Seminar Proposal, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSEMINAR ON PROPOSAL
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah seminar proposal dirancang untuk mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Melalui mata kuliah yang berbobot 2 SKS ini, mahasiswa diberi pemahaman dan wawasan mengenai bermacam-macam penelitian, selain itu diberikan pula teknik penulisan karya tulis ilmiah sesuai dengan panduan karya ilmiah yang diterbitkan fakultas. Dengan demikian pada akhir perkuliahan diharapkan mampu menghasilkan proposal penelitian skrips

Learning Outcomes

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

P.1. menguasai pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, dasar-dasar ilmu pengetahuan, ilmu kebenaran, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.

P.2. menguasai landasan filosofis, agama, hukum dan teori pendidikan anak usia dini.

References

  1. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah seminar proposal dirancang untuk mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Melalui mata kuliah yang berbobot 2 SKS ini, mahasiswa diberi pemahaman dan wawasan mengenai bermacam-macam penelitian, selain itu diberikan pula teknik penulisan karya tulis ilmiah sesuai dengan panduan karya ilmiah yang diterbitkan fakultas. Dengan demikian pada akhir perkuliahan diharapkan mampu menghasilkan proposal penelitian skrips

Learning Outcomes

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

P.1. menguasai pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, dasar-dasar ilmu pengetahuan, ilmu kebenaran, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.

P.2. menguasai landasan filosofis, agama, hukum dan teori pendidikan anak usia dini.

References

  1. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran tentang sistematika pembuatan proposal skripsi. 

Learning Outcomes

Mahasiswa membuat proposal skripsi

References

TIM, 2018, Pedoman Penulisan Skripsi. Semarang: FIP Universitas PGRI Semarang


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran tentang sistematika pembuatan proposal skripsi. 

Learning Outcomes

Mahasiswa membuat proposal skripsi

References

TIM, 2018, Pedoman Penulisan Skripsi. Semarang: FIP Universitas PGRI Semarang


Details ...
Course Descriptions

bagian dari tugas akhir yang dikerjakan oleh mahasiswa.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi sebagai bagian dari tugas dan kewajiban.

References

TIM. 2017. Pedoman Penulisan Skripsi FIP. Semarang: UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

bagian dari tugas akhir yang dikerjakan oleh mahasiswa.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi sebagai bagian dari tugas dan kewajiban.

References

TIM. 2017. Pedoman Penulisan Skripsi FIP. Semarang: UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah penelitian pendidikan mengkaji konsep-konsep dasar metode penelitian PAUD secara lebih mendaalam khususnya tentang penyusunan dan penyajian proposal penelitian. Secara umum mata kuliah ini akan membahas (1)  hal ihwal pengertian, jenis, karakteristik, dan perbedaan metode-metode penelitian; (2) memahami konsep dasar penelitian PAUD; (3) menentukan permasalahan, merumuskan masalah, tujuan serta menentukan hipotesis; (4) memahami dan menyusun kajian literature dan kerangka berpikir, (5) memahami prosedur penelitian dan menyusun instrumentasi penelitian, (6) menyusun proposal penelitian, dan (7) menyajikan proposal penelitian.
. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan PAUD khususnya penyusunan proposal dan penyajiannya sehingga mahasiswa akan mampu menyusun perencanaan penelitian serta melaksanakan penelitian dengan tepat.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat: 1. memahami hal ihwal pengertian, jenis, karakteristik, dan perbedaan metode-metode penelitian;  2. memahami konsep dasar penelitian PAUD; 3. menentukan permasalahan, merumuskan masalah, tujuan serta menentukan hipotesis; 4. memahami dan menyusun kajian literatur, kerangka berpikir, dan hipotesis penelitian 5. memahami prosedur penelitian, menyusun instrumentasi penelitian, melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data penelitian  6. menyusun proposal penelitian 7. menyajikan proposal penelitian

