoman Bimbingan,
DepartemenP&K,Jakarta,
Ernawulan Syaodih,2003,Bimbingan diTaman Kanakkanak,Depdiknas Ditjen DiktiBagian Proyek Peningkatan Pendidikan
TenagaKependidikan,Bandung
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Perkembangan Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori – Teori Konseling; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD; Perilaku Bermasalah AUD
Learning Outcomes1) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
2) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
4) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
5) Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
6) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Referencesa) Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
b) Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
c) Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia
d) Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
e) Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Perkembangan Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori – Teori Konseling; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD; Perilaku Bermasalah AUD
Learning Outcomes1) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
2) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
4) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
5) Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
6) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Referencesa) Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
b) Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
c) Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia
d) Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
e) Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo
Details ...