Keanekaragaman Tumbuhan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPLANT DIVERSITY
ProgramPendidikan Biologi
SKS4 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

 

Learning Outcomes

CP : Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local

Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

 

Learning Outcomes

CP : Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local

Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

 

Learning Outcomes

CP : Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local

Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengenali, mengidentifikasi, dan mengelompokkan jenis-jenis tumbuhan berdasarkan struktur kedudukan taksonominya mulai dari kingdom, divisi, classis, ordo, famillia, genus, dan spesies

Mahasiswa mampu menginventarisir dan menghasilkan produk dari jenis-jenis tumbuhan dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengenali, mengidentifikasi, dan mengelompokkan jenis-jenis tumbuhan berdasarkan struktur kedudukan taksonominya mulai dari kingdom, divisi, classis, ordo, famillia, genus, dan spesies

Mahasiswa mampu menginventarisir dan menghasilkan produk dari jenis-jenis tumbuhan dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengenali, mengidentifikasi, dan mengelompokkan jenis-jenis tumbuhan berdasarkan struktur kedudukan taksonominya mulai dari kingdom, divisi, classis, ordo, famillia, genus, dan spesies

Mahasiswa mampu menginventarisir dan menghasilkan produk dari jenis-jenis tumbuhan dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

 

Learning Outcomes

Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local

Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

 

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

 

Learning Outcomes

Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local

Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

 

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

 

Learning Outcomes

Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local

Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

 

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

 

Learning Outcomes

Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local

Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

 

References

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local

Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

References

Referensi

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

memberikan pemahaman tentang struktur dan pengelompokan taksonomi tumbuhan tingkat rendah (Cryptogamae): Algae, Bryophyta, Pteridophyta, Fungi dan Lichenes, serta tumbuhan tingkat tinggi (Phanerogamae): Gymnospermae dan Angiospermae, meliputi tumbuhan monokotil dan dikotil; serta cara mendeterminasi spesies dengan mengamati ciri-ciri morfologi, anatomi dan fisiologi dari suatu tumbuhan. 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local

Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

References

Referensi

  1. Judd, Walter S.,dkk. 1999. Plant Systematics. Sunderland, Massachusetts U.S.A..Sinauer Associates,Inc.
  2. Steenis, C.G.G.J.Van. 1981. Flora. Jakarta. PT.Pradnya Paramita.
  3. Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  4. Simpson, M.G. 2010. Plant systematics. Academic Press 2nd edition. Elsevier Inc. USA.  


Details ...