Courser in English | PLANT DIVERSITY |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 4 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning Outcomes
CP : Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local |
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local |
- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning Outcomes
CP : Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local |
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local |
- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning Outcomes
CP : Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local |
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local |
- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengenali, mengidentifikasi, dan mengelompokkan jenis-jenis tumbuhan berdasarkan struktur kedudukan taksonominya mulai dari kingdom, divisi, classis, ordo, famillia, genus, dan spesies
Mahasiswa mampu menginventarisir dan menghasilkan produk dari jenis-jenis tumbuhan dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
References- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengenali, mengidentifikasi, dan mengelompokkan jenis-jenis tumbuhan berdasarkan struktur kedudukan taksonominya mulai dari kingdom, divisi, classis, ordo, famillia, genus, dan spesies
Mahasiswa mampu menginventarisir dan menghasilkan produk dari jenis-jenis tumbuhan dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
References- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengenali, mengidentifikasi, dan mengelompokkan jenis-jenis tumbuhan berdasarkan struktur kedudukan taksonominya mulai dari kingdom, divisi, classis, ordo, famillia, genus, dan spesies
Mahasiswa mampu menginventarisir dan menghasilkan produk dari jenis-jenis tumbuhan dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
References- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning Outcomes
Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local |
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local |
References
- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning Outcomes
Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local |
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local |
References
- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning Outcomes
Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local |
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local |
References
- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning Outcomes
Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local |
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local |
References
- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
Deskripsi Mata Kuliah
memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran
Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local |
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local |
Referensi
- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...
Deskripsi Mata Kuliah
memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran
Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local |
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local |
Referensi
- Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
- Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
- Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
- Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.
Details ...