Implementasi Konseling Kelompok , Curriculum : 2015


Courser in EnglishGROUP COUNSELING IMPLEMENTATION
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS3 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah implementasi konseling kelompok ini membahas tentang penyusunan RPL berdasarkan hasil analisis pemutaran video pelayanan KKp, simulasi KKp dengan kelompok bebas,Simulasi dengan kelompok pendekatanrealita,rational-emotive dan behavioristicdan melaksanakan praktik selama perkuliahan serta melaporkanhasil praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penyusunan RPL KKP secara sistematis berbasis teknologi informasi dengan tetap menjunjung tinggi perbedaan individu yang unik. (S5, P2,KU1,KK6)

 

 

 

CPMK2

Mampu bekerjasama dengan pihak lain (mahasiswa, siswa, guru, dan dosen) dalam penyelenggaraan praktik KKp dengan tetap menerapkan prosedur pelayanan yang sesuai dengan asas dan norma yang berlaku. (S6,P4,KU6,KK4)

 

CPMK3

Terampil bekerjasama dengan pihak lain guna melaksanakan prakatik KKp dengan memperhatikan kaidah perubahan perilaku serta mengkomunikasikan hasil praktik dengan berbagai macam pihak yang terkait. (S5, P6,KU1,KK46)

 

CPMK4

Mampu melakukan praktik KKp dengan berbagai pendekatan ((psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integratif) disesuaikan dengan kondisi individu dan budaya lingkungan (S6, P1, KU6, KK13)

 

 

CPMK5

mampu melakukan evaluasi tentang pelaksanaan praktik KKp dengan berbagai pendekatan (psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integratif)yang telah dilakukan(S6.P1,KU8,KK13)

 

References

  1. Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press
  2. Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI
  4. Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi
  5. Nana Syaodih,S, (1978) Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok.
  6. Ben net, (1972), Group Guidance.
  7. David W. Johnson & Frank P Johnson, (1979), Joining Together.
  8. Corey, (1985), Group: Processes & Skills.
  9. Corey, (1985), Theory and Practice of Group Counseling.
  10. Gazda, G.M., (1984), Group Counseling: A Developmental Approach.
  11. Jacobs, Harvil & Masson, (1988), Group Counseling: Strategies and Skills.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi konseling kelompok ini membahas tentang penyusunan RPL berdasarkan hasil analisis pemutaran video pelayanan KKp, simulasi KKp dengan kelompok bebas,Simulasi dengan kelompok pendekatanrealita,rational-emotive dan behavioristicdan melaksanakan praktik selama perkuliahan serta melaporkanhasil praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penyusunan RPL KKP secara sistematis berbasis teknologi informasi dengan tetap menjunjung tinggi perbedaan individu yang unik. (S5, P2,KU1,KK6)

 

 

 

CPMK2

Mampu bekerjasama dengan pihak lain (mahasiswa, siswa, guru, dan dosen) dalam penyelenggaraan praktik KKp dengan tetap menerapkan prosedur pelayanan yang sesuai dengan asas dan norma yang berlaku. (S6,P4,KU6,KK4)

 

CPMK3

Terampil bekerjasama dengan pihak lain guna melaksanakan prakatik KKp dengan memperhatikan kaidah perubahan perilaku serta mengkomunikasikan hasil praktik dengan berbagai macam pihak yang terkait. (S5, P6,KU1,KK46)

 

CPMK4

Mampu melakukan praktik KKp dengan berbagai pendekatan ((psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integratif) disesuaikan dengan kondisi individu dan budaya lingkungan (S6, P1, KU6, KK13)

 

 

CPMK5

mampu melakukan evaluasi tentang pelaksanaan praktik KKp dengan berbagai pendekatan (psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integratif)yang telah dilakukan(S6.P1,KU8,KK13)

 

