Courser in English | Curriculum Development and Instructional System |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
-
Learning Outcomes-
ReferencesHamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Details ...
-
Learning Outcomes-
ReferencesHamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Details ...
-
Learning Outcomes-
ReferencesHamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Details ...
-
Learning Outcomes-
ReferencesHamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Details ...
Kajian mata kuliah ini meliputi Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum; Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia; Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum; Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum; Komponen pengembangan kurikulum; Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum; Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum; Konsep dan komponen pembelajaran; Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran; Praktik pengembangan sistem pembelajaran; Kajian Kurikulum 2013 dan yang disempurnakan.
Learning OutcomesA. Sikap dan Tata Nilai
- Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
- Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
- Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
- Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
B. Keterampilan Umum
- Mampu merancang/ mendesain kurikulum.
- Mampu merekonstruksi kurikulum.
- Mampu mengembangkan kurikulum.
- Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT.
C. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai teori, konsep, prinsip, dan model, serta disain kurikulum pendidikan dasar, dan menengah.
- Mengembangkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan.
D. Keterampilan Khusus
- Mampu merancang/ mendesain kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mampu merekonstruksi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT pada satuan pendidikan.
Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Details ...
Kajian mata kuliah ini meliputi Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum; Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia; Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum; Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum; Komponen pengembangan kurikulum; Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum; Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum; Konsep dan komponen pembelajaran; Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran; Praktik pengembangan sistem pembelajaran; Kajian Kurikulum 2013 dan yang disempurnakan.
Learning OutcomesA. Sikap dan Tata Nilai
- Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
- Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
- Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
- Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
B. Keterampilan Umum
- Mampu merancang/ mendesain kurikulum.
- Mampu merekonstruksi kurikulum.
- Mampu mengembangkan kurikulum.
- Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT.
C. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai teori, konsep, prinsip, dan model, serta disain kurikulum pendidikan dasar, dan menengah.
- Mengembangkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan.
D. Keterampilan Khusus
- Mampu merancang/ mendesain kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mampu merekonstruksi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT pada satuan pendidikan.
Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Details ...
Kajian mata kuliah ini meliputi Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum; Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia; Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum; Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum; Komponen pengembangan kurikulum; Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum; Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum; Konsep dan komponen pembelajaran; Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran; Praktik pengembangan sistem pembelajaran; Kajian Kurikulum 2013 dan yang disempurnakan.
Learning OutcomesA. Sikap dan Tata Nilai
- Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
- Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
- Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
- Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
B. Keterampilan Umum
- Mampu merancang/ mendesain kurikulum.
- Mampu merekonstruksi kurikulum.
- Mampu mengembangkan kurikulum.
- Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT.
C. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai teori, konsep, prinsip, dan model, serta disain kurikulum pendidikan dasar, dan menengah.
- Mengembangkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan.
D. Keterampilan Khusus
- Mampu merancang/ mendesain kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mampu merekonstruksi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT pada satuan pendidikan.
Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Details ...