Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE
ProgramTeknik Sipil - S1
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata kuliah yang diampu oleh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mahasiswa non-Prodi PBSI. Mata kuliah ini diberikan sebagai bekal awal pengetahuan mahasiswa tentang bahasa Indonesia, yang meliputi sejarah bahasa Indonesia, ragam bahasa, ejaan bahasa Indonesia, sampai dengan keterampilan berbahasa, khususnya menulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Umumnya, mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa di semester awal, sesuai dengan kebijakan masing-masing prodi.

Learning Outcomes

1. SIKAP: Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius

2. KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

3. KETERAMPILAN KHUSUS: Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

4. PENGUASAAN PENGETAHUAN: Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.

References

Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusataka.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Pusat Bahasa. 2017. Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Tim Yustisia.


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata kuliah yang diampu oleh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mahasiswa non-Prodi PBSI. Mata kuliah ini diberikan sebagai bekal awal pengetahuan mahasiswa tentang bahasa Indonesia, yang meliputi sejarah bahasa Indonesia, ragam bahasa, ejaan bahasa Indonesia, sampai dengan keterampilan berbahasa, khususnya menulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Umumnya, mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa di semester awal, sesuai dengan kebijakan masing-masing prodi.

Learning Outcomes

1. SIKAP: Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius

2. KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

3. KETERAMPILAN KHUSUS: Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

4. PENGUASAAN PENGETAHUAN: Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.

References

Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusataka.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Pusat Bahasa. 2017. Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Tim Yustisia.


 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.  

Learning Outcomes

  1. Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan  Bahasa Indonesia dalam masyarakat
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri 
  3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Menguasai konsep teori Bahasa Indonesia

 

References

Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.  

Learning Outcomes

  1. Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan  Bahasa Indonesia dalam masyarakat
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri 
  3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Menguasai konsep teori Bahasa Indonesia

 

References

Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka


Details ...