Struktur Perkembangan Tumbuhan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSTRUCTURE OF PLANT DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Biologi
SKS4 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah  Struktur  dan  Perkembangan  Tumbuhan  mempelajari  teori  dan konsep  yang  terkait  dengan  struktur  dan  perkembangan  tumbuhan  baik  struktur  luar maupun  struktur  dalam  tumbuhan  Angiospermae.  Materi  struktur  dan  perkembangan tumbuhan meliputi Pendahuluan, sifat-sifat akar, sifat-si fat batang, tata letak daun pada batang,  bagian-bagian  daun,  susunan  dan  tata  letak  bunga  pada  batang,  buah; susunan  dan  bagian-bagian  buah,  biji;  susunan  dan  bagian-bagian  biji,  struktur  dalam Sel,  pembelahan  sel,  jaringan  muda  (meristem)  dan  jaringan  dewasa  pada  tumbuhan, jaringan  penyusun  batang,  jaringan  penyusun  akar,  jaringan  penyusun  daun,  anthera, mikrosporogenesis  dan  mikrogametogenesis,  ovarium,  ovulum,  megasporogenesis dan  megagametogenesis,  polinasi,  fertilisasi  dan  endosperm,  embriogenesis,  struktur embrio, buah dan biji. Matakuliah  ini  diberikan  pada  semester  2  (Genap)  dan  bersifat  wajib  bagi mahasiswa  Program Studi Pendidikan Biologi.  Mata  kuliah  ini  dengan  prasyarat  matakuliah  Biologi Dasar. Mata  kuliah  ini  juga  dilengkapi  dengan  praktikum  untuk  mendalami  teori  dan konsep  dan  bahan  kuliah  yang  dilaksanakan  baik  di kelas, lapangan  maupun  dalam laboratorium.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menerapkan prosedur penyelidikan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam bidang kajian struktur dan perkembangan tumbuhan untuk menemukan penjelasan ilmiah fenomena kehidupan sehari-sehari.

  2. Mahasiwa mampu menguasai pengetahuan untuk menjelaskan fenomena kehidupan pada sistem struktur dan perkembangan tumbuhan sesuai dengan fenomena kehidupan sehari-sehari.

  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memilih berbagai alternatif penjelasan ilmiah secara mandiri dan kelompok berdasarkan analisis informasi dan data struktur dan perkembangan tumbuhan.

  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan menyelesaikan masalah pada struktur dan perkembangan tumbuhan secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompoknya.

References

Dickison, W. C. (2000). Integrative plant anatomy. Academic Press.

Evert, R. F. (2006). Esau's plant anatomy: meristems, cells, and tissues of the plant body: their structure, function, and development. John Wiley & Sons.

Fahn, A. (1991). Anatomi tumbuhan. Gadjah Mada University Press.

Gembong, T. (2005). Morfologi Tumbuhan. Gadjah Mada University. Yogyakarta.

Hidayat, E. B. (1995). Anatomi tumbuhan berbiji. Penerbit ITB Bandung.

Mulyani, S. (2006). Anatomi tumbuhan. Kanisius. Yogyakarta325.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah  Struktur  dan  Perkembangan  Tumbuhan  mempelajari  teori  dan konsep  yang  terkait  dengan  struktur  dan  perkembangan  tumbuhan  baik  struktur  luar maupun  struktur  dalam  tumbuhan  Angiospermae.  Materi  struktur  dan  perkembangan tumbuhan meliputi Pendahuluan, sifat-sifat akar, sifat-si fat batang, tata letak daun pada batang,  bagian-bagian  daun,  susunan  dan  tata  letak  bunga  pada  batang,  buah; susunan  dan  bagian-bagian  buah,  biji;  susunan  dan  bagian-bagian  biji,  struktur  dalam Sel,  pembelahan  sel,  jaringan  muda  (meristem)  dan  jaringan  dewasa  pada  tumbuhan, jaringan  penyusun  batang,  jaringan  penyusun  akar,  jaringan  penyusun  daun,  anthera, mikrosporogenesis  dan  mikrogametogenesis,  ovarium,  ovulum,  megasporogenesis dan  megagametogenesis,  polinasi,  fertilisasi  dan  endosperm,  embriogenesis,  struktur embrio, buah dan biji. Matakuliah  ini  diberikan  pada  semester  2  (Genap)  dan  bersifat  wajib  bagi mahasiswa  Program Studi Pendidikan Biologi.  Mata  kuliah  ini  dengan  prasyarat  matakuliah  Biologi Dasar. Mata  kuliah  ini  juga  dilengkapi  dengan  praktikum  untuk  mendalami  teori  dan konsep  dan  bahan  kuliah  yang  dilaksanakan  baik  di kelas, lapangan  maupun  dalam laboratorium.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menerapkan prosedur penyelidikan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam bidang kajian struktur dan perkembangan tumbuhan untuk menemukan penjelasan ilmiah fenomena kehidupan sehari-sehari.

  2. Mahasiwa mampu menguasai pengetahuan untuk menjelaskan fenomena kehidupan pada sistem struktur dan perkembangan tumbuhan sesuai dengan fenomena kehidupan sehari-sehari.

  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memilih berbagai alternatif penjelasan ilmiah secara mandiri dan kelompok berdasarkan analisis informasi dan data struktur dan perkembangan tumbuhan.

  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan menyelesaikan masalah pada struktur dan perkembangan tumbuhan secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompoknya.

References

Dickison, W. C. (2000). Integrative plant anatomy. Academic Press.

Evert, R. F. (2006). Esau's plant anatomy: meristems, cells, and tissues of the plant body: their structure, function, and development. John Wiley & Sons.

Fahn, A. (1991). Anatomi tumbuhan. Gadjah Mada University Press.

Gembong, T. (2005). Morfologi Tumbuhan. Gadjah Mada University. Yogyakarta.

Hidayat, E. B. (1995). Anatomi tumbuhan berbiji. Penerbit ITB Bandung.

Mulyani, S. (2006). Anatomi tumbuhan. Kanisius. Yogyakarta325.


Details ...