Courser in English | ECOLOGY |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 4 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang sejarah ekologi, pendekatan kajian ekologi, konsep dasar ekosistem, asas dan konsep energy dalam ekosistem, asas dan konsep materi dalam ekosistem, konsep faktor lingkungan, habitat, niche ekologik, adaptasi organisme, produktivitas ekosistem, suksesi ekologik, tipe-tipe ekosistem, ekologi populasi, dan ekologi komunitas. Pada bagian praktik mengkaji tentang analisis faktor fisiko-kimia ekosistem perairan dan terrestrial, karakteristik ekosistem perairan dan terrestrial, analisis ekosistem perairan dan terrestrial, konsep konservasi satwa di Indonesia (primata), analisis produktivitas ekosistem, dan ukuran populasi.
Learning OutcomesRanah Sikap (S)
S 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik.
S 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S 9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S 10. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
S 11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S 12. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
Ranah Pengetahuan (P)
P 1. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan.
P 9. Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan.
Ranah Keterampilan Umum (KU)
KU 11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Ranah Keterampilan Khusus (KK)
KK 1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal.
KK 3. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman.
KK 4. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya.
KK 5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi local.
KK 8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.
KK 9. Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan.
KK 10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman.
ReferencesReferensi
Begon, M., J.L. Harper, and C.R. Townsend. 1986. Ecology : Population and Communities. Blackwell. Oxford.
Campbell, N.A., J.B. Reece, dan L.G. Mitchell. 2004. Biologi. Jilid 3. Erlangga. Jakarta.
Mc. Naughton. 1991. Ekologi Umum. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Odum, E.P., 1993. Dasar-dasar Ekologi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Sutjipta. 1990. Dasar-dasar Ekologi Hewan. UGM Press. Yogyakarta.
Melati, F.F.,2007. Metode Sampling Bioekologi. Bumi Aksara. Jakarta.
Michael, P. 1994. Metode Ekologi Untuk Penyelidikan Ladang dan Laboratorium. UI Press. Jakarta.
Details ...