Statistika Penelitian, Curriculum : 2015


Courser in EnglishRESEARCH STATISTICS
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini mendiskusikan berbagai hal mengenai teori statistik, jenis data,pengujian hipotesis, statistik deskriptif, inferensial, uji t, korelasi, regresi, dan statistik non parametrik menggunakan aplikasi SPSS.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu memahami, mengaplikasikan dan menganalisis metode dan alat analisis statistik SPSS.

References

Ho, R. (2014). Multivariate Data Analysis with IBM SPSS.

James T. McClave, Terry Sincich. Statistics. 12th ed. Pearson Education, Inc

Gaur, A., & Gaur, S. (2009). Statistical methods for practice and research: A guide to data analysis using SPSS. Business Books from Sage. https://doi.org/10.4135/9788132108306


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mendiskusikan berbagai hal mengenai teori statistik, jenis data,pengujian hipotesis, statistik deskriptif, inferensial, uji t, korelasi, regresi, dan statistik non parametrik menggunakan aplikasi SPSS.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu memahami, mengaplikasikan dan menganalisis metode dan alat analisis statistik SPSS.

References

Ho, R. (2014). Multivariate Data Analysis with IBM SPSS.

James T. McClave, Terry Sincich. Statistics. 12th ed. Pearson Education, Inc

Gaur, A., & Gaur, S. (2009). Statistical methods for practice and research: A guide to data analysis using SPSS. Business Books from Sage. https://doi.org/10.4135/9788132108306


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mendiskusikan berbagai hal mengenai teori statistik, jenis data,pengujian hipotesis, statistik deskriptif, inferensial, uji t, korelasi, regresi, dan statistik non parametrik menggunakan aplikasi SPSS.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu memahami, mengaplikasikan dan menganalisis metode dan alat analisis statistik SPSS.

References

Ho, R. (2014). Multivariate Data Analysis with IBM SPSS.

James T. McClave, Terry Sincich. Statistics. 12th ed. Pearson Education, Inc

Gaur, A., & Gaur, S. (2009). Statistical methods for practice and research: A guide to data analysis using SPSS. Business Books from Sage. https://doi.org/10.4135/9788132108306


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mendiskusikan berbagai hal mengenai teori statistik, jenis data,pengujian hipotesis, statistik deskriptif, inferensial, uji t, korelasi, regresi, dan statistik non parametrik menggunakan aplikasi SPSS.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu memahami, mengaplikasikan dan menganalisis metode dan alat analisis statistik SPSS.

References

Ho, R. (2014). Multivariate Data Analysis with IBM SPSS.

James T. McClave, Terry Sincich. Statistics. 12th ed. Pearson Education, Inc

Gaur, A., & Gaur, S. (2009). Statistical methods for practice and research: A guide to data analysis using SPSS. Business Books from Sage. https://doi.org/10.4135/9788132108306


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji materi statistika, baik statistika deskriptif maupun statistika inferensial, baik itu statistika parametris maupun non-parametris yang meliputi: Teori Statistik dan mengenal statistik parametrik, Statistika Deskriptif, Statistik Inferensial, Uji t, Analisis Variansi, Regresi dan Korelasi Linier Ganda, Statistik Non-Parametris, Uji satu sampel, Uji dua sampel, Uji lebih dari dua sampel, Korelasi non-parametris.

Learning Outcomes

1.   Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

2.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

3.   Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan ekonomi.

4.   Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.

[4] McClave,et al.(2011) Statistik for Business and Ecnonomics Eleventh edition. Pearson Education inc.

[5] Santoso, Singgih. (2010). Statistik Parametrik dan Non Parametrik.Elex Media Komputindo, Jakarta

[6] Kustituanto, Bambang. (2005). Statistik untuk ekonomi. Univeristas Gunadarma.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji materi statistika, baik statistika deskriptif maupun statistika inferensial, baik itu statistika parametris maupun non-parametris yang meliputi: Teori Statistik dan mengenal statistik parametrik, Statistika Deskriptif, Statistik Inferensial, Uji t, Analisis Variansi, Regresi dan Korelasi Linier Ganda, Statistik Non-Parametris, Uji satu sampel, Uji dua sampel, Uji lebih dari dua sampel, Korelasi non-parametris.

Learning Outcomes

1.   Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

2.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

3.   Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan ekonomi.

4.   Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.

[4] McClave,et al.(2011) Statistik for Business and Ecnonomics Eleventh edition. Pearson Education inc.

[5] Santoso, Singgih. (2010). Statistik Parametrik dan Non Parametrik.Elex Media Komputindo, Jakarta

[6] Kustituanto, Bambang. (2005). Statistik untuk ekonomi. Univeristas Gunadarma.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji materi statistika, baik statistika deskriptif maupun statistika inferensial, baik itu statistika parametris maupun non-parametris yang meliputi: Teori Statistik dan mengenal statistik parametrik, Statistika Deskriptif, Statistik Inferensial, Uji t, Analisis Variansi, Regresi dan Korelasi Linier Ganda, Statistik Non-Parametris, Uji satu sampel, Uji dua sampel, Uji lebih dari dua sampel, Korelasi non-parametris.

Learning Outcomes

1.   Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

2.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

3.   Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan ekonomi.

4.   Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.

[4] McClave,et al.(2011) Statistik for Business and Ecnonomics Eleventh edition. Pearson Education inc.

[5] Santoso, Singgih. (2010). Statistik Parametrik dan Non Parametrik.Elex Media Komputindo, Jakarta

[6] Kustituanto, Bambang. (2005). Statistik untuk ekonomi. Univeristas Gunadarma.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji materi statistika, baik statistika deskriptif maupun statistika inferensial, baik itu statistika parametris maupun non-parametris yang meliputi: Teori Statistik dan mengenal statistik parametrik, Statistika Deskriptif, Statistik Inferensial, Uji t, Analisis Variansi, Regresi dan Korelasi Linier Ganda, Statistik Non-Parametris, Uji satu sampel, Uji dua sampel, Uji lebih dari dua sampel, Korelasi non-parametris.

Learning Outcomes

1.   Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

2.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

3.   Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan ekonomi.

4.   Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.

[4] McClave,et al.(2011) Statistik for Business and Ecnonomics Eleventh edition. Pearson Education inc.

[5] Santoso, Singgih. (2010). Statistik Parametrik dan Non Parametrik.Elex Media Komputindo, Jakarta

[6] Kustituanto, Bambang. (2005). Statistik untuk ekonomi. Univeristas Gunadarma.


Details ...