References

  1. Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press
  2. Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI
  4. Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi
  5. Nana Syaodih,S, (1978) Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok.
  6. Ben net, (1972), Group Guidance.
  7. David W. Johnson & Frank P Johnson, (1979), Joining Together.
  8. Corey, (1985), Group: Processes & Skills.
  9. Corey, (1985), Theory and Practice of Group Counseling.
  10. Gazda, G.M., (1984), Group Counseling: A Developmental Approach.
  11. Jacobs, Harvil & Masson, (1988), Group Counseling: Strategies and Skills.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi konseling kelompok ini membahas tentang penyusunan RPL berdasarkan hasil analisis pemutaran video pelayanan KKp, simulasi KKp dengan kelompok bebas,Simulasi dengan kelompok pendekatanrealita,rational-emotive dan behavioristicdan melaksanakan praktik selama perkuliahan serta melaporkanhasil praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penyusunan RPL KKP secara sistematis berbasis teknologi informasi dengan tetap menjunjung tinggi perbedaan individu yang unik. (S5, P2,KU1,KK6)

 

 

 

CPMK2

Mampu bekerjasama dengan pihak lain (mahasiswa, siswa, guru, dan dosen) dalam penyelenggaraan praktik KKp dengan tetap menerapkan prosedur pelayanan yang sesuai dengan asas dan norma yang berlaku. (S6,P4,KU6,KK4)

 

CPMK3

Terampil bekerjasama dengan pihak lain guna melaksanakan prakatik KKp dengan memperhatikan kaidah perubahan perilaku serta mengkomunikasikan hasil praktik dengan berbagai macam pihak yang terkait. (S5, P6,KU1,KK46)

 

CPMK4

Mampu melakukan praktik KKp dengan berbagai pendekatan ((psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integratif) disesuaikan dengan kondisi individu dan budaya lingkungan (S6, P1, KU6, KK13)

 

 

CPMK5

mampu melakukan evaluasi tentang pelaksanaan praktik KKp dengan berbagai pendekatan (psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integratif)yang telah dilakukan(S6.P1,KU8,KK13)

 

References

  1. Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press
  2. Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI
  4. Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi
  5. Nana Syaodih,S, (1978) Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok.
  6. Ben net, (1972), Group Guidance.
  7. David W. Johnson & Frank P Johnson, (1979), Joining Together.
  8. Corey, (1985), Group: Processes & Skills.
  9. Corey, (1985), Theory and Practice of Group Counseling.
  10. Gazda, G.M., (1984), Group Counseling: A Developmental Approach.
  11. Jacobs, Harvil & Masson, (1988), Group Counseling: Strategies and Skills.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi konseling kelompok ini membahas tentang penyusunan RPL berdasarkan hasil analisis pemutaran video pelayanan KKp, simulasi KKp dengan kelompok bebas,Simulasi dengan kelompok pendekatanrealita,rational-emotive dan behavioristicdan melaksanakan praktik selama perkuliahan serta melaporkanhasil praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penyusunan RPL KKP secara sistematis berbasis teknologi informasi dengan tetap menjunjung tinggi perbedaan individu yang unik. (S5, P2,KU1,KK6)

 

 

 

CPMK2

Mampu bekerjasama dengan pihak lain (mahasiswa, siswa, guru, dan dosen) dalam penyelenggaraan praktik KKp dengan tetap menerapkan prosedur pelayanan yang sesuai dengan asas dan norma yang berlaku. (S6,P4,KU6,KK4)

 

CPMK3

Terampil bekerjasama dengan pihak lain guna melaksanakan prakatik KKp dengan memperhatikan kaidah perubahan perilaku serta mengkomunikasikan hasil praktik dengan berbagai macam pihak yang terkait. (S5, P6,KU1,KK46)

 

CPMK4

Mampu melakukan praktik KKp dengan berbagai pendekatan ((psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integratif) disesuaikan dengan kondisi individu dan budaya lingkungan (S6, P1, KU6, KK13)

 

 

CPMK5

mampu melakukan evaluasi tentang pelaksanaan praktik KKp dengan berbagai pendekatan (psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integratif)yang telah dilakukan(S6.P1,KU8,KK13)

 

References

  1. Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press
  2. Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI
  4. Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi
  5. Nana Syaodih,S, (1978) Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok.
  6. Ben net, (1972), Group Guidance.
  7. David W. Johnson & Frank P Johnson, (1979), Joining Together.
  8. Corey, (1985), Group: Processes & Skills.
  9. Corey, (1985), Theory and Practice of Group Counseling.
  10. Gazda, G.M., (1984), Group Counseling: A Developmental Approach.
  11. Jacobs, Harvil & Masson, (1988), Group Counseling: Strategies and Skills.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Implementasi KKp ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah KKp sebelumnya pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum pelaksanaan layanan KKp di mana mahasiswa BK belajar untuk memahami menguasai sekaligus melaksanakan materi KKp dalam bentuk praktek langsung baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai Ketua Kelompok.

