Courser in English | Educational Supervision |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang: 1) konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, mencakup: pengertian/hakekat supervisi, perkembangan makna/hakekat supervisi, tujuan, sifat, prinsip, fungsi supervisi; 2) pendekatan dan model supervisi yang mencakup : karakteristik lingkungan sekolah (kultur sekolah,sekolah sebagai sistem sosial yang unik), ketrampilan dasar (basic skill), 3) pelaksana supervisi yang mencakup sumber otoritas supervisor, tugas dan peran supervisor, tugas pengawas, pengembangan karier pengawas; 4) prosedur dan teknik supervisi yang mencakup tahapan, model, dan teknik supervisi akademik terkait dengan prinsip, teknik, dan peranan supervisi menurut berbagai model yang ada bersumber dari literatur akademik dan peraturan perundang-undangan; 5) perencanaan supervisi yang mencakup pengertian, ruang lingkup, tujuan, prinsip, urutan langkah, frekuensi,kategori,fungsi; 6) pelaksanaan supervisi yang mencakup pengertian, tujuan, fungsi, ruang lingkup,langkah, prinsip, 7) tindaklanjut, monitoring dan evaluasi supervisi yang mencakup pengertian, tujuan, fungsi, ruang lingkup,langkah, prinsip; 8) sumber data/ informasi dan instrumen sebagai faktor penunjang supervisi yang mencakup pengertian, cakupan, fungsi, prinsip; 9) faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi yang mencakup pengertian, ruang lingkup, 10) masalah dan solusi dalam supervisi yang mencakup pengertian, tujuan, ruang lingkup; 11) supervisi klinis yang mencakup pengertia, tujuan, prinsip, teknik, urutan langkah; problematik dan solusinya; 12) supervisi manajerial dan problematiknya yang mencakup pengertian, tujuan, pendekatan, prinsip, urutan langkah, problematik dan solusinya
Learning OutcomesKeterampilan khusus
- Mampu merencanakan supervisi manajerial dan akademik dengan tepat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan dan pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah dalam semua satuan pendidikan jalur formal dan informal pada jenjang dikdasmen.
- Mampu melaksanakan supervisi manajerial dan akademik secara periodic, objektif dengan pendekatan, prosedur dan teknik yang tepat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan dan pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah dalam semua satuan pendidikan jalur formal dan informal pada jenjang dikdasmen.
- Mampu melaksanakan evaluasi kinerja kepala sekolah dan guru secara objektif, transparan, dan akuntabel untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan dan pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah dalam semua satuan pendidikan jalur formal dan informal pada jenjang dikdasmen.
- Mampu menindaklanjuti hasil evaluasi kinerja kepala sekolah dan guru dengan pembinaan yang konstruktif dan demokratis untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan dan pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah dalam semua satuan pendidikan jalur formal dan informal pada jenjang dikdasmen.
- Mampu mengembangkan supervisi yang lebih efektif melalui penelitian berdasarkan data dan informasi dalam pelaksanaan sisdiknas
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Muhtar dan Iskandar, 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta GP Press
Pidarta, Made. 2009,Supervisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta, Rineka Cipta
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
4.Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
ReferencesDaftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...