Teori Sosial Budaya, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSociocultural Theory
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: Ilmu pengetahuan dan teori sosial, Otoritas ilmu pengetahuan, agama dan ideologi, Masyarakat dan Kebudayaan, Kebudayaan dan perubahan masyarakat

Learning Outcomes

SIKAP: Bekerja sama dan memiliki   kepekaan  sosial serta kepedulian  terhadap masyarakat  dan lingkungan;

PENGETAHUAN: Menguasai konsep, prinsip dan pola pikir keilmuan yang mendukung Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;

KETERAMPILAN UMUM: Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu  melakukan  kajian ilmiah    terhadap  fenomena  dan  masalah tentang mutu, relevansi, dan akses  di bidang pendidikan dan ilmu kewarganegaraan, dan mempublikasikannya secara ilmiah;

References

  • Veeger, K.J, 1990, Realitas Sosial, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
  • Berger, Peter, L, dan Thomas Luckman, 1990, Tafsir Sosial Atas Kenyataan, Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta, LP3ES
  • Astrid S. Susanto, 1977, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Jakarta, Bina Cipta.
  • Van Peursen, C.A, 1994, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta, Kannisius


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: Ilmu pengetahuan dan teori sosial, Otoritas ilmu pengetahuan, agama dan ideologi, Masyarakat dan Kebudayaan, Kebudayaan dan perubahan masyarakat

Learning Outcomes

SIKAP: Bekerja sama dan memiliki   kepekaan  sosial serta kepedulian  terhadap masyarakat  dan lingkungan;

PENGETAHUAN: Menguasai konsep, prinsip dan pola pikir keilmuan yang mendukung Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;

KETERAMPILAN UMUM: Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu  melakukan  kajian ilmiah    terhadap  fenomena  dan  masalah tentang mutu, relevansi, dan akses  di bidang pendidikan dan ilmu kewarganegaraan, dan mempublikasikannya secara ilmiah;

References

  • Veeger, K.J, 1990, Realitas Sosial, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
  • Berger, Peter, L, dan Thomas Luckman, 1990, Tafsir Sosial Atas Kenyataan, Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta, LP3ES
  • Astrid S. Susanto, 1977, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Jakarta, Bina Cipta.
  • Van Peursen, C.A, 1994, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta, Kannisius


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan Mahasiswa akan dapat menganalisis hakekat, konsep dan teori-teori sosial budaya dalam memecahkan suatu masalah dalam masyarakat.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini berisi tentang: Ilmu pengetahuan dan teori sosial, Otoritas ilmu pengetahuan, agama dan ideologi, Masyarakat dan Kebudayaan, Kebudayaan dan perubahan masyarakat.

References

Berger, Peter, L, dan Thomas Luckman, 1990, Tafsir Sosial Atas Kenyataan, Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta, LP3ES Astrid S. Susanto, 1977, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Jakarta, Bina Cipta.

Veeger, K.J, 1990, Realitas Sosial, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama. Van Peursen, C.A, 1994, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta, Kannisius


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan Mahasiswa akan dapat menganalisis hakekat, konsep dan teori-teori sosial budaya dalam memecahkan suatu masalah dalam masyarakat.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini berisi tentang: Ilmu pengetahuan dan teori sosial, Otoritas ilmu pengetahuan, agama dan ideologi, Masyarakat dan Kebudayaan, Kebudayaan dan perubahan masyarakat.

References

Berger, Peter, L, dan Thomas Luckman, 1990, Tafsir Sosial Atas Kenyataan, Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta, LP3ES Astrid S. Susanto, 1977, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Jakarta, Bina Cipta.

Veeger, K.J, 1990, Realitas Sosial, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama. Van Peursen, C.A, 1994, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta, Kannisius


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: Ilmu pengetahuan dan teori sosial, Otoritas ilmu pengetahuan, agama dan ideologi, Masyarakat dan Kebudayaan, Kebudayaan dan perubahan masyarakat.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan Mahasiswa akan dapat menganalisis hakekat, konsep dan teori-teori sosial budaya dalam memecahkan suatu masalah dalam masyarakat.

References

  • Berger, Peter, L, dan Thomas Luckman, 1990, Tafsir Sosial Atas Kenyataan, Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta, LP3ES
  • Astrid S. Susanto, 1977, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Jakarta, Bina Cipta.
  • Veeger, K.J, 1990, Realitas Sosial, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
  • Van Peursen, C.A, 1994, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta, Kannisius


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan Mahasiswa akan dapat menganalisis hakekat, konsep dan teori-teori sosial budaya dalam memecahkan suatu masalah dalam masyarakat.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini berisi tentang: Ilmu pengetahuan dan teori sosial, Otoritas ilmu pengetahuan, agama dan ideologi, Masyarakat dan Kebudayaan, Kebudayaan dan perubahan masyarakat.

References

  • Berger, Peter, L, dan Thomas Luckman, 1990, Tafsir Sosial Atas Kenyataan, Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta, LP3ES
  • Astrid S. Susanto, 1977, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Jakarta, Bina Cipta.
  • Veeger, K.J, 1990, Realitas Sosial, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
  • Van Peursen, C.A, 1994, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta, Kannisius


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan Mahasiswa akan dapat menganalisis hakekat, konsep dan teori-teori sosial budaya dalam memecahkan suatu masalah dalam masyarakat.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini berisi tentang: Ilmu pengetahuan dan teori sosial, Otoritas ilmu pengetahuan, agama dan ideologi, Masyarakat dan Kebudayaan, Kebudayaan dan perubahan masyarakat.

References

  • Berger, Peter, L, dan Thomas Luckman, 1990, Tafsir Sosial Atas Kenyataan, Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta, LP3ES
  • Astrid S. Susanto, 1977, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Jakarta, Bina Cipta.
  • Veeger, K.J, 1990, Realitas Sosial, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
  • Van Peursen, C.A, 1994, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta, Kannisius


Details ...