Menerapkan SOP dan landasan-landasan BK dan menguasai mata kuliah pendukung lainnya sebagai satu bagian utuh kompetensi.

 

Learning Outcomes

Dengan melaksanakan praktik Implementasi KKp ini mahasiswa BK bisa dan mampu melaksakan tugasnya sebagai Ketua Kelompok dalam memimpin layanan KKp baik sebagai mahasiswa atau[un kelak sebagai guru BK/Konselor di dalam menangani permasalahan anggota kelompok melalui dinamika kelompok.

References

Corey, Gerald. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. USA: Brooks/Cole.

Jacobs, ed. et. al. (2012). Group Counseling (Strategies and Skills). USA: Brooks/ Cole.

Pandungan Operasional BK di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Implementasi KKp ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah KKp sebelumnya pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum pelaksanaan layanan KKp di mana mahasiswa BK belajar untuk memahami menguasai sekaligus melaksanakan materi KKp dalam bentuk praktek langsung baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai Ketua Kelompok.

Menerapkan SOP dan landasan-landasan BK dan menguasai mata kuliah pendukung lainnya sebagai satu bagian utuh kompetensi.

 

Learning Outcomes

Dengan melaksanakan praktik Implementasi KKp ini mahasiswa BK bisa dan mampu melaksakan tugasnya sebagai Ketua Kelompok dalam memimpin layanan KKp baik sebagai mahasiswa atau[un kelak sebagai guru BK/Konselor di dalam menangani permasalahan anggota kelompok melalui dinamika kelompok.

References

Corey, Gerald. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. USA: Brooks/Cole.

Jacobs, ed. et. al. (2012). Group Counseling (Strategies and Skills). USA: Brooks/ Cole.

Pandungan Operasional BK di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Implementasi KKp ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah KKp sebelumnya pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum pelaksanaan layanan KKp di mana mahasiswa BK belajar untuk memahami menguasai sekaligus melaksanakan materi KKp dalam bentuk praktek langsung baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai Ketua Kelompok.

Menerapkan SOP dan landasan-landasan BK dan menguasai mata kuliah pendukung lainnya sebagai satu bagian utuh kompetensi.

 

Learning Outcomes

Dengan melaksanakan praktik Implementasi KKp ini mahasiswa BK bisa dan mampu melaksakan tugasnya sebagai Ketua Kelompok dalam memimpin layanan KKp baik sebagai mahasiswa atau[un kelak sebagai guru BK/Konselor di dalam menangani permasalahan anggota kelompok melalui dinamika kelompok.

References

Corey, Gerald. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. USA: Brooks/Cole.

Jacobs, ed. et. al. (2012). Group Counseling (Strategies and Skills). USA: Brooks/ Cole.

Pandungan Operasional BK di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Implementasi KKp ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah KKp sebelumnya pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum pelaksanaan layanan KKp di mana mahasiswa BK belajar untuk memahami menguasai sekaligus melaksanakan materi KKp dalam bentuk praktek langsung baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai Ketua Kelompok.

Menerapkan SOP dan landasan-landasan BK dan menguasai mata kuliah pendukung lainnya sebagai satu bagian utuh kompetensi.

 

Learning Outcomes

Dengan melaksanakan praktik Implementasi KKp ini mahasiswa BK bisa dan mampu melaksakan tugasnya sebagai Ketua Kelompok dalam memimpin layanan KKp baik sebagai mahasiswa atau[un kelak sebagai guru BK/Konselor di dalam menangani permasalahan anggota kelompok melalui dinamika kelompok.

References

Corey, Gerald. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. USA: Brooks/Cole.

