Metodologi Pengembangan Bahasa, Curriculum : 2010


Courser in EnglishLanguage Development Methods
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari hakikat perkembangan bahasa dan manusia, menganalisa dan menghubungkan berbagai teori perkembangan bahasa dalam pembelajaran bahasa seperti teori nativis, teori kognitif, teori behavioristik, teori interaksionis dan teori pragmatis, menelaah aspek-aspek perkembangan bahasa melingkupi aspek: fonetik, morfologi, semantik, sintaksis dan pragmatis, memahami perkembangan bahasa anak usia dini yang ditinjau dari aspek perkembangan bahasa, menjabarkan strategi pengembangan perkembangan bahasa anak usia dini,  menjabarkan  berbagai metode dan media yang digunakan dalam pengembangan bahasa dalam pembelajaran dikelas yang meliputi metode diskusi, tanya jawab, metode bercerita, metode karyawisata, metode bermain peran dan sosiodrama, serta metode proyek. menyusun asesmen pengembangan bahasa serta penerapan berbagai metode pengembangan kemampuan bahasa untukanak usia dini.  Menjelaskan perkembangan bahasa untuk anak berkebutuhan khusus serta upaya meningkatkannya. evaluasi pembelajaran bahasa.

Learning Outcomes

Menguasai landasan pendidikan anak usia dini

References

  1. Otto, Baverly. Language Development In Early Childhood Education.third Edition. 2010. Merill Prentice Hill. Ohio
  2. Santrock,2008, Life Span1, Jakarta: Erlangga.
  3. Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa,Jakarta
  4. Permendikbud no 137 dan 146 tahun 2014 tentang standard tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari hakikat perkembangan bahasa dan manusia, menganalisa dan menghubungkan berbagai teori perkembangan bahasa dalam pembelajaran bahasa seperti teori nativis, teori kognitif, teori behavioristik, teori interaksionis dan teori pragmatis, menelaah aspek-aspek perkembangan bahasa melingkupi aspek: fonetik, morfologi, semantik, sintaksis dan pragmatis, memahami perkembangan bahasa anak usia dini yang ditinjau dari aspek perkembangan bahasa, menjabarkan strategi pengembangan perkembangan bahasa anak usia dini,  menjabarkan  berbagai metode dan media yang digunakan dalam pengembangan bahasa dalam pembelajaran dikelas yang meliputi metode diskusi, tanya jawab, metode bercerita, metode karyawisata, metode bermain peran dan sosiodrama, serta metode proyek. menyusun asesmen pengembangan bahasa serta penerapan berbagai metode pengembangan kemampuan bahasa untukanak usia dini.  Menjelaskan perkembangan bahasa untuk anak berkebutuhan khusus serta upaya meningkatkannya. evaluasi pembelajaran bahasa.

Learning Outcomes

Menguasai landasan pendidikan anak usia dini

References

  1. Otto, Baverly. Language Development In Early Childhood Education.third Edition. 2010. Merill Prentice Hill. Ohio
  2. Santrock,2008, Life Span1, Jakarta: Erlangga.
  3. Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa,Jakarta
  4. Permendikbud no 137 dan 146 tahun 2014 tentang standard tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari hakikat perkembangan bahasa dan manusia, menganalisa dan menghubungkan berbagai teori perkembangan bahasa dalam pembelajaran bahasa seperti teori nativis, teori kognitif, teori behavioristik, teori interaksionis dan teori pragmatis, menelaah aspek-aspek perkembangan bahasa melingkupi aspek: fonetik, morfologi, semantik, sintaksis dan pragmatis, memahami perkembangan bahasa anak usia dini yang ditinjau dari aspek perkembangan bahasa, menjabarkan strategi pengembangan perkembangan bahasa anak usia dini,  menjabarkan  berbagai metode dan media yang digunakan dalam pengembangan bahasa dalam pembelajaran dikelas yang meliputi metode diskusi, tanya jawab, metode bercerita, metode karyawisata, metode bermain peran dan sosiodrama, serta metode proyek. menyusun asesmen pengembangan bahasa serta penerapan berbagai metode pengembangan kemampuan bahasa untukanak usia dini.  Menjelaskan perkembangan bahasa untuk anak berkebutuhan khusus serta upaya meningkatkannya. evaluasi pembelajaran bahasa.

Learning Outcomes

Menguasai landasan pendidikan anak usia dini

References

  1. Otto, Baverly. Language Development In Early Childhood Education.third Edition. 2010. Merill Prentice Hill. Ohio
  2. Santrock,2008, Life Span1, Jakarta: Erlangga.
  3. Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa,Jakarta
  4. Permendikbud no 137 dan 146 tahun 2014 tentang standard tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini.


Details ...