Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pembelajaran, Curriculum : 2010


Courser in EnglishCurriculum Development and Instructional System
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum; Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia; Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum; Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum; Komponen pengembangan kurikulum; Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum; Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum; Konsep dan komponen pembelajaran; Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran; Praktik pengembangan sistem pembelajaran; Kajian Kurikulum 2013 dan yang disempurnakan.

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  merancang/ mendesain kurikulum.
  2. Mampu merekonstruksi kurikulum.
  3. Mampu mengembangkan kurikulum.
  4. Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT.

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, konsep, prinsip, dan model, serta disain kurikulum pendidikan dasar, dan menengah.
  2. Mengembangkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan.

D. Keterampilan Khusus

  1. Mampu  merancang/ mendesain kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  2. Mampu merekonstruksi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  3. Mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  4. Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT pada satuan pendidikan.

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.

Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.

Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif

Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum; Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia; Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum; Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum; Komponen pengembangan kurikulum; Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum; Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum; Konsep dan komponen pembelajaran; Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran; Praktik pengembangan sistem pembelajaran; Kajian Kurikulum 2013 dan yang disempurnakan.

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  merancang/ mendesain kurikulum.
  2. Mampu merekonstruksi kurikulum.
  3. Mampu mengembangkan kurikulum.
  4. Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT.

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, konsep, prinsip, dan model, serta disain kurikulum pendidikan dasar, dan menengah.
  2. Mengembangkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan.

D. Keterampilan Khusus

  1. Mampu  merancang/ mendesain kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  2. Mampu merekonstruksi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  3. Mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  4. Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT pada satuan pendidikan.

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.

Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.

Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif

Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum; Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia; Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum; Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum; Komponen pengembangan kurikulum; Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum; Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum; Konsep dan komponen pembelajaran; Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran; Praktik pengembangan sistem pembelajaran; Kajian Kurikulum 2013 dan yang disempurnakan.

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  merancang/ mendesain kurikulum.
  2. Mampu merekonstruksi kurikulum.
  3. Mampu mengembangkan kurikulum.
  4. Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT.

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, konsep, prinsip, dan model, serta disain kurikulum pendidikan dasar, dan menengah.
  2. Mengembangkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan.

D. Keterampilan Khusus

  1. Mampu  merancang/ mendesain kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  2. Mampu merekonstruksi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  3. Mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  4. Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT pada satuan pendidikan.

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.

Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.

Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif

Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...