Courser in English | - |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dosen membekali mahasiswa pengetahuan tentang pembelajaran bahasa dan sastra seutuhnya. Mahasiswa mempelajari sekaligus mereview kembali semua mata kuliah bidang bahasa dan sastra Jawa yang telah mereka tempuh sebelumnya
Learning OutcomesMenunjukkan rasa senang dan sikap bertanggung jawab atas tugas-tugas atau pekerjaan yang terkait dengan mata kuliah Kapita Selekta Pembelajaran bahasa dan sastra; 2. Menampilkan semangat kemandirian belajar yang tinggi, kejuangan yang mantap, dan berjiwa kewirausahaan melalui kontribusi mata kuliah ini, misalnya dengan membuka jasa bimbingan belajar yang berkaitan dengan masalah bahasa dan sastra
ReferencesRamlan. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Cetakan Kesembilan. Yogyakarta: CV. Karyono. 2. Soeparno. 2003. Dasar-dasar Linguistik. Yogyakarta: Mitra Gama Widya. 3. Tariq Rahman. 2010. Linguistics for Beginners Basic Concepts. Pakistan: Oxford University Press. 4. Imam Sutardjo. 2008. Kawruh Basa saha Kasusastran Jawi. Surakarta: FSSR. 5. Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 6. Dhanu Priyo Prabowo, dkk. 2012. Ensiklopedi Sastra Jawa. Yogyakarta: Penerbit Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 7. Zoetmulder.1983. Kalangan Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Jakarta: Djambatan. 8. Poerbatjaraka.1954. Kepustakaan Djawi. Jakarta : Djambatan. 9. A. Teeuw. 2014. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta : Pustaka Jaya. 10. Sri Widati, dkk. 1994. Ikhtisar Perkembangan Sastra Jawa Modern Pra Kemerdekaan. Yogyakarta: UGM Press. 11. Robert Stanton. 2007. Teori Fiksi. Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad (Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 12. Wahyudi Siswanto. 2013. Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing. 13. Rene Wellek dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Melani Budianta (Penerjemah). Cetakan kelima. Jakarta: PT Gramedia. 14. Rachmat Djoko Pradopo. 2011. Prinsio-Prinsip Kritik Sastra. Cetakan kelima. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Dosen membekali mahasiswa pengetahuan tentang pembelajaran bahasa dan sastra seutuhnya. Mahasiswa mempelajari sekaligus mereview kembali semua mata kuliah bidang bahasa dan sastra Jawa yang telah mereka tempuh sebelumnya
Learning OutcomesMenunjukkan rasa senang dan sikap bertanggung jawab atas tugas-tugas atau pekerjaan yang terkait dengan mata kuliah Kapita Selekta Pembelajaran bahasa dan sastra; 2. Menampilkan semangat kemandirian belajar yang tinggi, kejuangan yang mantap, dan berjiwa kewirausahaan melalui kontribusi mata kuliah ini, misalnya dengan membuka jasa bimbingan belajar yang berkaitan dengan masalah bahasa dan sastra
ReferencesRamlan. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Cetakan Kesembilan. Yogyakarta: CV. Karyono. 2. Soeparno. 2003. Dasar-dasar Linguistik. Yogyakarta: Mitra Gama Widya. 3. Tariq Rahman. 2010. Linguistics for Beginners Basic Concepts. Pakistan: Oxford University Press. 4. Imam Sutardjo. 2008. Kawruh Basa saha Kasusastran Jawi. Surakarta: FSSR. 5. Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 6. Dhanu Priyo Prabowo, dkk. 2012. Ensiklopedi Sastra Jawa. Yogyakarta: Penerbit Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 7. Zoetmulder.1983. Kalangan Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Jakarta: Djambatan. 8. Poerbatjaraka.1954. Kepustakaan Djawi. Jakarta : Djambatan. 9. A. Teeuw. 2014. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta : Pustaka Jaya. 10. Sri Widati, dkk. 1994. Ikhtisar Perkembangan Sastra Jawa Modern Pra Kemerdekaan. Yogyakarta: UGM Press. 11. Robert Stanton. 2007. Teori Fiksi. Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad (Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 12. Wahyudi Siswanto. 2013. Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing. 13. Rene Wellek dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Melani Budianta (Penerjemah). Cetakan kelima. Jakarta: PT Gramedia. 14. Rachmat Djoko Pradopo. 2011. Prinsio-Prinsip Kritik Sastra. Cetakan kelima. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...