Jacobs, ed. et. al. (2012). Group Counseling (Strategies and Skills). USA: Brooks/ Cole.

Pandungan Operasional BK di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Implementasi KKp ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah KKp sebelumnya pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum pelaksanaan layanan KKp di mana mahasiswa BK belajar untuk memahami menguasai sekaligus melaksanakan materi KKp dalam bentuk praktek langsung baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai Ketua Kelompok.

Menerapkan SOP dan landasan-landasan BK dan menguasai mata kuliah pendukung lainnya sebagai satu bagian utuh kompetensi.

Learning Outcomes

Dengan melaksanakan praktik Implementasi KKp ini mahasiswa BK bisa dan mampu melaksakan tugasnya sebagai Ketua Kelompok dalam memimpin layanan KKp baik sebagai mahasiswa atau[un kelak sebagai guru BK/Konselor di dalam menangani permasalahan anggota kelompok melalui dinamika kelompok.

References

Corey, Gerald. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. USA: Brooks/Cole.

Jacobs, ed. et. al. (2012). Group Counseling (Strategies and Skills). USA: Brooks/ Cole.

Pandungan Operasional BK di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Implementasi KKp ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah KKp sebelumnya pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum pelaksanaan layanan KKp di mana mahasiswa BK belajar untuk memahami menguasai sekaligus melaksanakan materi KKp dalam bentuk praktek langsung baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai Ketua Kelompok.

Menerapkan SOP dan landasan-landasan BK dan menguasai mata kuliah pendukung lainnya sebagai satu bagian utuh kompetensi.

Learning Outcomes

Dengan melaksanakan praktik Implementasi KKp ini mahasiswa BK bisa dan mampu melaksakan tugasnya sebagai Ketua Kelompok dalam memimpin layanan KKp baik sebagai mahasiswa atau[un kelak sebagai guru BK/Konselor di dalam menangani permasalahan anggota kelompok melalui dinamika kelompok.

References

Corey, Gerald. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. USA: Brooks/Cole.

Jacobs, ed. et. al. (2012). Group Counseling (Strategies and Skills). USA: Brooks/ Cole.

Pandungan Operasional BK di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Implementasi KKp ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah KKp sebelumnya pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum pelaksanaan layanan KKp di mana mahasiswa BK belajar untuk memahami menguasai sekaligus melaksanakan materi KKp dalam bentuk praktek langsung baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai Ketua Kelompok.

Menerapkan SOP dan landasan-landasan BK dan menguasai mata kuliah pendukung lainnya sebagai satu bagian utuh kompetensi.

Learning Outcomes

Dengan melaksanakan praktik Implementasi KKp ini mahasiswa BK bisa dan mampu melaksakan tugasnya sebagai Ketua Kelompok dalam memimpin layanan KKp baik sebagai mahasiswa atau[un kelak sebagai guru BK/Konselor di dalam menangani permasalahan anggota kelompok melalui dinamika kelompok.

References

Corey, Gerald. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. USA: Brooks/Cole.

Jacobs, ed. et. al. (2012). Group Counseling (Strategies and Skills). USA: Brooks/ Cole.

Pandungan Operasional BK di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Implementasi KKp ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah KKp sebelumnya pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum pelaksanaan layanan KKp di mana mahasiswa BK belajar untuk memahami menguasai sekaligus melaksanakan materi KKp dalam bentuk praktek langsung baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai Ketua Kelompok.

Menerapkan SOP dan landasan-landasan BK dan menguasai mata kuliah pendukung lainnya sebagai satu bagian utuh kompetensi.

Learning Outcomes

Dengan melaksanakan praktik Implementasi KKp ini mahasiswa BK bisa dan mampu melaksakan tugasnya sebagai Ketua Kelompok dalam memimpin layanan KKp baik sebagai mahasiswa atau[un kelak sebagai guru BK/Konselor di dalam menangani permasalahan anggota kelompok melalui dinamika kelompok.

References

Corey, Gerald. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. USA: Brooks/Cole.

Jacobs, ed. et. al. (2012). Group Counseling (Strategies and Skills). USA: Brooks/ Cole.

Pandungan Operasional BK di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK)


Details ...