References

Abidin, Y. 2011. Penelitian Pendidikan dalam Gamitan Pendidikan Dasar dan PAUD. Bandung: HZAA Press. Alwasilah, A. C. 2008. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya. Alwasilah, A. C. 2010. Pokoknya PTK. Jakarta: Pustaka Jaya. Arikunto, et.al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara. Ary, Jacobs, dan Razavieh. (2000) Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (Alih Bahasa : Arief Furchan). Surabaya : Usaha Nasional. Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Berg, B.L. 2007. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson. Borg Walter, R & Gall Joyce, P. (2003). Educational Research An Introduction. Sevent Edition. USA: Library of Congress Cataloging-inPublication Data. Brannen. 1997. Mixing Methods Qualitative and Quantitative Research diterjemahkan oleh Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cartwright Carol, A & Cartwright, GP. (1998). Developing Observation Skilsl. USA: Longman Inc.
Craswell. 2007. Design of Qualitative Research. New York: MCGRAWHILL INC Cresswell, J.W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Desain: Choosing among Five Tradition. California: Sage Publications. Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall. Cresswell, J.W.2007. Mix Method. London: SAGE Publicational. Cresswell, J.W.2010. Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational. Denzin, N.K. and  Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of  Qualitative Research. Terjemahan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc. Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon. Hopkins, D. (2008). A Teacher’s guide to Classroom Reseach. Buckingham: Open University Press. Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Kasbuloh. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas Krathwohl, D.R. 1998. Methods of Educational & Social Science Research An Integrated Approach. New York: Longman. Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Macintyre, C. 2002. The Art of Action Research in the Classroom. London: David Fulton Publishers.  Madya, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta. Maxwell. 1996. Qualitative Research Design: an Interactive Approach. California: Sage Publications McMillan, J.H dan Schumacher, S. (2001). Research in Education: A Conceptual Intro-duction (5th ed.), US, Longman.Inc. McMillan. 2008. Educational Research: Fundamental for the Consumer. New York: Pearson Merril Prentice Hall. McNiff and Whitehead. 2006. All You Need to Know about Action Research: an Introduction. London: Sage Publications.  Miller, C. 2001.  Action Research. Florida: South Florida Center for Educational Leaders Mills Geoffrey, E. (2000). Actioan Research: A Guide For The Teacher Researcher. New Jersey. Colombus, Ohio: Merrill, an Imprint Prentice Hall. Moleong, L. J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya. Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya. Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nunan, D. 1989. Research Methods in Language Learning. New York: Cambridge University Press. O’ Brien, R. 1998. An Overview of the Methodological Approach of Action Research. Toronto: University of  Toronto O’Donoghue dan Punch. 2003. Qualitative Educational Research in Action. London: RoutledgeFalmer. Rochyati. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Satori dan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitiatif. Bandung: Alfabeta. Silverman, David. 2005. Doing Qualitative Research. London: Sage Publications. Stake, R.E. 1995. The Art of Case Study Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Sugiyono 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 1997. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sukidin, et.al. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia Sukmadinata, N. S.. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Suparno. 2008. Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo Susilo, et.al. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing. Syamsudin dan Damaianti. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda Karya. Wallace, M.J. 2000. Action Research for Language Classroom. New York: Cambridge University Press. Wardhani dan Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT Whitehead and McNiff. 2006. Action Research: Living Theory. London: Sage Publications.  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah penelitian pendidikan mengkaji konsep-konsep dasar metode penelitian PAUD secara lebih mendaalam khususnya tentang penyusunan dan penyajian proposal penelitian. Secara umum mata kuliah ini akan membahas (1)  hal ihwal pengertian, jenis, karakteristik, dan perbedaan metode-metode penelitian; (2) memahami konsep dasar penelitian PAUD; (3) menentukan permasalahan, merumuskan masalah, tujuan serta menentukan hipotesis; (4) memahami dan menyusun kajian literature dan kerangka berpikir, (5) memahami prosedur penelitian dan menyusun instrumentasi penelitian, (6) menyusun proposal penelitian, dan (7) menyajikan proposal penelitian.
. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan PAUD khususnya penyusunan proposal dan penyajiannya sehingga mahasiswa akan mampu menyusun perencanaan penelitian serta melaksanakan penelitian dengan tepat.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat: 1. memahami hal ihwal pengertian, jenis, karakteristik, dan perbedaan metode-metode penelitian;  2. memahami konsep dasar penelitian PAUD; 3. menentukan permasalahan, merumuskan masalah, tujuan serta menentukan hipotesis; 4. memahami dan menyusun kajian literatur, kerangka berpikir, dan hipotesis penelitian 5. memahami prosedur penelitian, menyusun instrumentasi penelitian, melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data penelitian  6. menyusun proposal penelitian 7. menyajikan proposal penelitian

