Courser in English | CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
References- Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
- Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
- Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
- Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
- Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
- Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
- Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
- Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas, 2000, Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas, 2000, Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas, 2000, Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas, 2000, Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MKU Pendidikan Kewarganegaraan:
1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional
3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD
4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.
5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar
6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.
9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD
ReferencesAhmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan. Bandung: Civicus Edisi Juni
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
Tim Nasional Dosen PKn, 2022, Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MKU Pendidikan Kewarganegaraan:
1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional
3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD
4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.
5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar
6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.
9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD
ReferencesAhmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan. Bandung: Civicus Edisi Juni
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
Tim Nasional Dosen PKn, 2022, Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
Details ...