References

Abidin, Y. 2011. Penelitian Pendidikan dalam Gamitan Pendidikan Dasar dan PAUD. Bandung: HZAA Press. Alwasilah, A. C. 2008. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya. Alwasilah, A. C. 2010. Pokoknya PTK. Jakarta: Pustaka Jaya. Arikunto, et.al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara. Ary, Jacobs, dan Razavieh. (2000) Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (Alih Bahasa : Arief Furchan). Surabaya : Usaha Nasional. Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Berg, B.L. 2007. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson. Borg Walter, R & Gall Joyce, P. (2003). Educational Research An Introduction. Sevent Edition. USA: Library of Congress Cataloging-inPublication Data. Brannen. 1997. Mixing Methods Qualitative and Quantitative Research diterjemahkan oleh Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cartwright Carol, A & Cartwright, GP. (1998). Developing Observation Skilsl. USA: Longman Inc.
Craswell. 2007. Design of Qualitative Research. New York: MCGRAWHILL INC Cresswell, J.W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Desain: Choosing among Five Tradition. California: Sage Publications. Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall. Cresswell, J.W.2007. Mix Method. London: SAGE Publicational. Cresswell, J.W.2010. Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational. Denzin, N.K. and  Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of  Qualitative Research. Terjemahan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc. Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon. Hopkins, D. (2008). A Teacher’s guide to Classroom Reseach. Buckingham: Open University Press. Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Kasbuloh. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas Krathwohl, D.R. 1998. Methods of Educational & Social Science Research An Integrated Approach. New York: Longman. Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Macintyre, C. 2002. The Art of Action Research in the Classroom. London: David Fulton Publishers.  Madya, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta. Maxwell. 1996. Qualitative Research Design: an Interactive Approach. California: Sage Publications McMillan, J.H dan Schumacher, S. (2001). Research in Education: A Conceptual Intro-duction (5th ed.), US, Longman.Inc. McMillan. 2008. Educational Research: Fundamental for the Consumer. New York: Pearson Merril Prentice Hall. McNiff and Whitehead. 2006. All You Need to Know about Action Research: an Introduction. London: Sage Publications.  Miller, C. 2001.  Action Research. Florida: South Florida Center for Educational Leaders Mills Geoffrey, E. (2000). Actioan Research: A Guide For The Teacher Researcher. New Jersey. Colombus, Ohio: Merrill, an Imprint Prentice Hall. Moleong, L. J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya. Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya. Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nunan, D. 1989. Research Methods in Language Learning. New York: Cambridge University Press. O’ Brien, R. 1998. An Overview of the Methodological Approach of Action Research. Toronto: University of  Toronto O’Donoghue dan Punch. 2003. Qualitative Educational Research in Action. London: RoutledgeFalmer. Rochyati. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Satori dan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitiatif. Bandung: Alfabeta. Silverman, David. 2005. Doing Qualitative Research. London: Sage Publications. Stake, R.E. 1995. The Art of Case Study Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Sugiyono 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 1997. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sukidin, et.al. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia Sukmadinata, N. S.. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Suparno. 2008. Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo Susilo, et.al. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing. Syamsudin dan Damaianti. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda Karya. Wallace, M.J. 2000. Action Research for Language Classroom. New York: Cambridge University Press. Wardhani dan Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT Whitehead and McNiff. 2006. Action Research: Living Theory. London: Sage Publications.  


Details ...